YouTube Facebook Twitter RSS
12 Dec 2019, 0

Ekonomi

Geser Afrika Selatan, Nigeria Jadi Negara Ekonomi Terbesar Di Afrika

Tuesday, 08 April 2014 | View : 520

siarjustisia.com-ABUJA.

Terhitung sejak Minggu (6/4/2014) Nigeria menjadi negara dengan ekonomi terbesar di Afrika, melewati Afrika Selatan (Afsel) setelah pemerintah mengumumkan tingkat produk domestik bruto (PDB) terbaru.

Penghitungan PDB tersebut mempertimbangkan perubahan dalam produksi dan konsumsi, termasuk penambahan fokus yakni pada aspek komunikasi dan industri perfilman.

Data itu menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di 2012 mencapai sebesar US$ 453 miliar, bukan US$ 264 miliar seperti yang dihitung Bank Dunia pada tahun tersebut. Adapun perekonomian Afrika Selatan di 2012 mencapai sebesar US$ 384 miliar menurut Bank Dunia.

Menurut Kepala Badan Statistik Nigeria, Yemi Kale, demikian dalam konferensi pers di Ibu Kota, Abuja, Senin (7/4/2014) perkiraan ekonomi untuk 2013 menunjukkan adanya ekspansi lebih lanjut hingga mencapai US$ 510 miliar.

“Nigeria telah bergeser menjadi negara dengan ekonomi terbesar berdasarkan ukuran PDB di Afrika dan beralih menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-26 di dunia,” kata Menteri Keuangan Ngozi Okonjo Iweala

Pada basis per kapita, Nigeria berada di urutan 121 di dunia. "Sehingga, kami memiliki total ukuran PDB di mana kami telah bergeser ke urutan 26,” tambah mantan direktur pengelola Bank Dunia itu.

Hasil ini didasarkan pada perhitungan dengan mempertimbangkan berbagai sektor dan industri yang baru, dimana sebelumnya terabaikan atau tidak ada di 1990.

Sektor-sektor baru tersebut mencakup pasar telepon seluler yang terbesar di Afrika musik dan industri film lokal yang sangat populer, Nollywood.

Untuk Nollywood, contohnya, kini industri tersebut bernilai 853,9 miliar naira (US$ 5,1 miliar, 3,7 miliar euro) atau sebesar 1,2 persen dari PDB.

“Angka-angka penetapan tingkat dasar PDB ini menyiratkan bahwa tingkat kegiatan ekonomi jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan sebelumnya,” ungkap Menteri Keuangan dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa perekonomian tersebut mendapat dorongan lebih banyak dari sektor-sektor jasa.

Hal ini menunjukkan gambaran nyata lanskap ekonomi Nigeria, dan kesempatan yag signifikan untuk menciptakan pertumbuhan dan kekayaan dalam perekonomian rakyat Nigeria.

Namun para ekonom Afsel menunjukkan bahwa negara mereka masih sebagai ekonomi terpenting di benua itu kendati disusul Nigeria sebagai ekonomi terbesar di Afrika.

“Afrika Selatan masih akan menjadi salah satu negara penting di Afrika meskipun penetapan tingkat dasar ini akan menjadi langkah signifikan dalam membangun Nigeria sebagai kelompok besar Afrika yang sesungguhnya,” kata manager portofolio Investec, Roelof Horne.

Ekonom Dennis Dykes, di Nedbank Afrika Selatan pun mengatakan posisi baru Nigeria sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Afrika harus dipandang secara positif. (afp)

See Also

Bursa Asia Ditutup Naik
Bursa Asia Ditutup Naik
Perang Dagang Sebabkan AS-China Sama-sama Rugi
McDonalds Pecat CEO Steve Easterbrook
Bursa Asia Dalam Tren Positif
Bursa Eropa Dibuka Positif
Kristalina Georgieva Dipilih Sebagai Direktur Pelaksana IMF
Jerman Tawarkan Pinjaman Untuk Perusahaan Agen Perjalanan Inggris Thomas Cook
Perusahaan Pariwisata Inggris Thomas Cook Bangkrut
24 Aplikasi Android Berbahaya
CEO Nissan Motor Co Ltd Mengundurkan Diri
Sony Akan Rilis Edisi Khusus Walkman
Bursa Asia Di Zona Positif
Bursa Asia Berguguran
The Fed Siap Buyback Jika China Lepas Obligasi AS
TNI Ajak Warga Untuk Beternak Sapi
TNI Dorong Warga Sasaran TMMD Budidaya Blewah
Dipelopori TNI, Penghijauan Di Desa Sasaran TMMD Menggeliat
TNI Kodim 0716/Demak Juga Benahi Saluran Irigasi Di Desa TMMD
Camilan Khas Kalikondang Kenangan Bagi Satgas TMMD
Penjual Blewah Juga Meraup Rejeki Di TMMD Kalikondang
Satgas TMMD Beri Kursus Fotografi Kepada Warga
Berbagi Ilmu Tanaman Di Lokasi TMMD Kalikondang
Pelangsiran Anyaman Besi Hantarkan Kesejahteraan Warga
Jepang Hapus Daftar Putih Negara Korea Selatan Tujuan Ekspor
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.893.323 Since: 07.04.14 | 0.7472 sec