YouTube Facebook Twitter RSS
16 Jan 2019, 0

Hukum

Dokter Bimanesh Sutarjo Diperiksa KPK

Wednesday, 31 January 2018 | View : 220

siarjustisia.com-JAKARTA.

Penyidik lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa dr Bimanesh Sutarjo terkait kasus hilangnya Setya Novanto. Dokter Bimanesh Sutarjo hanya membisu soal agenda pemeriksaannya hari ini.

Dokter Bimanesh Sutarjo tiba di KPK, Jalan Kuningan Persada Kavling K4, RT01/RW06, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (31/1/2018) pukul 13.02 WIB. Bimanesh tampak menenteng kain berwarna hitam yang tampak seperti jaket, di tangan kanannya.

Dia tidak membawa buku atau catatan yang kerap dibawa saat diperiksa oleh KPK. Bimanesh juga konsisten menutup mulut sembari berjalan masuk ke lobi dalam KPK. Dia kemudian langsung menuju ruang pemeriksaan di lantai 2.

Kedatangan Bimanesh tak berselang lama dari Setya Novanto yang tiba lebih dulu pada 12.45 WIB. Namun, Setya Novanto diperiksa sebagai saksi untuk eks Direktur Utama (Dirut) PT. Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

Kasus yang menjerat dr. Bimanesh Sutarjo bermula dari peristiwa menghilangnya Setya Novanto pada 15 November 2017 ketika tim KPK mendatangi rumahnya. Selang sehari atau tepatnya pada 16 November 2017, Setya Novanto dikabarkan mengalami kecelakaan dan menjalani perawatan di RS Medika Permata Hijau, Jl. Raya Kebayoran Lama No.64, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dokter Bimanesh Sutarjo merupakan dokter yang menangani Setya Novanto ketika mengalami kecelakaan pada 16 November 2017 saat dicari KPK. Baik Bimanesh maupun Fredrich Yunadi diduga memanipulasi data rekam medis Setya Novanto untuk menghindari panggilan penyidik KPK.

Tak ada keterangan apa pun yang disampaikan dr Bimanesh Sutarjo setelah menjalani pemeriksaan di KPK. Dokter yang menangani Setya Novanto ketika mengalami kecelakaan itu hanya diam.

Sebelumnya, dr. Bimanesh Sutarjo, Kamis (25/1/2018) menjalani pemeriksaan soal hilangnya Setya Novanto pada 16 November 2017. Dia keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 18.28 WIB, Kamis (25/1/2018), setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih 5 jam.

Namun, ketika ditanya tentang pemeriksaannya terutama tentang sangkaan KPK soal manipulasi rekam medis Setya Novanto, Bimanesh hanya diam. Dia terus berjalan menuju mobil tahanan yang mengantarnya kembali ke rumah tahanan (rutan). Tampak sejumlah buku dan jaket berwarna hitam ditentengnya.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah sebelumnya menyebut Bimanesh diperiksa sebagai tersangka hari ini. Namun Febri Diansyah belum menyebutkan apa saja materi pemeriksaan untuk Bimanesh.

Akhirnya KPK menetapkan 2 orang tersangka yaitu Fredrich Yunadi dan dr Bimanesh Sutarjo. Dalam kasus hilangnya Setya Novanto, ada 2 tersangka yang telah ditetapkan KPK. Selain Bimanesh, Fredrich Yunadi telah berstatus tersangka.

Keduanya diduga merintangi proses penyidikan kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Setya Novanto. Tim KPK melakukan penyelidikan dan memperoleh indikasi adanya upaya menghalang-halangi proses penyidikan Setya Novanto di balik peristiwa hilangnya Setya Novanto itu.

Sementara itu, Setya Novanto saat ini telah berstatus terdakwa dan menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta. (det)

See Also

Polda Metro Jaya Bekuk Guru Penyebar Hoax Surat Suara
PT. NKE Dihukum Denda Rp 85,49 Miliar
Polda Jatim Ingatkan VA Bisa Jadi Tersangka
KPK Tahan 2 Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Usai Diperiksa Polda Jatim, VA Dan AS Minta Maaf
Polda Jatim Ringkus Muncikari Dua Artis Ibu Kota
Polda Jawa Timur Tetapkan 2 Tersangka Prostitusi Online Artis
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Polres Magelang Kota Dalami Motif Tersangka Perusakan Nisan
Perusak Nisan Di 4 TPU Kota Magelang Ditangkap
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Perusakan Nisan Di TPU Kota Magelang Masih Berlanjut
Polres Magelang Selidiki Perusakan Belasan Nisan Di Pemakaman Umum
Pembelian Alat Sekolah SMK Bernilai Ratusan Miliar Di Dinas Pendidikan Prov Jatim Perlu Diperiksa
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Artis Kembali Ditangkap Terkait Kasus Narkoba
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Polres Metro Jakarta Selatan Gali Motif Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Polres Metro Jakarta Selatan Tangkap Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.240.585 Since: 07.04.14 | 0.5895 sec