YouTube Facebook Twitter RSS
25 Sep 2018, 0

Nusantara

Peran Babinsa Dalam Menyambut Asa Menerangi Penglihatan Para Penderita Katarak

Monday, 26 March 2018 | View : 194

siarjustisia.com-DEMAK.

Katarak merupakan perubahan pada lensa mata yang seharusnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak tidak terjadi secara tiba-tiba dan akibat dari katarak juga beragam sesuai dengan tingkat kekeruhan. Sebagian besar katarak disebabkan proses penuaan pada usia diatas 40 tahun. Namun dapat terjadi pula pada bayi. Beberapa faktor yang lain diantaranya : perdagangan, diabetes, trauma (kecelakaan) pada mata serta kelainan bawaan (kongential), dan kurang gizi (zat anti oksidan).

Gejala yang timbul berupa penglihatan mulai kabur seperti terhalang kebut, penglihatan ganda, ukuran lensa pada kacamata cepat berubah. Penglihatan siang pun lebih kabur dibandingkan malam hari.

Dilaksanakannya operasi gratis bagi penderita katarak pada setiap tahunnya seolah tidak mengurangi penderita katarak yang mendaftar, hal tersebut menandakan banyaknya penderita katarak di Kabupaten Demak dan sekitarnya.

Pada operasi katarak hari ini Senin (26/03/2018) mulai pukul 07.00 WIB baik di Rumah Sakit (DKT) dr. Soetarto Yogyakartajalan Juwadi No.19, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam rangka kunjungan dan napak tilas rute Panglima Besar Soedirman (RPS) dan Baksos Taruna Akademi Militer TNI menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial seperti operasi katarak hingga operasi bibir sumbing, pelaksanaan operasi hingga berita ini diturunkan masih berjalan.

Di Rumah Sakit DKT dr. Soetarto Yogyakarta hari ini menyelesaikan 4 orang pasien yang berasal dari Kabupaten Demak, mereka didampingi Babinsa 09/Karangtengah Kodim 0716/Demak Serda TNI Muksin yang masing-masing berasal dari berbagai desa di Kabupaten Demak.

Warga masyarakat yang didominasi oleh para lansia sangat antusias dan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan screening dari mulai registrasi, pemeriksaan tensi dan gula darah, pemeriksaan mata hingga konsultasi dokter serta pelaksanaan operasi dan untuk penanganan lebih lanjut. Dengan sabar, Serda TNI Muksin mendampingi hingga proses operasi hingga selesai dan sampai rumah tujuan.

Purnomo (50 tahun), salah satu pasien katarak mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada TNI karena telah mengadakan operasi katarak gratis bagi warga masyarakat yang kurang mampu.

"Terimakasih kepada TNI karena operasi ini sangat membantu orang-orang seperti saya untuk dapat melihat lagi, bagi orang seperti saya tidak mungkin dapat melakukan operasi katarak dengan biaya sendiri karena biayanya yang sangat mahal untuk satu kali operasi saja. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih,” ujarnya.

Operasi katarak gratis yang dilaksanakan ini merupakan merupakan program Bakti Sosial TNI yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bertujuan menurunkan kebutaan yang diakibatkan oleh katarak di Indonesia.

Di Indonesia penderita katarak masih sangat tinggi terutama dari golongan masyarakat kurang mampu. Ketidaktahuan masyarakat bahwa katarak bisa sembuh dengan operasi dan ketiadaan biaya untuk pengobatan, membuat jumlah penderita katarak meningkat setiap tahunnya. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.636.539 Since: 07.04.14 | 0.6409 sec