YouTube Facebook Twitter RSS
20 Feb 2018, 0

Ekonomi

Danramil 09/Karangtengah Berharap Pendistribusian Pupuk Tepat Sasaran

Friday, 09 February 2018 | View : 11

siarjustisia.com-DEMAK.

Kegiatan sosialisasi kartu tani yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Karangtengah dihadiri oleh Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo, Koordinator PPL/Mantri Tani Kecamatan Karangtengah Bapak H. Ahmad Djafar Hasymi, Distributor pupuk wilayah Kecamatan Karangtengah Bapak Kaswan, Manajer Distributor, jenis pupuk NPK, SP 36, ZA & organik, Saudari Naila Safitri dari Distributor, jenis pupuk Pusri (Urea), Pihak BRI Unit Kecamatan Karangtengah, Bapak Susilo Hadi serta Para pengecer pupuk yang ada di wilayah Kecamatan Karangtengah jumlah 23 orang, Kamis, (08/02/2018).

Kartu Tani adalah sebagai database petani yang akurat, yang juga difungsikan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi pada agen ataupun pengecer pupuk. Dengan kartu tani tersebut distribusi pupuk bersubsidi dapat lebih terkontrol, karena akan tercatat secara real time-on line dan dapat dipantau melalui sarana Dashboard yang telah disediakan. BRI menjadikan Kartu Tani sebagai sarana memberian layanan perbankan bagi para petani.

Dengan demikian, diharapkan akan terjadi peningkatan kesejahteraan petani. Sebelum kartu tani tersebut dibagikan maka perlu adanya sosialisasi kepada ketua gapoktan maupun ketua poktan agar mengetahui manfaat-manfaat serta cara penggunaannya dari kartu tani tersebut.

Dalam sambutannya, Koordinator PPL Bapak H. Ahmad Djafar Hasymi mengucapkan terima kasih kepada para pemilik kios pupuk yang sudah menyalurkan pupuk sampai ke petani. Tahun 2018 wilayah Kabupaten Demak. Nantinya petani akan menerima kartu dari BRI supaya gapoktan dan poktan di Kelurahan/Desa mempunyai badan hukum untuk penyaluran pupuk bersubsidi.

Sebelum memberikan sambutan Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo terlebih dahulu melakukan perkenalan singkat bahwa dirinya sebagai pejabat baru sebagai Danramil di Koramil 09/Karangtengah Kodim 0716/Demak.

Lebih lanjut Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo menyampaikan bahwa para Babinsa Koramil 09/Karangtengah siap melaksanakan pendampingan pertanian demi mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan para petani serta siap membantu dan mendampingi pada saat pendistribusian pupuk oleh pengecer," tegas Danramil 09/Karangtengah, Kapten Arm. Sukartiyo.

Di akhir sambutannya, Danramil 09/Karangtengah, Kapten Arm. Sukartiyo berpesan agar dari tingkat distributor pupuk menunjuk kios dan agen untuk diberikan kepada pengecer dilanjutkan ke petani. Distributor mempunyai kewajiban untuk penyaluran pupuk aman, lancar, tertib dan tepat waktu sampai ke para petani.

"Diharapkan distributor pupuk untuk menjual pupuk subsidi di dalam wilayah jangan sampai menjual keluar wilayah," pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan kartu tani EDC (Elektronik Data Capture/ alat gesek kartu tani) dari pihak Bank BRI serta pembagian EDC/alat gesek kartu tani kepada pengecer dari pihak BRI Unit Karangtengah.

Bahwasannya kartu tani dipakai untuk mengambil pupuk sesuai dengan lahan yang dimiliki petani dan harus diambil di pengecer yang telah ditunjuk.BRI tidak menanggung beban administrasi rekening kartu tani tersebut.

Kemudian bagi petani yang belum mendapat kartu tani, bisa segera didata dan dilaporkan supaya segera mendapat kartu tani dan apabila masih kurang jelas pihak terkait PPL Kecamatan dan Bank serta distributor pupuk siap untuk dipanggil ke wilayah. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Dokter Terkaya Amerika Serikat Beli Surat Kabar LA Times Rp 6,8 Triliun
Dandim 0716/Demak Panen Raya Di Ds. Mijen
Danramil 03/Wonosalam Bersama Forkopimcam Panen Raya Padi
Presiden Joko Widodo Tinjau Proyek Padat Karya Di Dharmasraya
Pasar Saham Australia Dibuka Turun Tajam
5 Maskapai Penerbangan Terbaik Di Dunia
Penjualan Mobil Terbanyak Tahun 2017
Bebas Bea Masuk Belanja Dari Luar Negeri Naik
Menteri Kelautan Dan Perikanan Inginkan Kenaikan Gaji Pegawai KKP
Harga Minyak Dunia Turun
Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Per 8 Desember 2017
KPH Harus Jadi Lokomotif Pengembangan Ekonomi Masyarakat
Indeks Hang Seng HongKong Turun
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Era Global Buka Peluang Usaha Baru
Presiden Joko Widodo Sebut Indonesia-Laos Perkuat Kerja Sama
Presiden Joko Widodo Resmikan Megaproyek PLTU Bernilai 5,87 Miliar Dolar
Pemerintah Akan Resmikan BBM Satu Harga Di Seram
Presiden Joko Widodo Ngopi Sore Bersama Pelaku Industri Kopi Indonesia
Presiden Joko Widodo Dorong Pengusaha Kopi Promosikan Sektor Hulu
Industri Kreatif Tas Potensial Dikembangkan
Bupati Kudus Sebut Tiga Tantangan Pembangunan Pertanian
Indeks CAC-40 Prancis Menguat
Yuan China Menguat Terhadap Dolar AS
Babinsa Koramil 05/Cepu Turun Sawah Pendampingan Petani
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.389.974 Since: 07.04.14 | 0.7372 sec