YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Hot News

Istri Mantan Gubernur DKI Jakarta Henk Ngantung Tutup Usia

siarjustisia.com-JAKARTA.

Hetty Evelyn Ngantung alias Evie Mamesah, istri mantan Gubernur DKI Jakarta Hendrik Hermanus Joel Ngantung atau juga dikenal dengan nama Henk Ngantung, tutup usia, Rabu (3/9/2014). Wanita bernama lengkap Hetty Evelyn Ngantung Mamesah itu wafat pada usia 75 tahun.

Hetty Evelyn Ngantung Mamesah, janda mantan Gubernur DKI Jakarta, Henk Ngantung, meninggal dunia di Rumah Sakit UKI, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (3/9/2014) malam.

Walau istri seorang Gubernur, banyak yang tak tahu soal kehidupan wanita bersahaja yang akrab disapa Evelyn ini. Evelyn meninggal dalam usianya yang menginjak 75 tahun, karena sakit yang dideritanya. Wanita berdarah Manado itu mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan sakit komplikasi paru-paru di usia senjanya.

Berita dukacita ini disampaikan oleh Sekretaris Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa ‘Ahok’, Maruhal Mangasi.

Kamang Ngantung, Putra ketiga Henk Ngantung mengatakan, ibunya meninggal sekitar pukul 19.38 WIB. Evelyn sendiri, telah dirawat selama tiga hari di RS UKI lantaran mengalami komplikasi pada paru-paru dan jantungnya. "Ibu meninggal tadi pukul 19.38. Ibu sakit, punya darah tinggi. Yang rusak paru-paru dan jantung. Karena efek sakit darah tinggi yang lama, merusak paru-paru dan jantung," ungkap Kamang Ngantung saat dikonfirmasi, Rabu (3/9/2014).

Saat ini, jenazah tengah dimandikan di rumah sakit tersebut. Rencananya, jenazah akan di semayamkan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Mendiang Evie Mamesah akan disemayamkan di Rumah Duka Rumah Sakit Gatot Soebroto, Jalan Kwini, Jakarta Pusat. "Rencananya besok dimakamkan di TPU Menteng Pulo, satu makam dengan bapak," tandasnya.

Evie Mamesah dinikahi Henk Ngantung pada tahun 1964.

Henk Ngantung menjadi wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 1960-1964. Henk Ngantung adalah satu-satunya Gubernur non-Muslim DKI. Bernama lengkap Hendrik Hermanus Joel Ngantung, Henk Ngantung menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 27 Agustus 1964 sampai 15 Juli 1965.

Henk Ngantung bukan seorang birokrat, melainkan seniman. Jejaknya terlihat di monumen Tugu Tani. Dia yang membuat sketsanya sebelum bangunan monumen di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, itu berdiri.

Henk Ngantung meninggal pada usia 71 tahun pada 12 Desember 1991.

Selama ini Evie Mamesah tinggal di rumahnya di Gang Jambu Nomor 25, RT07/RW04, Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Pemprov DKI Jakarta pernah mengutarakan niatnya untuk memperbaiki kediaman Henk Ngantung.

Setelah suaminya pensiun sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta, mereka hidup seadanya di sebuah rumah di gang sempit di kawasan Jakarta Timur. Rumah seluas sekitar 2.000 meter persegi itu sudah dihuni keluarga ini sejak tahun 1970.

Lokasi rumah berada di gang yang bahkan tidak bisa dilewati mobil. Gang sempit itu tak cukup dilewati mobil, hanya cukup dilewati dua motor. Di ujung gang, berdirilah sebuah rumah tua yang tak terawat. Di sanalah Henk Ngantung tinggal setelah diberhentikan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Di sini pula Henk Ngantung menghabiskan sisa usianya.

Sepeninggal Henk Ngantung, Hetty Evelyn Ngantung (75), istri mantan Gubernur DKI Jakarta, Henk Ngantung tinggal seorang diri di rumah ini. Luas tanah milik Henk Ngantung 2.440 meter persegi, sementara luas rumah sekitar 120 meter. Cukup luas untuk saat ini, tapi tahun 1960, rumah dan tanah dalam gang sempit ini harganya murah. Bandingkan dengan rata-rata mantan pejabat yang memiliki rumah tinggal di kawasan elite Menteng, Jakarta Pusat. "Saya dulu jual rumah di Tanah Abang untuk beli rumah dan tanah di sini. Tahun 1970, saya pindah ke sini," papar wanita yang akrab disapa Evelyn ini.

Evelyn menempati satu orang di ruang keluarga. Di tempat itulah dia menjalankan semua aktivitasnya, mulai dari makan, tidur, hingga menerima tamu. Ruangan lain sudah rusak tak terawat. Dapur dan ruang tamu kelihatannya sudah bertahun-tahun tidak diurus. Tak ada perabotan mewah di rumah tersebut.

Lebih jauh dia mengatakan, perekonomian keluarga makin sulit ketika Henk Ngantung meninggal dunia. Evelyn, sapaannya, harus berjuang hidup dengan dengan mengandalkan pensiunan suami Rp 830.000. "Ya zaman sekarang, uang Rp 830 ribu sulit mencukupi. Bayar listrik dan yang lain-lainnya saja tidak cukup," jelas Evelyn.

“Setelah perbaikan, kami berharap masih bisa menempati rumah ini kembali. Kalaupun kami mau menjual rumah, Pemprov mau membelinya," ungkap Ny. Henk Ngantung seusai bertemu Wagub Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (23/4/2013). (jos)

See Also

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Pendiri Matahari Group Ditemukan Meninggal Di Sungai Ciliwung
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jabar Meninggal Dunia
Perdana Menteri Jepang Bubarkan Majelis Rendah Parlemen
Press Release MESANIH Pelayanan Jasa Online Berbasis Budaya Lokal
Kodim 0721/Blora Gelar Doa Bersama 171717
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Doa Bersama 171717 Demi Keutuhan NKRI
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Rektor UMK Tegaskan Tolak Narkoba Dan Paham Radikal
Dandim 0716/Demak Tangkal Radikalisme Lewat Mujahadah
Rotasi Sejumlah Perwira Tinggi Dan Perwira Menengah Di Tubuh Polri
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Kodim 0716/Demak Kehilangan Putra Terbaik Bangsa
Julia Perez Meninggal
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Kapolri Beri Penghargaan Ke 5 Kapolres Terbaik
Pengambilan Sumpah 64 Advokat Peradin Oleh PT Banten
Marie Muhammad Berpulang
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.176.167 Since: 07.04.14 | 0.5758 sec