YouTube Facebook Twitter RSS
23 May 2019, 0

Ekonomi

Usaha Sergab Kodim 0716/Demak Di Kala HPP Lebih Rendah Dari Pasar

Friday, 16 March 2018 | View : 351

siarjustisia.com-DEMAK.

Melindungi dan meningkatkan kesejahteraan petani memang harus benar-benar dilakukan dengan baik. Petani yang sudah bekerja keras jangan dirugikan, dengan membiarkan gabah yang dipanen harganya anjlok. Pemerintah harus hadir untuk membela dan membantu petani.

Demikian yang juga diharapkan Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto dimana kegiatan serap gabah (Sergab) sebagai salah satu upaya yang dilakukan TNI AD terkait hal tersebut.

Perum Bulog menetapkan kebijakan harga pada pembelian gabah di tingkat petani sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP), sedangkan di tingkat pasar harga sudah melambung tinggi  sehingga Satgas Sergab kesulitan mendapatkan gabah dan beras.

Untuk itu pihak Kodim 0716/Demak akan terus berupaya dengan melakukan beberapa aksi semisal jemur gabah di markas Kodim sehingga nantinya bisa di serap oleh Bulog. Hal itu dilakukan untuk menjaga harga di petani tetap menguntungkan lantaran HPP gabah dianggap sudah jauh-jauh di bawah harga pasar.

Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto, mengungkapkan perubahan harga dilakukan lewat skema fleksibilitas atau pembelian beras bisa dilakukan dengan harga tak mengikuti ketentuan HPP, tapi kami akan terus berupaya baik di tingkat petani maupun di pedagang agar mau setor ke Bulog dan kami sudah bentuk tim sergab yang akan terus datang dan berkoordinasi dengan pengusaha beras serta Bulog," ungkap Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

"Fleksibilitas tersebut diberikan karena harga HPP jauh di bawah harga pasar. harusnya Bulog diberikan fleksibilitas di atas HPP, posisinya harga pasar sudah jauh di atas HPP,  nah sementara beberapa sentra produksi sudah mulai panen di Demak, kita ditugasi pemerintah untuk fleksibilitas itu," jelas Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto kepada Pendim.

Senada dengan Dandim 0716/Demak, Ketua Tim Sergab Kapten Czi Alimuddin mengharapkan agar nasib dan kesejahteraan petani diperhatikan. “Petani adalah pahlawan yang sebenar-benarnya. Karena mereka inilah penyedia pangan masyarakat. Jadi, petani itu pahlawan pangan yang harus dilindungi,” ujar Ketua Tim Sergab Kapten Czi. Alimuddin.

Dalam meningkatkan produksi padi, menurut Kapten Czi. Alimuddin, sangat tergantung dari keseriusan para petani dan juga dorongan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda). “Oleh sebab itu petani harus diapresiasi karena sejauh ini terus bekerja meningkatkan produksi padi ditingkat nasional,” kata Kapten Czi. Alimuddin. “Salah satu bentuk apresiasi itu adalah dengan serap gabah oleh Badan Urusan Logistik (Bulog),” tambahnya.

Hadir dalam rakor ini, Kasdim 0716/Demak Mayor Inf Hariyanto, Pasidim 0716/Demak, para Danramil Jajaran Kodim 0716/demak serta Tim Satgas Sergab bentukan Kodim 0716/Demak. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Bursa Asia Bervariasi
Wall Street Menguat
10 Maskapai Penerbangan Terbaik Di Dunia Tahun 2019
Boeing Tak Terima Pesanan Pesawat Sejak April 2019
Bursa Saham AS Turun
12 Pelabuhan & Bandar Udara Deklarasi Zona Integritas
Rabobank Indonesia Resmi Hengkang Dari Indonesia
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Bursa Saham AS Ditutup Turun
Bursa Saham AS Menguat
Tingkatkan Harga Yang Maksimal, Babinsa 13/Karangawen Bantu Petani Jemur Hasil Panen
Bantu Percepatan Pembangunan, Danramil 01/Demak Kota Hadiri Musrembangdes
Babinsa 09/Karangtengah Beri Motivasi Kepada Para Petambak Bandeng
Tingkatkan Motivasi Petani Swasembada Pajale, Babinsa 13/Karangawen Bantu Panen Jagung
Babinsa 01/Demak Dampingi Program Kotaku Di Desa Mulyorejo
Antisipasi Kelangkaan Dan Kestabilan Harga Pupuk, Babinsa 12/Mranggen Cek Langsung
Wall Street Menguat
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Babinsa 09/Karangtengah Dampingi Pembangunan RTLH
Bursa Asia Dan AS Menguat
Bursa Asia Ditutup Melemah Disusul Bursa Eropa Dibuka Tergerus
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.834.852 Since: 07.04.14 | 0.555 sec