YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Dampak Kependudukan Pada Ketahanan NKRI Serta Peran Babinsa Dalam Program KKBPK

Wednesday, 21 February 2018 | View : 113

siarjustisia.com-DEMAK.

Peran TNI terutama babinsa merupakan hal yang sangat penting terkait dengan progran Nawacita pemerintah, khususnya prioritas ketiga yaitu membangun Indonesia dari desa/pinggiran, tetapi juga bermakna dalam meningkatkan sistem ketahanan negara.

Masalah kependudukan dan kesehatan sesungguhnya bukan hanya menjadi tanggung jawab instansi kesehatan dan BKKBN semata tetapi merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa karena masalah kependudukan tidak hanya berdampak kepada jumlah penduduk tetapi juga berdampak pada masalah lain termasuk keseimbangan lingkungan dan ketahanan pangan.

Terkait dengan hal itu, TNI khususnya Kodim 0716/Demak senantiasa akan bersinergi dengan berbagai pihak seperti BKKBN dan dinas kesehatan dalam membantu revitalisasi program KKBPK, demikian dikatakan Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak melalui Kasdim 0716/Demak, Mayor Inf Harianto dalam Forum Komunikasi Kemitraan Program KKBPK sekaligus mengisi paparan dengan tema "Dampak Kependudukan Pada Ketahanan NKRI Serta Peran Babinsa Dalam Program KKBPK".

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Bina Praja Kabupaten Demak pada Selasa (20/02/2018) ini dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Jateng Wagino, S.H., M.Si., Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinpermades P2KB Drs. Muh Ridwan, Kasat Bimas Polres Demak AKP Didik Budiono, Para Danramil jajaran Kodim 716/Demak, Para Kapolsek se-Kabupaten Demak, Camat se-Kabupaten Demak serta Kepala OPD se-Kabupaten Demak.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Wagino, S.H., M.Si. mengatakan dalam sambutannya bahwa kondisi peserta KB Kabupaten Demak masih sangat rendah diantaranya Wedung, Sayung, Mranggen sehingga perlu perhatian, dengan prosentase dibawah 60% sedangkan yang menggunakan MKJP (kontrasepsi jangka panjang) tertinggi adalah Karangawen sekitar 15 menuju 18,5%.

Lebih Lanjut ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui  peran Babinsa sebagai Public Relation dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Capacity Building Communication For Development bagi PKB/PLKB dan Motivator KB.

Kemitraan yang selama ini telah dilakukan berjalan semakin sinergis dan memberikan dampak yang semakin signifikan terhadap pelaksanaan program KKBPK di Provinsi Jawa Tengah.

Tantangan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) adalah bagaimana menjadikan pengetahuan masyarakat tentang alat/cara kontrasepsi yang sudah tinggi mewujud menjadi perilaku ber-KB (menggunakan alat, cara kontrasepsi), teristimewa untuk Methode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.Pd. membacakan sambutan menyatakan bahwa Kabupaten Demak mengucapkan terimakasih kepada TNI atas kerjasamanya dalam bidang KB dan pertanian serta kepada seluruh elemen masyarakat sudah memulai untuk melaksanakan program KKBPK.

"Saat ini ada gangguan banjir bisa kita koreksi bersama, kita sudah koordinasi dengan Pemerintah Pusat penyebabnya namun belum ada respon dari Pemerintah Pusat," terangnya.

Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Demak, M. Ridwan, menyampaikan Pemkab Demak memang terus berusaha menyukseskan program KB di seluruh wilayah.

Pemkab menurut dia telah menjalin kemitraan dengan instansi terkait lainnya untuk memastikan masyarakat memahami dan menerapkan KB.

"Demak telah melakukan kemitraan dengan elemen lain, diantaranya, Kodim, Polres, LSM, Perguruan Tinggi, PKBI, Dinas Pendidikan hingga Kantor Kementerian Agama untuk terus mensosialisasikan KB. Tidak hanya itu, berbagai media juga dibentuk misalnya saja membuat lagu Kampung KB dan menyebarkannya di sosial media juga sosialisasi melalui media massa,” jelasnya lagi. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.175.558 Since: 07.04.14 | 0.8701 sec