YouTube Facebook Twitter RSS
13 Dec 2018, 0

Nusantara

Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen

Tuesday, 27 February 2018 | View : 240

siarjustisia.com-DEMAK.

Kodim 0716/Demak, menyelenggarakan Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen Kodim 0716/Demak. Kegiatan dilaksanakan di aula MaKodim 0716/Demak, Jl. Kyai Singkil No.1, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (27/02/2018).

Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen  diikuti oleh Prajurit Tamtama dan Bintara Kodim 0716/Demak beserta jajaranya, bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan dan jabatan.

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari,” terang Pasi Ops Kodim 0716/Demak, Kapten Inf Juwedi.

Materi dalam latihan tersebut adalah bersifat Pengetahuan Aparat Teritorial, yakni 5 kemampuan, Teritorial, Intelijen Teritorial, Pembinaan Perlawanan Wilayah, Pembinaan Komunikasi Sosial, Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial, Sisrendal Binter, Bakti TNI, Sikap Teritorial dan lain-lain.

Sebelum dilaksanakan Latihan perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen, terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar (Latihan Perorangan Dasar).

Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos, Ketatalaksanaan Binter dan lain-lain.

Tingkat kecakapan yang diujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat keterampilan masing-masing anggota antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menjelaskan, bahwa Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

Tetapi latihan ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya.

Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0716/Demak kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama. “Maka dibutuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan,” ucap Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto.

“Agar latihan ini dapat berjalan lancar serta menambah ilmu dalam tugas sebagai Aparat Teritorial, diharapkan latihan tersebut diikuti dengan sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil,” pungkas Pasi Ops Kodim 0716/Demak, Kapten Inf. Juwedi. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Kodim 0716/Demak
Babinsa 13/Karangawen Hadiri Rakor Pembahasan ADD Dan DD Tlogorejo
Anggota Kodim 0716/Demak Terima Pengarahan Dari Irdam IV/Diponegoro
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Wasrik Itdam IV/Diponegoro
Jelang Kenaikan Pangkat Prajurit, Kodim 0716/Demak Gelar Sidang Pankar UKP
Terungkap...!!! Sosok Pencipta Opini Di TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
Pelayanan Kesehatan Gratis Turut Warnai Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak
TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Ditutup
Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung III Kodim 0716/Demak Membawa Berkah Tersendiri Bagi Pedagang Kecil
Babinsa 06/Wedung Pacu Dan Memotivasi Pengusaha Tenun Di Desa Binaannya
Danramil Jajartan Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Menghadapi Musim Penghujan Tingkat Kabupaten
Optimalkan Tugas Babinsa, Dandim 0716/Demak Serahkan Motor Dinas
Sejumlah Perwira Kodim 0716/Demak Hadiri Upacara Hari Pahlawan
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Bahu Membahu Anyam Kawat Untuk Persiapan Pengecoran Jalan
Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Berikan Sosialisasi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Peringati Hari Pahlawan, Santri TBS Ziarahi Makam Sosrokartono
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.085.791 Since: 07.04.14 | 0.7 sec