YouTube Facebook Twitter RSS
23 Aug 2019, 0

Ekonomi

Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot

Thursday, 21 June 2018 | View : 183

siarjustisia.com-DEMAK.

Hasil penanaman bibit yang dilakukan Kodim 0716/Demak di Demplot Padi Sawah yang bekerjasama dengan petani Desa Kuwu menuai hasil. Demplot padi/sawah percontohan ini yang berada di Desa Kuwu Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto  dengan bangga melakukan panen raya di demplot padi seluas 2 hektare (ha), Kamis (21/06/2018).

Tampak hadir dalam kegiatan, Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto, beserta Perwira Staf dan Danramil di jajaran Kodim 0716/Demak dengan didampingi Tim dari Anak Tani Lumbung, para Kades dan Gapoktan Desa Kuwu serta puluhan petani saat menggelar panen raya yang dilakukan selesai merayakan Lebaran Idul Fitri tahun 2018 ini.

Dalam kesempatan itu Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan,  bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, mendapatkan hasil yang optimal.

TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal. 

Luas lahan 2 hektare (ha) ini menjadi lahan uji coba, percontohan bibit padi berkualitas, dia berharap, nantinya bisa dijadikan acuan bagi petani setempat dalam menanam tanaman padi.

Alasan dipilihnya bibit tanaman padi jenis L-58 Cantik Aromatik dan Ciherang karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bibit tanaman padi lain.

Untuk bibit L-58 Cantik Aromatik, sudah terbukti memiliki batang yang lebih kokoh, anakan yang banyak serta tahan terhadap serangan hama dan bulir padi lebih banyak. Keunggulan lainnya, beras dari bibit L-58 tersebut lebih pulen dan wangi dibandingkan bibit lainnya.

TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan, hingga panen. "Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Dempet Kabupaten Demak," ungkapnya.

Di samping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan mewujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia. Penanaman demplot padi sawah wilayah Kodim 0716/Demak membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud.

Menurut Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto,  tugas tambahan yang diemban prajurit TNI, bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan, seperti diamanahkan Presiden Bapak Ir. Joko Widodo," ujarnya. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Bursa Asia Di Zona Positif
Bursa Asia Berguguran
The Fed Siap Buyback Jika China Lepas Obligasi AS
TNI Ajak Warga Untuk Beternak Sapi
TNI Dorong Warga Sasaran TMMD Budidaya Blewah
Dipelopori TNI, Penghijauan Di Desa Sasaran TMMD Menggeliat
TNI Kodim 0716/Demak Juga Benahi Saluran Irigasi Di Desa TMMD
Camilan Khas Kalikondang Kenangan Bagi Satgas TMMD
Penjual Blewah Juga Meraup Rejeki Di TMMD Kalikondang
Satgas TMMD Beri Kursus Fotografi Kepada Warga
Berbagi Ilmu Tanaman Di Lokasi TMMD Kalikondang
Pelangsiran Anyaman Besi Hantarkan Kesejahteraan Warga
Jepang Hapus Daftar Putih Negara Korea Selatan Tujuan Ekspor
Harga Emas Melemah
Harga Minyak Anjlok
Bursa Asia Dan Eropa Menguat
Harga Emas Terpangkas
Wall Street Melemah
Bursa Asia Ditutup Tergerus
Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Bervariasi
Bursa Asia Bervariasi
Wall Street Menguat
10 Maskapai Penerbangan Terbaik Di Dunia Tahun 2019
Boeing Tak Terima Pesanan Pesawat Sejak April 2019
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.284.104 Since: 07.04.14 | 1.0957 sec