YouTube Facebook Twitter RSS
22 Feb 2019, 0

Ekonomi

Bank Sampah Jadi Berkah Bagi Anggota Kodim 0716/Demak

Thursday, 15 March 2018 | View : 271

siarjustisia.com-DEMAK.

Selain membuat kotor, sampah juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Sampah plastik, logam, kertas, dan kaca merupakan sampah anorganik yang tidak bisa hancur bertahun-tahun di dalam tanah. 

Di Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), sampah justru ditabung atau dikumpulkan oleh anggota TNI sehingga bisa mendatangkan rupiah. Hal itu yang dilakukan oleh Kodim 0716/Demak. Mereka mendirikan sebuah Bank Sampah yang menampung berbagai jenis sampah dari seluruh angotanya.

Bank sampah yang terletak di Jl. Kyai Singkil No.01, Bintoro, Demak Kota, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah itu atas perintah lisan komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Hingga saat ini sudah ratusan nasabah yang terdiri dari warga Purworejo hingga instansi pemerintah dan sekolahan telah tercatat di bank sampah itu.

Bendahara Bank Sampah Kodim 0716/Demak Kapten Inf Suyitno kepada Penerangan Kodim 0716/Demak mengatakan beberapa jenis sampah yang bisa ditabung antara lain plastik, logam, kertas, dan kaca yang termasuk dalam golongan sampah anorganik. Sedangkan untuk sampah organik tidak ditabung melainkan diolah menjadi pupuk kompos.

"Ada beberapa jenis sampah yang ditabung seperti plastik, logam, kertas dan kaca. Untuk yang organik tidak ditabung tapi diolah langsung menjadi pupuk kompos," katanya.

Sistem tabungan yang dijalankan pada Bank Sampah ini, anggota membawa berbagai jenis sampah yang telah ditentukan. Ada petugas yang mengumpulkan, menimbang, dan menaksir sampah-sampah yang disetorkan itu.

"Sebelum ditabung, sampah milik nasabah ditimbang dan akan dihargai sesuai dengan jenisnya. Misal plastik akan kami hargai sekitar Rp 1.500 sampai dengan Rp 4.500 per kilo tergantung jenisnya," lanjut Kapten Inf. Suyitno.

Setelah dirupiahkan, maka nilai nominal tersebut akan dicatat pada buku tabungan nasabah. Uang yang terkumpul, baru bisa dicairkan minimal dalam 3 bulan.

Keuntungan yang bisa didapat anggota ketika menjadi nasabah Bank Sampah tersebut antara lain bisa mendapatkan uang serta lingkungan bersih dan sehat. Barang-barang bekas yang telah ditabung akan dipilah oleh pihak Bank Sampah. Semua barang karena selain dijual kembali, sampah-sampah itu akan dibuat menjadi berbagai barang kerajinan tangan.

"Selain dapat rupiah, lingkungan juga bersih dan sehat. Itu keuntungan yang bisa didapat nasabah. Kemudian sampah-sampah yang telah ditabung akan kami pilah dan kami jual lagi ke luar kota, sebagian kami olah menjadi barang kerajinan tangan seperti tas, dompet, bunga dan lain-lain," imbuhnya.

Sementara itu salah satu nasabah, Serma TNI Arifin  (37 tahun) yang telah menabung sampah selama ini  mengaku senang karena selain dapat rupiah, lingkungannya pun bersih dan sehat. Ia mengharapkan ke depannya bank sampah tersebut bisa semakin besar dan nasabah semakin bertambah agar lingkungan semakin bersih dan sehat.

"Tadi nabung botol mineral dapat 2 kilogram. Alhamdulillah, selain barang-barang bekas yang nggak dipakai bisa jadi duit, lingkungan juga bersih. Semoga nasabahnya semakin banyak, karena semakin banyak nasabah berarti lingkungan semakin bersih dan sehat," tuturnya.

Bank Sampah ini juga menjadi ikon Kota Demak yaitu dengan "Satu Sampah Sejuta Masalah" dan kata itu harus kita balik "Satu Sampah Membawa Berkah" sehingga apa yang dicita-citakan Kota Wali meraih Adipura segera terwujud. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Tingkatkan Harga Yang Maksimal, Babinsa 13/Karangawen Bantu Petani Jemur Hasil Panen
Bantu Percepatan Pembangunan, Danramil 01/Demak Kota Hadiri Musrembangdes
Babinsa 09/Karangtengah Beri Motivasi Kepada Para Petambak Bandeng
Tingkatkan Motivasi Petani Swasembada Pajale, Babinsa 13/Karangawen Bantu Panen Jagung
Babinsa 01/Demak Dampingi Program Kotaku Di Desa Mulyorejo
Antisipasi Kelangkaan Dan Kestabilan Harga Pupuk, Babinsa 12/Mranggen Cek Langsung
Wall Street Menguat
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Babinsa 09/Karangtengah Dampingi Pembangunan RTLH
Bursa Asia Dan AS Menguat
Bursa Asia Ditutup Melemah Disusul Bursa Eropa Dibuka Tergerus
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Babinsa 06/Wedung Lakukan Pemantauan Penyemaian Bibit Tanam Padi
Babinsa 09/Karangtengah Pastikan Harga Sembako Di Pasar Masih Relatif Stabil
Percepat Masa Tanam, Babinsa 09/Karangtengah Giat Dampingi Petani
Babinsa 05/Mijen Tunjukkan Peran Aktif Babinsa Terhadap Swasembada Pangan
Tak Kenal Lelah, Babinsa Koramil 07/Gajah Bantu Petani Siangi Rumput
Ciptakan Hubungan Yang Harmonis, Babinsa 01/Rembang Terjun Langsung Ke Lahan Pertanian
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Memotivasi Petani Dalam Menggarap Sawah
Babinsa 12/Mranggen Ikuti Sosialisasi Budidaya Sapi Potong
Babinsa 01/Demak Kota Bantu Percepatan Pertumbuhan Padi
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.427.031 Since: 07.04.14 | 0.6346 sec