YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen

Tuesday, 27 February 2018 | View : 179

siarjustisia.com-DEMAK.

Kodim 0716/Demak, menyelenggarakan Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen Kodim 0716/Demak. Kegiatan dilaksanakan di aula MaKodim 0716/Demak, Jl. Kyai Singkil No.1, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (27/02/2018).

Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen  diikuti oleh Prajurit Tamtama dan Bintara Kodim 0716/Demak beserta jajaranya, bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan dan jabatan.

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari,” terang Pasi Ops Kodim 0716/Demak, Kapten Inf Juwedi.

Materi dalam latihan tersebut adalah bersifat Pengetahuan Aparat Teritorial, yakni 5 kemampuan, Teritorial, Intelijen Teritorial, Pembinaan Perlawanan Wilayah, Pembinaan Komunikasi Sosial, Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial, Sisrendal Binter, Bakti TNI, Sikap Teritorial dan lain-lain.

Sebelum dilaksanakan Latihan perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen, terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar (Latihan Perorangan Dasar).

Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos, Ketatalaksanaan Binter dan lain-lain.

Tingkat kecakapan yang diujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat keterampilan masing-masing anggota antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menjelaskan, bahwa Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

Tetapi latihan ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya.

Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0716/Demak kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama. “Maka dibutuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan,” ucap Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto.

“Agar latihan ini dapat berjalan lancar serta menambah ilmu dalam tugas sebagai Aparat Teritorial, diharapkan latihan tersebut diikuti dengan sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil,” pungkas Pasi Ops Kodim 0716/Demak, Kapten Inf. Juwedi. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.175.612 Since: 07.04.14 | 0.6194 sec