YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Peran Babinsa Dalam Menyambut Asa Menerangi Penglihatan Para Penderita Katarak

Monday, 26 March 2018 | View : 141

siarjustisia.com-DEMAK.

Katarak merupakan perubahan pada lensa mata yang seharusnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak tidak terjadi secara tiba-tiba dan akibat dari katarak juga beragam sesuai dengan tingkat kekeruhan. Sebagian besar katarak disebabkan proses penuaan pada usia diatas 40 tahun. Namun dapat terjadi pula pada bayi. Beberapa faktor yang lain diantaranya : perdagangan, diabetes, trauma (kecelakaan) pada mata serta kelainan bawaan (kongential), dan kurang gizi (zat anti oksidan).

Gejala yang timbul berupa penglihatan mulai kabur seperti terhalang kebut, penglihatan ganda, ukuran lensa pada kacamata cepat berubah. Penglihatan siang pun lebih kabur dibandingkan malam hari.

Dilaksanakannya operasi gratis bagi penderita katarak pada setiap tahunnya seolah tidak mengurangi penderita katarak yang mendaftar, hal tersebut menandakan banyaknya penderita katarak di Kabupaten Demak dan sekitarnya.

Pada operasi katarak hari ini Senin (26/03/2018) mulai pukul 07.00 WIB baik di Rumah Sakit (DKT) dr. Soetarto Yogyakartajalan Juwadi No.19, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam rangka kunjungan dan napak tilas rute Panglima Besar Soedirman (RPS) dan Baksos Taruna Akademi Militer TNI menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial seperti operasi katarak hingga operasi bibir sumbing, pelaksanaan operasi hingga berita ini diturunkan masih berjalan.

Di Rumah Sakit DKT dr. Soetarto Yogyakarta hari ini menyelesaikan 4 orang pasien yang berasal dari Kabupaten Demak, mereka didampingi Babinsa 09/Karangtengah Kodim 0716/Demak Serda TNI Muksin yang masing-masing berasal dari berbagai desa di Kabupaten Demak.

Warga masyarakat yang didominasi oleh para lansia sangat antusias dan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan screening dari mulai registrasi, pemeriksaan tensi dan gula darah, pemeriksaan mata hingga konsultasi dokter serta pelaksanaan operasi dan untuk penanganan lebih lanjut. Dengan sabar, Serda TNI Muksin mendampingi hingga proses operasi hingga selesai dan sampai rumah tujuan.

Purnomo (50 tahun), salah satu pasien katarak mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada TNI karena telah mengadakan operasi katarak gratis bagi warga masyarakat yang kurang mampu.

"Terimakasih kepada TNI karena operasi ini sangat membantu orang-orang seperti saya untuk dapat melihat lagi, bagi orang seperti saya tidak mungkin dapat melakukan operasi katarak dengan biaya sendiri karena biayanya yang sangat mahal untuk satu kali operasi saja. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih,” ujarnya.

Operasi katarak gratis yang dilaksanakan ini merupakan merupakan program Bakti Sosial TNI yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bertujuan menurunkan kebutaan yang diakibatkan oleh katarak di Indonesia.

Di Indonesia penderita katarak masih sangat tinggi terutama dari golongan masyarakat kurang mampu. Ketidaktahuan masyarakat bahwa katarak bisa sembuh dengan operasi dan ketiadaan biaya untuk pengobatan, membuat jumlah penderita katarak meningkat setiap tahunnya. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.174.193 Since: 07.04.14 | 0.6153 sec