YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen

Tuesday, 27 February 2018 | View : 211

siarjustisia.com-DEMAK.

Kodim 0716/Demak, menyelenggarakan Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen Kodim 0716/Demak. Kegiatan dilaksanakan di aula MaKodim 0716/Demak, Jl. Kyai Singkil No.1, Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (27/02/2018).

Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen  diikuti oleh Prajurit Tamtama dan Bintara Kodim 0716/Demak beserta jajaranya, bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan perorangan sesuai dengan kepangkatan dan jabatan.

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan, diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari,” terang Pasi Ops Kodim 0716/Demak, Kapten Inf Juwedi.

Materi dalam latihan tersebut adalah bersifat Pengetahuan Aparat Teritorial, yakni 5 kemampuan, Teritorial, Intelijen Teritorial, Pembinaan Perlawanan Wilayah, Pembinaan Komunikasi Sosial, Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial, Sisrendal Binter, Bakti TNI, Sikap Teritorial dan lain-lain.

Sebelum dilaksanakan Latihan perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen, terlebih dahulu para personel mengikuti Latorsar (Latihan Perorangan Dasar).

Selama pelaksanaan Latorsar dengan materi yang bersifat keterampilan militer perorangan, seperti Teknik Tempur Dasar, Navigasi Darat, Pertolongan Pertama di Lapangan, Pengetahuan Senjata ringan, 5 Kemampuan Teritorial, Binwanwil, Binkomsos, Ketatalaksanaan Binter dan lain-lain.

Tingkat kecakapan yang diujikan meliputi kacakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat keterampilan masing-masing anggota antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial, Nik Sar Pur, Spesialisasi Intel Teritorial, Spesialisasi Ketatalaksanaan Binter, Spesialisasi Sistem Perencanaan dan Pengendalian Binter dan Spesialisasi Bintahwil serta Spesialisasi Bin Wanra.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto menjelaskan, bahwa Latihan Perorangan Jabatan Teritorial Dan Intelijen ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

Tetapi latihan ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya.

Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0716/Demak kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama. “Maka dibutuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan,” ucap Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto.

“Agar latihan ini dapat berjalan lancar serta menambah ilmu dalam tugas sebagai Aparat Teritorial, diharapkan latihan tersebut diikuti dengan sungguh-sungguh dengan mengerahkan segenap keterampilan dan kemampuan yang dimiliki, serta utamakan faktor keamanan personel dan materiil,” pungkas Pasi Ops Kodim 0716/Demak, Kapten Inf. Juwedi. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.614.292 Since: 07.04.14 | 0.6719 sec