YouTube Facebook Twitter RSS
13 Dec 2018, 0

Nusantara

Gerakan Menanam 5.000 Pohon

Tuesday, 27 February 2018 | View : 466

siarjustisia.com-DEMAK.

Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0716 Demak beserta jajarannya turut berpartisipasi melakukan penanaman 5.000 pohon dan Pelestarian Biota,program penghijauan dan pelepasan ribuan ikan di wilayah Dukuh Kedung Dolog, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Minggu (25/02/2018) yang diselenggarakan oleh Relawan Penanggulangan bencana (PB) Angling kusumo dan BPBD Kabapaten Demak dan segenap komponen masyarakat dengan tema "Sayangi bumi bersihkan sampah" yang bertujuan untuk menanggulangi bencana alam.yang di hadiri tidak kurang dari 1.000 orang.

Kegiatan yang dihadiri oleh Dandim 0716 Demak dalam hal ini diwakili oleh Pasi Intel Dim Kapten Inf Rahmad Sugiarto tersebut melibatkan ribuan orang diantaranya  Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.M., Wakil Bupati Drs. Joko Susanto, Kapolres Demak yang diwakili oleh AKP Budi Harsono, anggota DPRD dari Partai PKB Komisi C Bapak Ulin Nuha, S.Pdi., Muspika Kecamatan Mranggen, Kades. Banyumeneng Bapak Muntoha, Dinas LH, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Demak, Dinas Pertanian Demak, Dinas Sosial Demak, PDAM, BPBD Demak, Relawan, BKK Demak, BPR Restu Mranggen, PT. Djarum, Perhutani, PT. Rimbawana Agung Karangawen, FK. Prestalindo, Pegadaian Kanwil XI, Dewan Adat Giri Kusumo Ky. Musni, KKN UIN Wali Songo Semarang, PKK Desa Banyumeneng, Toga, Tomas, dan segenap warga Desa Banyumeneng.

Dalam sambutannya Bupati Demak menyampaikan bahwa pelestarian alam dengan menanam pohon merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Saat menanam pohon kita sedang menanam doa dan harapan, untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. Ini semua sudah dapat kita rasakan akibatnya bila alam rusak. Pohon ditebang dengan sembarangan, yang akhirnya bencana seperti banjir dan tanah longsor akan terjadi sewaktu-waktu.

Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga agar lingkungan tetap asri, dengan banyak menanam pohon maka oksigen dan air tanah di Kabupaten Demak akan lebih terjaga.

Dalam sambutannya Bupati juga menghimbau supaya masyarakat dapat turut berperan aktif memanfaatkan lahan dan halaman rumah dengan penghijauan,tanaman produktif, serta tanaman obat keluarga. Untuk itu saya sangat apresiatif dengan kegiatan yang dilakukan para relawan  yaitu penanaman pohon di aren hutan barang dan penebaran benih ikan di hulu sungai Dolok. “Jenis pohon yang ditanam terdiri dari pohon Kosambi, pohon Mahoni, Mangga dan Jambu masing-masing dengan jumlah 5.000 pohon serta menabur 1.300 ekor benih ikan Lele dan Nila,” demikian diungkapkan oleh Pasi Intel Kodim 0716/Demak, Kapten Inf. Rahmad Sugiarto.

Dijelaskan oleh Kapten Inf Rahmad Sugiarto, bahwa penghijauan tersebut sebagai momentum gerakan Indonesia menanam 5.000 pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. “Untuk menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi menambah oksigen. Sehingga, akan mewujudkan lingkungan yang sehat. Diharapkan, untuk menjaga keberlangsungan tanaman ini agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat diperlukan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat fisik tanaman tersebut, agar tanaman tersebut bisa tumbuh kembang dengan baik, dan tidak ada yang merusak pohon yang sudah ditanam ini,” tandasnya.

Dari kegiatan tersebut banyak manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan menanam lima ribu pohon antara lain lingkungan menjadi bersih serta dapat terhindar dari bahaya tanah longsor udara menjadi segar dapat menghasilkan oksigen yang lebih bersih, paru-paru menjadi sehat karena selalu menghirup udara yang bersih dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kodim 0716/Demak
Babinsa 13/Karangawen Hadiri Rakor Pembahasan ADD Dan DD Tlogorejo
Anggota Kodim 0716/Demak Terima Pengarahan Dari Irdam IV/Diponegoro
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro
Jelang Kenaikan Pangkat Prajurit, Kodim 0716/Demak Gelar Sidang Pankar UKP
Terungkap...!!! Sosok Pencipta Opini Di TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
Pelayanan Kesehatan Gratis Turut Warnai Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Ditutup
Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Membawa Berkah Tersendiri Bagi Pedagang Kecil
Babinsa 06/Wedung Pacu Dan Memotivasi Pengusaha Tenun Di Desa Binaannya
Danramil Jajartan Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Menghadapi Musim Penghujan Tingkat Kabupaten
Optimalkan Tugas Babinsa, Dandim 0716/Demak Serahkan Motor Dinas
Sejumlah Perwira Kodim 0716/Demak Hadiri Upacara Hari Pahlawan
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Bahu Membahu Anyam Kawat Untuk Persiapan Pengecoran Jalan
Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Berikan Sosialisasi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Peringati Hari Pahlawan, Santri TBS Ziarahi Makam Sosrokartono
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.085.806 Since: 07.04.14 | 0.7426 sec