YouTube Facebook Twitter RSS
22 Sep 2018, 0

Nusantara

Dampak Kependudukan Pada Ketahanan NKRI Serta Peran Babinsa Dalam Program KKBPK

Wednesday, 21 February 2018 | View : 139

siarjustisia.com-DEMAK.

Peran TNI terutama babinsa merupakan hal yang sangat penting terkait dengan progran Nawacita pemerintah, khususnya prioritas ketiga yaitu membangun Indonesia dari desa/pinggiran, tetapi juga bermakna dalam meningkatkan sistem ketahanan negara.

Masalah kependudukan dan kesehatan sesungguhnya bukan hanya menjadi tanggung jawab instansi kesehatan dan BKKBN semata tetapi merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa karena masalah kependudukan tidak hanya berdampak kepada jumlah penduduk tetapi juga berdampak pada masalah lain termasuk keseimbangan lingkungan dan ketahanan pangan.

Terkait dengan hal itu, TNI khususnya Kodim 0716/Demak senantiasa akan bersinergi dengan berbagai pihak seperti BKKBN dan dinas kesehatan dalam membantu revitalisasi program KKBPK, demikian dikatakan Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak melalui Kasdim 0716/Demak, Mayor Inf Harianto dalam Forum Komunikasi Kemitraan Program KKBPK sekaligus mengisi paparan dengan tema "Dampak Kependudukan Pada Ketahanan NKRI Serta Peran Babinsa Dalam Program KKBPK".

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Bina Praja Kabupaten Demak pada Selasa (20/02/2018) ini dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Jateng Wagino, S.H., M.Si., Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinpermades P2KB Drs. Muh Ridwan, Kasat Bimas Polres Demak AKP Didik Budiono, Para Danramil jajaran Kodim 716/Demak, Para Kapolsek se-Kabupaten Demak, Camat se-Kabupaten Demak serta Kepala OPD se-Kabupaten Demak.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Wagino, S.H., M.Si. mengatakan dalam sambutannya bahwa kondisi peserta KB Kabupaten Demak masih sangat rendah diantaranya Wedung, Sayung, Mranggen sehingga perlu perhatian, dengan prosentase dibawah 60% sedangkan yang menggunakan MKJP (kontrasepsi jangka panjang) tertinggi adalah Karangawen sekitar 15 menuju 18,5%.

Lebih Lanjut ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui  peran Babinsa sebagai Public Relation dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Capacity Building Communication For Development bagi PKB/PLKB dan Motivator KB.

Kemitraan yang selama ini telah dilakukan berjalan semakin sinergis dan memberikan dampak yang semakin signifikan terhadap pelaksanaan program KKBPK di Provinsi Jawa Tengah.

Tantangan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) adalah bagaimana menjadikan pengetahuan masyarakat tentang alat/cara kontrasepsi yang sudah tinggi mewujud menjadi perilaku ber-KB (menggunakan alat, cara kontrasepsi), teristimewa untuk Methode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.Pd. membacakan sambutan menyatakan bahwa Kabupaten Demak mengucapkan terimakasih kepada TNI atas kerjasamanya dalam bidang KB dan pertanian serta kepada seluruh elemen masyarakat sudah memulai untuk melaksanakan program KKBPK.

"Saat ini ada gangguan banjir bisa kita koreksi bersama, kita sudah koordinasi dengan Pemerintah Pusat penyebabnya namun belum ada respon dari Pemerintah Pusat," terangnya.

Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Demak, M. Ridwan, menyampaikan Pemkab Demak memang terus berusaha menyukseskan program KB di seluruh wilayah.

Pemkab menurut dia telah menjalin kemitraan dengan instansi terkait lainnya untuk memastikan masyarakat memahami dan menerapkan KB.

"Demak telah melakukan kemitraan dengan elemen lain, diantaranya, Kodim, Polres, LSM, Perguruan Tinggi, PKBI, Dinas Pendidikan hingga Kantor Kementerian Agama untuk terus mensosialisasikan KB. Tidak hanya itu, berbagai media juga dibentuk misalnya saja membuat lagu Kampung KB dan menyebarkannya di sosial media juga sosialisasi melalui media massa,” jelasnya lagi. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.624.113 Since: 07.04.14 | 0.6646 sec