YouTube Facebook Twitter RSS
20 Feb 2018, 0

Internasional

Fosil Dinosaurus Baru Ditemukan Di Gurun Mesir

Wednesday, 31 January 2018 | View : 11

siarjustisia.com-WASHINGTON D.C.

Para ilmuwan menggali fosil dinosaurus seukuran bus sekolah yang hidup sekitar 80 juta tahun lalu di oasis Gurun Sahara di Mesir, temuan yang akan memberikan secercah cahaya bagi periode waktu misterius dalam sejarah dinosaurus di Afrika.

Para peneliti pada Senin (29/1/2018) menyatakan dinosaurus Periode Cretaceous pemakan tumbuhan yang memiliki empat kaki dan berleher panjang itu dinamai Mansourasaurus shahinae

Dinosaurus dengan panjang 10 meter dan berat 5,5 ton itu merupakan anggota kelompok yang disebut titanosaurus yang meliputi binatang-binatang terbesar yang pernah tinggal di Bumi. Seperti kebanyakan titanosaurus, ada piringan tulang yang disebut osteoderm pada kulit Mansourasaurus.

Mansourasaurus, yang hidup dekat pantai samudra purba yang mendahului Laut Mediterrania, adalah satu dari sedikit dinosaurus yang diketahui dari masa 15 juta tahun terakhir Era Mesozoikum, atau zaman dinosaurus, di daratan Afrika. Madagaskar punya sejarah geologi terpisah.

Sisa-sisa fosil yang ditemukan di Oasis Dakhla di pusat Mesir merupkaan fosil paling komplit di antara fosil vertebrata darat Afrika dalam rentang waktu yang lebih panjang, sekitar 30 juta tahun sebelum kepunahan massal dinosaurus 66 juta tahun lalu, kata ahli paleontologi Hesham Sallam dari Mansoura University di Mesir, yang memimpin studi yang hasilnya disiarkan di jurnal Nature Ecology and Evolution.

Para ilmuwan memulihkan tengkorak, rahang bawah, leher dan tulang belakang, iga, punggung dan anggota tubuh bagian depan, kaki belakang dan osteodermnya.

Banyak bagian Afrika tertutup padang rumput, savana dan hutan hujan yang menyamarkan bebatuan tempat fosil-fosil ditemukan, kata peneliti postdoctoral Eric Gorscak dari Field Museum di Chicago, yang sebelumnya di Ohio University.

Ukuran Mansourasaurus lebih kecil dibandingkan dengan sepupu titanosaurus seperti Argentinosaurus di Amerika Selatan, serta DreadnoughtusPatagotitan dan Paralititan dari Afrika, beberapa melampui 30 meter panjangnya.

"Mansourasaurus, meski termasuk binatang besar untuk standard sekarang, kecil dibandingkan dengan titanosaurus lainnya," kata ahli paleontologi Matt Lamanna dari Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh.

Para peneliti menyatakan Mansourasaurus lebih dekat kekerabatannya dengan titanosaurus Eropa dan Asia ketimbang mereka yang berasal dari tempat lain di Afrika dan daratan Belahan Bumi Selatan termasuk Amerika Selatan, yang sebelumnya tergabung dalam benua super yang disebut Gondwana.

"Ini, pada gilirannya, menunjukkan untuk pertama kali bahwa setidaknya beberapa dinosaurus bisa berpindah antara Afrika Utara dan Eropa Selatan pada akhir Mesozoikum, dan bertentangan dengan hipotesis lama yang berpendapat bahwa fauna dinosaurus Afrika terasing dari yang lain selama periode waktu ini," kata Lamanna sebagaimana dikutip kantor berita Reuters. (reuters)

See Also

Skandal Seks Wakil PM Australia Dan Staf Picu Usulan Larangan
Hujan Salju Tebal Lumpuhkan Paris
PBB Selidiki Dugaan Penggunaan Senjata Kimia Di Suriah
Kurdi Irak Tahan 4.000 Ekstremis
Kereta Tabrak Ke Kereta Di Amerika Serikat
Lima Tempat Romantis Rayakan Valentine Di Perth
Pemimpin Oposisi Zimbabwe Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter Di Amerika Serikat
2 WNI Sandera Abu Sayyaf Dibebaskan
Bom Ganda Bunuh Diri Tewaskan 38 Orang Di Baghdad
Myanmar Bebaskan Dua Jurnalis Asing
Serangan Gereja Di Kairo Tewaskan 10 Orang
Stasiun Kereta Baru Di Yerusalem Akan Dinamai Donald John Trump
Ledakan Di Kantor Berita Afghanistan
Israel Pesan Ratusan Jet Temput Berteknologi Mutakhir
Kaisar Jepang Akihito Berulang Tahun
128 Negara Anggota PBB Tolak Keputusan Donald Trump Tentang Yerusalem
Tekanan Berat Bintang K-pop Shinee Kim Jong-hyun
Wakil PM Inggris Diminta Mundur Terkait Skandal Pornografi
Turki Sesalkan Veto AS Soal Yerusalem
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Parlemen Australia Setuju Pernikahan Sesama Jenis
Pidato Lengkap Donald Trump Saat Akui Yerusalem Ibu Kota Israel
Amerika Serikat Segera Memulai Proses Pemindahan Kedubesnya
Inggris Tidak Setuju Dengan Keputusan AS Soal Jerusalem
Amerika Serikat Akan Memulai Rencana Pemindahan Kedutaan Besarnya
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.390.044 Since: 07.04.14 | 0.7372 sec