YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Gerakan Menanam 5.000 Pohon

Tuesday, 27 February 2018 | View : 438

siarjustisia.com-DEMAK.

Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0716 Demak beserta jajarannya turut berpartisipasi melakukan penanaman 5.000 pohon dan Pelestarian Biota,program penghijauan dan pelepasan ribuan ikan di wilayah Dukuh Kedung Dolog, Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Minggu (25/02/2018) yang diselenggarakan oleh Relawan Penanggulangan bencana (PB) Angling kusumo dan BPBD Kabapaten Demak dan segenap komponen masyarakat dengan tema "Sayangi bumi bersihkan sampah" yang bertujuan untuk menanggulangi bencana alam.yang di hadiri tidak kurang dari 1.000 orang.

Kegiatan yang dihadiri oleh Dandim 0716 Demak dalam hal ini diwakili oleh Pasi Intel Dim Kapten Inf Rahmad Sugiarto tersebut melibatkan ribuan orang diantaranya  Bupati Demak H. M. Natsir, S.Pd., M.M., Wakil Bupati Drs. Joko Susanto, Kapolres Demak yang diwakili oleh AKP Budi Harsono, anggota DPRD dari Partai PKB Komisi C Bapak Ulin Nuha, S.Pdi., Muspika Kecamatan Mranggen, Kades. Banyumeneng Bapak Muntoha, Dinas LH, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Demak, Dinas Pertanian Demak, Dinas Sosial Demak, PDAM, BPBD Demak, Relawan, BKK Demak, BPR Restu Mranggen, PT. Djarum, Perhutani, PT. Rimbawana Agung Karangawen, FK. Prestalindo, Pegadaian Kanwil XI, Dewan Adat Giri Kusumo Ky. Musni, KKN UIN Wali Songo Semarang, PKK Desa Banyumeneng, Toga, Tomas, dan segenap warga Desa Banyumeneng.

Dalam sambutannya Bupati Demak menyampaikan bahwa pelestarian alam dengan menanam pohon merupakan tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Saat menanam pohon kita sedang menanam doa dan harapan, untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. Ini semua sudah dapat kita rasakan akibatnya bila alam rusak. Pohon ditebang dengan sembarangan, yang akhirnya bencana seperti banjir dan tanah longsor akan terjadi sewaktu-waktu.

Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga agar lingkungan tetap asri, dengan banyak menanam pohon maka oksigen dan air tanah di Kabupaten Demak akan lebih terjaga.

Dalam sambutannya Bupati juga menghimbau supaya masyarakat dapat turut berperan aktif memanfaatkan lahan dan halaman rumah dengan penghijauan,tanaman produktif, serta tanaman obat keluarga. Untuk itu saya sangat apresiatif dengan kegiatan yang dilakukan para relawan  yaitu penanaman pohon di aren hutan barang dan penebaran benih ikan di hulu sungai Dolok. “Jenis pohon yang ditanam terdiri dari pohon Kosambi, pohon Mahoni, Mangga dan Jambu masing-masing dengan jumlah 5.000 pohon serta menabur 1.300 ekor benih ikan Lele dan Nila,” demikian diungkapkan oleh Pasi Intel Kodim 0716/Demak, Kapten Inf. Rahmad Sugiarto.

Dijelaskan oleh Kapten Inf Rahmad Sugiarto, bahwa penghijauan tersebut sebagai momentum gerakan Indonesia menanam 5.000 pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. “Untuk menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi menambah oksigen. Sehingga, akan mewujudkan lingkungan yang sehat. Diharapkan, untuk menjaga keberlangsungan tanaman ini agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat diperlukan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat fisik tanaman tersebut, agar tanaman tersebut bisa tumbuh kembang dengan baik, dan tidak ada yang merusak pohon yang sudah ditanam ini,” tandasnya.

Dari kegiatan tersebut banyak manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan menanam lima ribu pohon antara lain lingkungan menjadi bersih serta dapat terhindar dari bahaya tanah longsor udara menjadi segar dapat menghasilkan oksigen yang lebih bersih, paru-paru menjadi sehat karena selalu menghirup udara yang bersih dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh polusi udara. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.614.306 Since: 07.04.14 | 0.6163 sec