YouTube Facebook Twitter RSS
22 Jul 2018, 0

Nusantara

Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan

Thursday, 21 June 2018 | View : 76

siarjustisia.com-PARAPAT.

Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam dalam pelayaran dari Simanindo, Samosir, menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (18/6/2018) sore. Kapal kayu itu diduga mengangkut lebih dari 200 penumpang plus puluhan sepeda motor sebelum terbalik dan tenggelam.

Ada kejanggalan yang ditemukan polisi terkait tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (18/6/2018) sore.

Nahkoda kapal itu ternyata berada di darat saat musibah terjadi. "Ada yang aneh dalam pengungkapan kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun ini. Nama nahkoda tidak ditemukan dalam daftar korban selamat maupun yang hilang. Dia berada di darat," beber Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan kepada wartawan, Rabu (20/6/2018).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan menegaskan, nahkoda Kapal Motor (KM) Sinar Bangun sudah diamankan atas kasus kapal tenggelam yang banyak merenggut korban jiwa tersebut.

"Saya tidak bisa menyampaikan keberadaan nakhoda kapal tersebut. Bila diberitahukan justru bisa menimbulkan amukan massa," ujar Kapolres Simalungun di Pelabuhan Tigaras di Parapat, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (20/6/2018).

Mantan Dit Samapta Polda Metro Jaya ini mengatakan, sudah tiga penumpang yang ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa, satu di antaranya ditemukan di hari pertama saat musibah kapal itu tenggelam dan dua jenazah lagi ditemukan tim gabungan dalam pencarian hari ini.

"Nahkoda kapal ini diamankan karena kita menilai sesuatu yang aneh, sebab dalam daftar korban yang hilang maupun selamat, justru namanya tidak ditemukan. Setelah dicari informasi ternyata berada di darat dan kita amankan," papar Perwira Menengah kelahiran Pematangsiantar tahun 1973 tersebut.

Namun, Kapolres tidak menjelaskan lebih rinci identitas nakhoda kapal yang dengan sengaja memasukkan penumpang dalam jumlah sebanyak-banyaknya itu demi mendapatkan keuntungan besar.

Setelah ditelusuri, nahkoda berinisial TS, warga Desa Simarmata, Simanindo, Samosir, Sumut ternyata tidak mengemudikan kapalnya. Dia meminjamkan angkutan air itu kepada orang lain.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari sejumlah perwira kepolisian, nahkoda kapal KM Sinar Bangun itu bernama Tua Sagala. Identitas nakhoda itu juga dibenarkan oleh warga yang bertetanggaan dengan nahkoda kapal itu di Simanindo, Kabupaten Samosir.

Namun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan enggan membeberkan di mana TS saat ini diamankan. Dia beralasan hal itu untuk menjaga keamanan yang bersangkutan, sekaligus untuk memudahkan pemeriksaan.

"Kami tidak bisa memberitahukan keberadaannya. Kalau kami beritahukan, bisa saja terjadi amuk massa," ucap mantan Kapolsek Kelapa Gading itu.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1997 ini pun belum bersedia membeberkan identitas orang yang benar-benar mengemudikan KM Sinar Bangun saat musibah terjadi. Dia pun tidak mau merinci apakah yang bersangkutan termasuk korban selamat atau masih dinyatakan hilang.

Mantan Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Kalimantan Timur ini mengatakan, ada unsur kelalaian yang membuat polisi turun melakukan investigasi atas musibah kapal tenggelam tersebut. Pertama, sesuai sertifikasi Kapal Motor (KM) Sinar Bangun dengan berat 17gross ton yang hanya mampu menampung 40 penumpang.

"Kemudian, untuk spesifikasi kapal sesuai sertifikat memiliki panjang 17 meter, lebar 4 meter dan tingginya 1,5 meter. Fakta yang ditemukan justru tidak sesuai karena tinggi kapal mencapai 3 lantai. Kendaraan bermotor yang diangkut ada 60 unit," jelas mantan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) ini.

Menurutnya, kapal itu juga tidak dilengkapi jaket penyelamat, perahu karet, maupun sekoci. Investigasi ini masih terus dilakukan. Alumnus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Angkatan 41 ini menyatakan polisi berkoordinasi dengan KNKT masih melakukan penyelidikan kasus tenggelamnya KM Sinar Bangun. Namun, fokus saat ini masih pencarian para korban. Untuk saat ini kita juga fokus melakukan pencarian korban yang hilang di perairan Danau Toba. "Selanjutnya, kami melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal," pungkas mantan Komandan Kapal Tipe A di Direktorat Kepolisian Perairan Babinkam Mabes Polri, AKBP Marudut Liberty Panjaitan.

Pihak Polda Sumut menegaskan, jumlah yang ditemukan baru 21 orang.

"Yang sudah ditemukan 21 orang, 18 orang selamat dan 3 orang meninggal dunia," ungkap AKBP Mangantar Pardamean Nainggolan, Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Bidang Humas Polda Sumut sekitar pukul 22.13 WIB. (mer/sp)

See Also

Kodim 0716/Demak Gelar Rakor Dalam Rangka Pecahkan MURI Tari Gemu Famire
Atraksi Kolone Senapan TNI Polri Demak Yang Memukau
Polres Demak Gelar Upacara Di HUT Bhayangkara Ke-72
Forkopimda Demak Larut Dalam Goyang Nasi Padang Di HUT Ke-72 Bhayangkara
Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak Berlangsung Meriah
Bupati Demak Cek Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak
Wujud Sinergitas Dan Soliditas Kedua Abdi Negara Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Kapolri Ajak Nobar Film 22 Menit
TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2018 Kodim 0716/Demak Resmi Dibuka
Awali Pengecoran, Kapolres Demak Dukung TMMD Di Desa Kebonsari
Warga Desa Kebonsari Girang Lantaran Dijadikan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II
Luar Biasa Antusias Warga Kebonsari Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Ada Kebanggaan Tersendiri Bagi Ibu-Ibu Dalam TMMD Di Demak
TMMD Sengkuyung Tahap II 2018 Kodim 0716/Demak Hadirkan Pemerataan Pembangunan
Babinsa Kodim 0716/Demak Ikuti Sosialisasi Pendampingan Ber-KB
Eratkan Sinergitas, Danramil Hadiri Halal Bihalal
Satgas TMMD Sky II Dan Rakyat Guyub Rukun Tanpa Ada Batas
Kokohnya Kebersamaan TNI Dan Polri Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Pemenang Pilgub Jabar
Hibah Joint Curriculum Tingkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi
Tadarus Puisi Di Balai Budaya Rejosari
Pasi Log Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Kirab Pemuda Nasional
Dandim 0716/Demak Bersama LBB Dan Petani Ruwit Sarapan Bareng Di Sawah
Fakultas Teknik UMK Raih Hibah PPK
Dandim 0716/Demak Pimpin Korp Raport Dan Sertijab Danramil Di Jajaran Kodim 0716/Demak
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.307.105 Since: 07.04.14 | 0.6504 sec