YouTube Facebook Twitter RSS
18 Dec 2018, 0

Nusantara

Dampak Kependudukan Pada Ketahanan NKRI Serta Peran Babinsa Dalam Program KKBPK

Wednesday, 21 February 2018 | View : 164

siarjustisia.com-DEMAK.

Peran TNI terutama babinsa merupakan hal yang sangat penting terkait dengan progran Nawacita pemerintah, khususnya prioritas ketiga yaitu membangun Indonesia dari desa/pinggiran, tetapi juga bermakna dalam meningkatkan sistem ketahanan negara.

Masalah kependudukan dan kesehatan sesungguhnya bukan hanya menjadi tanggung jawab instansi kesehatan dan BKKBN semata tetapi merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa karena masalah kependudukan tidak hanya berdampak kepada jumlah penduduk tetapi juga berdampak pada masalah lain termasuk keseimbangan lingkungan dan ketahanan pangan.

Terkait dengan hal itu, TNI khususnya Kodim 0716/Demak senantiasa akan bersinergi dengan berbagai pihak seperti BKKBN dan dinas kesehatan dalam membantu revitalisasi program KKBPK, demikian dikatakan Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak melalui Kasdim 0716/Demak, Mayor Inf Harianto dalam Forum Komunikasi Kemitraan Program KKBPK sekaligus mengisi paparan dengan tema "Dampak Kependudukan Pada Ketahanan NKRI Serta Peran Babinsa Dalam Program KKBPK".

Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Bina Praja Kabupaten Demak pada Selasa (20/02/2018) ini dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Jateng Wagino, S.H., M.Si., Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinpermades P2KB Drs. Muh Ridwan, Kasat Bimas Polres Demak AKP Didik Budiono, Para Danramil jajaran Kodim 716/Demak, Para Kapolsek se-Kabupaten Demak, Camat se-Kabupaten Demak serta Kepala OPD se-Kabupaten Demak.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Wagino, S.H., M.Si. mengatakan dalam sambutannya bahwa kondisi peserta KB Kabupaten Demak masih sangat rendah diantaranya Wedung, Sayung, Mranggen sehingga perlu perhatian, dengan prosentase dibawah 60% sedangkan yang menggunakan MKJP (kontrasepsi jangka panjang) tertinggi adalah Karangawen sekitar 15 menuju 18,5%.

Lebih Lanjut ia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui  peran Babinsa sebagai Public Relation dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Capacity Building Communication For Development bagi PKB/PLKB dan Motivator KB.

Kemitraan yang selama ini telah dilakukan berjalan semakin sinergis dan memberikan dampak yang semakin signifikan terhadap pelaksanaan program KKBPK di Provinsi Jawa Tengah.

Tantangan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) adalah bagaimana menjadikan pengetahuan masyarakat tentang alat/cara kontrasepsi yang sudah tinggi mewujud menjadi perilaku ber-KB (menggunakan alat, cara kontrasepsi), teristimewa untuk Methode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.Pd. membacakan sambutan menyatakan bahwa Kabupaten Demak mengucapkan terimakasih kepada TNI atas kerjasamanya dalam bidang KB dan pertanian serta kepada seluruh elemen masyarakat sudah memulai untuk melaksanakan program KKBPK.

"Saat ini ada gangguan banjir bisa kita koreksi bersama, kita sudah koordinasi dengan Pemerintah Pusat penyebabnya namun belum ada respon dari Pemerintah Pusat," terangnya.

Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Demak, M. Ridwan, menyampaikan Pemkab Demak memang terus berusaha menyukseskan program KB di seluruh wilayah.

Pemkab menurut dia telah menjalin kemitraan dengan instansi terkait lainnya untuk memastikan masyarakat memahami dan menerapkan KB.

"Demak telah melakukan kemitraan dengan elemen lain, diantaranya, Kodim, Polres, LSM, Perguruan Tinggi, PKBI, Dinas Pendidikan hingga Kantor Kementerian Agama untuk terus mensosialisasikan KB. Tidak hanya itu, berbagai media juga dibentuk misalnya saja membuat lagu Kampung KB dan menyebarkannya di sosial media juga sosialisasi melalui media massa,” jelasnya lagi. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kodim 0716/Demak
Babinsa 13/Karangawen Hadiri Rakor Pembahasan ADD Dan DD Tlogorejo
Anggota Kodim 0716/Demak Terima Pengarahan Dari Irdam IV/Diponegoro
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro
Jelang Kenaikan Pangkat Prajurit, Kodim 0716/Demak Gelar Sidang Pankar UKP
Terungkap...!!! Sosok Pencipta Opini Di TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
Pelayanan Kesehatan Gratis Turut Warnai Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Ditutup
Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Membawa Berkah Tersendiri Bagi Pedagang Kecil
Babinsa 06/Wedung Pacu Dan Memotivasi Pengusaha Tenun Di Desa Binaannya
Danramil Jajartan Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Menghadapi Musim Penghujan Tingkat Kabupaten
Optimalkan Tugas Babinsa, Dandim 0716/Demak Serahkan Motor Dinas
Sejumlah Perwira Kodim 0716/Demak Hadiri Upacara Hari Pahlawan
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Bahu Membahu Anyam Kawat Untuk Persiapan Pengecoran Jalan
Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Berikan Sosialisasi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Peringati Hari Pahlawan, Santri TBS Ziarahi Makam Sosrokartono
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.115.147 Since: 07.04.14 | 0.6763 sec