YouTube Facebook Twitter RSS
23 Apr 2018, 0

Hukum

Polres Metro Jakarta Selatan Gelar Perkara Insiden Besi Rusun Timpa Warga

Tuesday, 20 March 2018 | View : 13

siarjustisia.com-JAKARTA.

Polres Metro Jakarta Selatan segera melakukan gelar perkara insiden jatuhnya besi proyek Rusun Pasar Rumput di Setiabudi, Jakarta Selatan. Gelar perkara dilakukan untuk menentukan naik-tidaknya kasus ke tingkat penyidikan.

"Rencana mau digelar perkara dulu oleh Reskrim ya," kata WaKapolres Jakarta Selatan AKBP Budi Sartono saat dimintai konfirmasi, Selasa (20/3/2018).

AKBP Budi Sartono mengatakan, belum ada penetapan tersangka dalam kasus tersebut. Menurutnya, hasil gelar perkara akan disampaikan secepatnya.

"Nanti kalau sudah ada hasil pasti kita sampaikan. Insyaallah secepatnya kalau hasil gelar sudah ada pasti disampaikan," jelas AKBP Budi Sartono.

Polisi sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) lanjutan di proyek Rusun Pasar Rumput. Polisi ingin memastikan ada-tidaknya kelalaian dalam kecelakaan besi yang menimpa warga itu.

"Hari ini akan turun kembali melakukan olah TKP lanjutan untuk mengetahui pasti besi yang menimpa korban dari mana dan apakah ada kelalaian jatuhnya besi yang menimpa korban," kata WaKapolres Metro Jaksel AKBP Budi Sartono di MaPolres Metro Jakarta Selatan, Jalan Wijaya II No.42, RT02/RW01, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2018).

Polisi akan menggali aspek keamanan dan keselamatan kerja (K3) dalam proyek Rusun Pasar Rumput terkait insiden jatuhnya besi yang menimpa warga. Pasalnya, proyek tersebut sangat dekat dengan pasar yang ramai aktivitas warga.

"Pasti semua ditanyakan dan itu pasti syarat (dalam sebuah proyek), apalagi kalau misalnya ada masalah kelalaian," kata WaKapolres Metro Jaksel AKBP Budi Sartono saat dihubungi awak media, Senin (19/3/2018).

Selain itu, Standard operational procedure (SOP) dalam pengerjaan proyek pembangunan sebuah bangunan juga akan ditanyakan oleh aparat polisi, apakah dalam proses pengerjaan proyek itu memenuhi SOP atau tidak. Polisi juga telah mengecek Standar Operasional Prosedur (SOP) keselamatan kerja dari proyek rusun tersebut.

"Masalah SOP juga pasti ditanyakan itu," imbuhnya.

Sejumlah saksi yang berada di sekitar lokasi juga telah dimintai keterangan. Lima orang saksi telah dimintai keterangan terkait kejadian itu. Polisi akan meminta keterangan lebih jauh dari pihak pengelola proyek. "Pekerja dua orang, wakil mandor satu orang sudah kita periksa. Nanti kita periksa lagi yang lain," tambah dia.

Potongan besi ukuran 3 meter jatuh dan menimpa warga, Tarminah (54 tahun) yang sedang berbelanja di Pasar Rumput, Minggu (18/3/2018) pagi kemarin. Tarminah meninggal setelah sebelumnya sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jl. Pangeran Diponegoro No.71, Salemba, Kenari, Senen, Jakarta Pusat. (det)

See Also

Mabes Polri Sebut Operasi Keselamatan Lalulintas Berhasil
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
Dokter Bimanesh Sutarjo Bantah Kesaksian Kepala IGD RS Permata Hijau
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Ketua RT Yang Telanjangi Dua Sejoli Dituntut 7 Tahun Penjara
KPK Geledah Rumah Wali Kota Malang
Peran Pelaku Skimming ATM Bank
Cara Sindikat Skimming ATM Bank Jalankan Aksinya
Pembobol Skimming ATM Bank Sudah Bobol 64 Bank Di Dunia
Polda Metro Jaya Bekuk 5 Pembobol Skimming ATM Bank
BNN Sita Sabu 51.4 Kg Dari Bandar Narkoba Di Ancol
BNN Telusuri TPPU Bandar Sabu 51,4 Kg
JD Resmi Jadi Penghuni Rutan
BNN Sergap 3 Bandar Narkoba Di Ancol
Hakim Senior Terjaring OTT Rp 30 Juta
Polres Kudus Ciduk 5 Orang Pengedar Uang Palsu
KPK Jerat Cagub Maluku Utara
KPK Periksa Isteri Bos PT. MRA
Hacker Surabaya Black Hat Telah Retas 600 Situs
Kapolri Pastikan Kapolsek Selingkuhi Isteri Bawahan Dicopot
KPU Akan Gelar Pleno Bahas Putusan Bawaslu
PBB Tunggu Sikap KPU Untuk Banding Putusan Bawaslu
PBNU Desak Presiden Joko Widodo Beri Grasi Untuk KH Nur Aziz
Kapolri Takut Pidatonya Dipelintir Dan Diviralkan
Kapolri Sebut Isu Ulama Di Medsos Ada 3 Yang Benar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 5.797.120 Since: 07.04.14 | 0.6113 sec