YouTube Facebook Twitter RSS
17 Feb 2019, 0

Ekonomi

Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat

Monday, 21 May 2018 | View : 158

siarjustisia.com-DEMAK.

Pengembangan sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena selain berperan sebagai sumber penghasil devisa yang besar, juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Untuk itu Balai Diklat Pertanian Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Pelatihan Alat Mesin Pertanian (Rice Transplanter, Crown Indojarwo, dan Crown Planter) alat tanam jagung dan kedelai bagi Babinsa dalam rangka Upsus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai bertempat di Balai Diklat Pertanian Semarang Jl. Raya Tambangan Kecamatan Mijen Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Senin (21/5/2018).

Di zaman serba modern Petani tidak mau ketinggalan jaman dengan itu jajaran Babinsa Kodim 0716/Demak turut mengikuti pelatihan Rice Transplanter, Crown Indojarwo, dan Crown Planter (alat tanam padi, jagung, dan kedelai) untuk memperlancar Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Perwakilan PT. Rutan Dwi Nugroho dari Jakarta selaku pemberi materi menyampaikan bahwa moderenisasi alat pertanian khususnya kepada para petani padi yang ada di wilayah satuan Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah Jawa Tengah belum sepenuhnya dapat mengoperasionalkan alat tersebut. "Untuk memberikan pengetahuan dan cara menggunakan alat transplanter tersebut, untuk itu kami memberikan pelatihan kepada para Babinsa dan Kelompok Petani, sebagian besar petani belum dapat mengoperasionalkan alat tersebut karena belum tahu cara penggunaanya," kata Dwi Nugroho.

"Kami memberikan pelatihan dan memberikan wawasan atau pengetahuan bagaimana cara untuk menggunakan alat pertanian padi, jagung, dan kedelai ini atau transplanter, para Babinsa kami memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada kelompok tani yang ada di jajaran Kabupaten di Jawa Tengah. Kegiatan ini sengaja dilakukan agar para petani yang ada di Jawa Tengah dapat menggunakan atau bisa mengoperasikan alat tanam padi ini, sehingga kedepannya akan membuat usaha padi menjadi lebih efisien, produktifitas meningkat, dan berujung pada kesejahteraan para petani. Karena Transplanter merupakan alat penanam bibit dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam sehingga penanaman padi akan semakin cepat dan bagus," ujar Dwi Nugroho.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari PT. Rutan Bapak Dwi Nugroho Jakarta, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang diwakili Bati Wanwil Serka TNI Suratman, Perwakilan peserta Babinsa dari Kodim Wonosobo, Kodim Temanggung, Kodim Salatiga, Kodim Kendal, Kodim Demak, Kodim Pati, Kodim Rembang, Kodim Blora, dan Kodim Purwodadi serta perwakilan Kelompok Tani dari Pati dan Rembang.

Sementara itu, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang diwakili Bati Wanwil Serka TNI Suratman berharap, kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Kodam IV/Diponegoro bersama Penyuluh dalam Diklat semacam ini dapat terus dikembangkan dan diperluas, bukan hanya untuk komoditi swasembada padi, jagung, dan kedelai, namun termasuk komoditi lain sesuai konteks wilayah Jawa Tengah. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Tingkatkan Harga Yang Maksimal, Babinsa 13/Karangawen Bantu Petani Jemur Hasil Panen
Bantu Percepatan Pembangunan, Danramil 01/Demak Kota Hadiri Musrembangdes
Babinsa 09/Karangtengah Beri Motivasi Kepada Para Petambak Bandeng
Tingkatkan Motivasi Petani Swasembada Pajale, Babinsa 13/Karangawen Bantu Panen Jagung
Babinsa 01/Demak Dampingi Program Kotaku Di Desa Mulyorejo
Antisipasi Kelangkaan Dan Kestabilan Harga Pupuk, Babinsa 12/Mranggen Cek Langsung
Wall Street Menguat
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Babinsa 09/Karangtengah Dampingi Pembangunan RTLH
Bursa Asia Dan AS Menguat
Bursa Asia Ditutup Melemah Disusul Bursa Eropa Dibuka Tergerus
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Babinsa 06/Wedung Lakukan Pemantauan Penyemaian Bibit Tanam Padi
Babinsa 09/Karangtengah Pastikan Harga Sembako Di Pasar Masih Relatif Stabil
Percepat Masa Tanam, Babinsa 09/Karangtengah Giat Dampingi Petani
Babinsa 05/Mijen Tunjukkan Peran Aktif Babinsa Terhadap Swasembada Pangan
Tak Kenal Lelah, Babinsa Koramil 07/Gajah Bantu Petani Siangi Rumput
Ciptakan Hubungan Yang Harmonis, Babinsa 01/Rembang Terjun Langsung Ke Lahan Pertanian
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Memotivasi Petani Dalam Menggarap Sawah
Babinsa 12/Mranggen Ikuti Sosialisasi Budidaya Sapi Potong
Babinsa 01/Demak Kota Bantu Percepatan Pertumbuhan Padi
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.404.369 Since: 07.04.14 | 0.6461 sec