YouTube Facebook Twitter RSS
22 Sep 2019, 0

Nusantara

Banjir Di Kampung Melayu Mulai Surut

Tuesday, 06 February 2018 | View : 466

siarjustisia.com-JAKARTA.

Kampung Melayu jadi salah titik yang terkena banjir. Banjir yang merendam permukiman warga di Kampung Melayu, Jakarta Timur, mulai surut. Ketinggian air yang semula sekitar 3 meter kini kembali ke 120 cm.

Awak media yang memantau banjir di RT 013 RW 004 Kampung Melayu, Jakarta Timur, Selasa (6/2/2018) pukul 17.06 WIB. Terlihat pada indikator di tiang listrik, ketinggian air 120 cm.

"Sekarang sekitar 120 cm-lah, dari jam 5 pagi sudah mulai surut pelan-pelan," ujar Ketua RT 013 RW 004, Sanusi, di lokasi.

Beberapa rumah yang tadi pagi terendam banjir kini sudah tidak terendam. Hanya rumah yang letaknya di turunan jalan yang masih terendam banjir.

Sejumlah warga RT 013 RW 004 yang rumahnya sudah tidak terendam air telah kembali ke rumah. Sebagian mulai bersih-bersih.

"Pengungsinya ada yang sudah balik, ada yang belum," ujar Sanusi.

Pada pagi tadi, banjir di lokasi ini mencapai 3 meter. Banyak warga yang akhirnya memilih mengungsi. 

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar menyebut warga Kampung Melayu bersedia di relokasi dengan beberapa syarat.

"Mereka prinsip sih bersedia asal ganti ruginya cocok, dan kalo dapat ganti rugi rumah susun, mereka minta tidak jauh dari lokasi eksisting yang sekarang," kata Nasruddin di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Selasa (6/2/2018). 

Menurut Nasrudin, pihaknya sudah mensosialisasikan tentang proyek normalisasi Kali Ciliwung. Warga juga sudah tahu akan direlokasi. 

"Mereka juga tahu pada saatnya nanti akan direlokasi, tapi mereka minta tempat relokasi itu tidak jauh dari yang sekarang. Karena di tempat ini tempat mereka dibesarkan," imbuhnya.

Sementara itu, Nasruddin menuturkan banjir kali ini adalah siklus lima tahunan. Titik yang terkena banjir ini belum tersentuh proyek normalisasi.

"Memang banjir kali ini memang betul-betul dirasakan dampaknya siklus 5 tahunan. Karena memang (lokasi) di bawah ini di RW 04, 05, 06, 07, 08 ini proyek normalisasi belum nyampe ke sini," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan belum memikirkan kelanjutan proyek normalisasi Kali Ciliwung. Program penataan sungai baru akan dipikirkan setelah warga yang terdampak banjir dua hari ini kembali beraktivitas seperti biasa.

"Sampai saat ini kita masih berkonsentrasi pada pemberesan pengungsian. (Setelah warga) bisa kembali, baru kita tata lagi soal penataan sungai," kata Anies Rasyid Baswedan saat dimintai konfirmasi soal kelanjutan proyek normalisasi Kali Ciliwung di Kampung Arus, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (6/2/2018).

Gubernur DKI Jakarta tersebut, Anies Rasyid Baswedan ingin jajarannya memastikan kebutuhan warga yang terkena banjir terpenuhi. Kini banjir di beberapa wilayah di DKI berangsur surut.

"Kita ingin memastikan pasokan makanan, kemudian bantuan medis kepada warga yang mengungsi dan terdampak, baik. Kemudian juga kita saksikan di sini, sejak tadi malam air juga mulai surut," terang Anies Rasyid Baswedan.

Anies Rasyid Baswedan sebelumnya mengatakan sudah memerintahkan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menggelar operasi karbol di pemukiman warga di Kebon Pala, Kampung Melayu, yang terendam banjir. Operasi karbol digelar untuk memastikan tempat tinggal warga kembali bersih.

"Dipimpin Wali Kota, memantau, begitu air surut, proses pembersihan sudah dilakukan, kemudian akan ada operasi karbol. Semua diberi karbol, memastikan tempat yang terkena banjir tidak tinggalkan kuman dan bakteri yang berbahaya," papar Anies Rasyid Baswedan di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Selasa (6/2/108) siang tadi. (det)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Jelang HUT RI, Satgas TMMD Ajak Warga Bersihkan Lingkungan
Sejak Ada TMMD, Tidak Ada Lagi Kamus Takut Sama Tentara
Seberangkan Anak Sekolah Juga Dilakoni Satgas TMMD
Ngojek Anak Sekolah Di Desa TMMD Juga Dilakukan TNI
TNI Buka Biro Angkutan Antar Jemput Anak-Anak Sekolah
Danramil 01/Demak Kota Katakan Lega Rasanya Bisa Bantu Warga Mempunyai Rumah Layak Huni
Pelopori Peduli Kebersihan Lingkungan, TNI Gelar Jumat Bersih
TNI Ajarkan Anak-Anak SD Untuk Berperan Di Kebersihan Masjid
Ini Salah Satu Cara TNI Satgas TMMD Diidolakan Anak-anak
Terkait Upacara Penutupan TMMD Sudah Mulai Dirapatkan
Wawasan Kebangsaan Di Desa Sasaran TMMD Mulai Tampak
Sesibuk Apapun Kerja Di TMMD, TNI Satgas Tetap Tak Meninggalkan Ibadah
Dansatgas TMMD Kodim 0716/Demak Wujudkan Impian Warga Dukuh Duduk
Kami Guru Di Kalikondang Tak Pernah Lupa Dengan Jasa TNI
Sosok Prajurit TNI Yang Berandil Besar Di Pengecoran Jalan
Luar Biasa Saya Bisa Ngangsu Kawruh Dengan Banyak Ulama
Berkat TMMD, Lapangan Kalikondang Menjadi Kebanggaan Warga
Terus Didekati, Balita Di Desa TMMD Tak Takut Lagi Dengan Tentara
Sang Kapten Yang Sigap Di Lokasi TMMD
Danramil Yang Menjadi Tauladan Di Lokasi TMMD Kalikondang
Sinyal Pamitan Dibunyikan TNI Satgas, Warga Resah
TNI Memang Luar Biasa
12 RTLH Sudah Berhasil Direhab Tentara
Jelang Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Genjot Pekerjaan Tahap Akhir
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.438.560 Since: 07.04.14 | 0.8373 sec