YouTube Facebook Twitter RSS
22 Feb 2019, 0

Ekonomi

Danramil 09/Karangtengah Berharap Pendistribusian Pupuk Tepat Sasaran

Friday, 09 February 2018 | View : 223

siarjustisia.com-DEMAK.

Kegiatan sosialisasi kartu tani yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian Karangtengah dihadiri oleh Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo, Koordinator PPL/Mantri Tani Kecamatan Karangtengah Bapak H. Ahmad Djafar Hasymi, Distributor pupuk wilayah Kecamatan Karangtengah Bapak Kaswan, Manajer Distributor, jenis pupuk NPK, SP 36, ZA & organik, Saudari Naila Safitri dari Distributor, jenis pupuk Pusri (Urea), Pihak BRI Unit Kecamatan Karangtengah, Bapak Susilo Hadi serta Para pengecer pupuk yang ada di wilayah Kecamatan Karangtengah jumlah 23 orang, Kamis, (08/02/2018).

Kartu Tani adalah sebagai database petani yang akurat, yang juga difungsikan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi pada agen ataupun pengecer pupuk. Dengan kartu tani tersebut distribusi pupuk bersubsidi dapat lebih terkontrol, karena akan tercatat secara real time-on line dan dapat dipantau melalui sarana Dashboard yang telah disediakan. BRI menjadikan Kartu Tani sebagai sarana memberian layanan perbankan bagi para petani.

Dengan demikian, diharapkan akan terjadi peningkatan kesejahteraan petani. Sebelum kartu tani tersebut dibagikan maka perlu adanya sosialisasi kepada ketua gapoktan maupun ketua poktan agar mengetahui manfaat-manfaat serta cara penggunaannya dari kartu tani tersebut.

Dalam sambutannya, Koordinator PPL Bapak H. Ahmad Djafar Hasymi mengucapkan terima kasih kepada para pemilik kios pupuk yang sudah menyalurkan pupuk sampai ke petani. Tahun 2018 wilayah Kabupaten Demak. Nantinya petani akan menerima kartu dari BRI supaya gapoktan dan poktan di Kelurahan/Desa mempunyai badan hukum untuk penyaluran pupuk bersubsidi.

Sebelum memberikan sambutan Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo terlebih dahulu melakukan perkenalan singkat bahwa dirinya sebagai pejabat baru sebagai Danramil di Koramil 09/Karangtengah Kodim 0716/Demak.

Lebih lanjut Danramil 09/Karangtengah Kapten Arm Sukartiyo menyampaikan bahwa para Babinsa Koramil 09/Karangtengah siap melaksanakan pendampingan pertanian demi mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan para petani serta siap membantu dan mendampingi pada saat pendistribusian pupuk oleh pengecer," tegas Danramil 09/Karangtengah, Kapten Arm. Sukartiyo.

Di akhir sambutannya, Danramil 09/Karangtengah, Kapten Arm. Sukartiyo berpesan agar dari tingkat distributor pupuk menunjuk kios dan agen untuk diberikan kepada pengecer dilanjutkan ke petani. Distributor mempunyai kewajiban untuk penyaluran pupuk aman, lancar, tertib dan tepat waktu sampai ke para petani.

"Diharapkan distributor pupuk untuk menjual pupuk subsidi di dalam wilayah jangan sampai menjual keluar wilayah," pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan kartu tani EDC (Elektronik Data Capture/ alat gesek kartu tani) dari pihak Bank BRI serta pembagian EDC/alat gesek kartu tani kepada pengecer dari pihak BRI Unit Karangtengah.

Bahwasannya kartu tani dipakai untuk mengambil pupuk sesuai dengan lahan yang dimiliki petani dan harus diambil di pengecer yang telah ditunjuk.BRI tidak menanggung beban administrasi rekening kartu tani tersebut.

Kemudian bagi petani yang belum mendapat kartu tani, bisa segera didata dan dilaporkan supaya segera mendapat kartu tani dan apabila masih kurang jelas pihak terkait PPL Kecamatan dan Bank serta distributor pupuk siap untuk dipanggil ke wilayah. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Tingkatkan Harga Yang Maksimal, Babinsa 13/Karangawen Bantu Petani Jemur Hasil Panen
Bantu Percepatan Pembangunan, Danramil 01/Demak Kota Hadiri Musrembangdes
Babinsa 09/Karangtengah Beri Motivasi Kepada Para Petambak Bandeng
Tingkatkan Motivasi Petani Swasembada Pajale, Babinsa 13/Karangawen Bantu Panen Jagung
Babinsa 01/Demak Dampingi Program Kotaku Di Desa Mulyorejo
Antisipasi Kelangkaan Dan Kestabilan Harga Pupuk, Babinsa 12/Mranggen Cek Langsung
Wall Street Menguat
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Babinsa 09/Karangtengah Dampingi Pembangunan RTLH
Bursa Asia Dan AS Menguat
Bursa Asia Ditutup Melemah Disusul Bursa Eropa Dibuka Tergerus
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Babinsa 06/Wedung Lakukan Pemantauan Penyemaian Bibit Tanam Padi
Babinsa 09/Karangtengah Pastikan Harga Sembako Di Pasar Masih Relatif Stabil
Percepat Masa Tanam, Babinsa 09/Karangtengah Giat Dampingi Petani
Babinsa 05/Mijen Tunjukkan Peran Aktif Babinsa Terhadap Swasembada Pangan
Tak Kenal Lelah, Babinsa Koramil 07/Gajah Bantu Petani Siangi Rumput
Ciptakan Hubungan Yang Harmonis, Babinsa 01/Rembang Terjun Langsung Ke Lahan Pertanian
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Memotivasi Petani Dalam Menggarap Sawah
Babinsa 12/Mranggen Ikuti Sosialisasi Budidaya Sapi Potong
Babinsa 01/Demak Kota Bantu Percepatan Pertumbuhan Padi
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.427.050 Since: 07.04.14 | 0.8825 sec