YouTube Facebook Twitter RSS
22 Jun 2018, 0

Hukum

PBB Tunggu Sikap KPU Untuk Banding Putusan Bawaslu

Monday, 05 March 2018 | View : 2516

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Bulan Bintang (PBB) akan melawan jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan banding terkait putusan Badan Pengawas Pemilihan Umum/Pemilu (Bawaslu) RI yang menetapkan PBB sebagai partai politik peserta Pemilu 2019.

"Kita tunggu apakah KPU akan melaksanakan putusan dalam waktu tiga hari, atau apakah mereka akan banding lagi ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara)?" kata Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di Kantor Bawaslu, Jl. M. H. Thamrin No.14, RT08/RW04, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).

Menurutnya, KPU memiliki tiga hari ke depan untuk menetukan sikap terkait keputusan Bawaslu. Namun, Yusril Ihza Mahendra berharap KPU dapat segera melaksanakan putusan Bawaslu yang memenangkan PBB.

Meski begitu, Yusril Ihza Mahendra akan segera mempersiapkan PBB guna menghadapi pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Yusril Ihza Mahendra menargetkan PBB dapat lebih baik dibanding Pemilu 2014 lalu.

"Selanjutnya kita persiapkan pemilu sebaik-baiknya, dan harapannya kita, PBB, akan jauh lebih besar dibandingkan dengan waktu lalu," jelas Yusril Ihza Mahendra.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum bisa menyikapi keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang mengabulkan gugatan Partai Bulan Bintang (PBB). KPU belum menentukan apakah menerima atau mengajukan banding atas putusan itu. "Kita belum menerima surat keputusan (SK) dari Bawaslu. Jadi, kita belum bisa memutuskan apa-apa," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di kantornya, Jalan Imam Bonjol No.29, RT08/RW04, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan pihaknya akan menggelar sidang pleno sambil menunggu SK dari Bawaslu. "Pleno akan mengkaji beberapa hal," ungkap Ilham Saputra.

Pleno, tambah Ilham Saputra, tidak hanya membahas tentang PBB.

KPU juga berdiskusi mengenai persiapan penyelenggaraan pemilu di luar negeri. "Kita akan lakukan langsung bimbingan teknis (bimtek) ke luar negeri. Di sana juga ada orang-orang yang mendaftar sebagai peserta penyelenggara pemilu. Itu juga sedang kita bicarakan," ucap Ilham Saputra.

Sebelumnya, Minggu (4/3/2018) Bawaslu mengabulkan gugatan PBB terhadap KPU. Bawaslu menyatakan PBB memenuhi syarat sebagai peserta pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota tahun 2019.

Dalam putusannya, Bawaslu juga menolak eksepsi yang diajukan pihak KPU. Bawaslu juga membatalkan surat keputusan KPU No. 58/pl.01.1-kpt/03/kpu/ii 2018 tentang penetapan parpol peserta pemilu 2019 yang terbatas pada diktum kedua. Bawaslu memerintahkan KPU untuk membatalkan SK Nomor 58/PL.01.1.-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019. Dalam keputusan tersebut, KPU menetapkan PBB Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai peserta pemilu. (met/jos)

See Also

Babinsa Kodim 0716/Demak Evakuasi Sosok Mayat Berhelm Yang Gantung Diri
Kapolres Bogor Larang Anggotanya Ambil Jatah Libur
Dana BOS Malah Dipakai Beli Buku Yang Jauh Lebih Mahal Daripada Buku Resmi
6 Saksi Penting Kasus BLBI Kembali Dicekal
Buku Penerbit Yang Di Black List Pemerintah Malah Dibagikan Ke Sekolah-sekolah Di Jombang
Dua Bos First Travel Dituntut 20 Tahun Penjara
Mabes Polri Sebut Operasi Keselamatan Lalulintas Berhasil
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
Dokter Bimanesh Sutarjo Bantah Kesaksian Kepala IGD RS Permata Hijau
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Ketua RT Yang Telanjangi Dua Sejoli Dituntut 7 Tahun Penjara
KPK Geledah Rumah Wali Kota Malang
Peran Pelaku Skimming ATM Bank
Cara Sindikat Skimming ATM Bank Jalankan Aksinya
Pembobol Skimming ATM Bank Sudah Bobol 64 Bank Di Dunia
Polda Metro Jaya Bekuk 5 Pembobol Skimming ATM Bank
BNN Sita Sabu 51.4 Kg Dari Bandar Narkoba Di Ancol
BNN Telusuri TPPU Bandar Sabu 51,4 Kg
JD Resmi Jadi Penghuni Rutan
BNN Sergap 3 Bandar Narkoba Di Ancol
Hakim Senior Terjaring OTT Rp 30 Juta
Polres Kudus Ciduk 5 Orang Pengedar Uang Palsu
KPK Jerat Cagub Maluku Utara
KPK Periksa Isteri Bos PT. MRA
Hacker Surabaya Black Hat Telah Retas 600 Situs
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.162.971 Since: 07.04.14 | 0.605 sec