YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2018, 0

Olahraga

Indonesia Borong Empat Gelar Dari Vietnam Open

siarjustisia.com-HO CHI MINH CITY.

Indonesia menyapu hampir semua gelar pada kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam Grand Prix (GP) Open 2014 (Vietnam Terbuka) yang berlangsung di Stadion Phan Dinh Phung, Tan Binh Sports Center, Ho Chi Minh City, Vietnam, Minggu (7/9/2014) sore waktu setempat.

Enam wakil Indonesia di babak final turnamen Vietnam Grand Prix Open 2014 sukses membabat gelar di nomor ganda campuran, tunggal putra, ganda putri, dan ganda putra. Empat gelar berhasil diboyong pemain-pemain bulu tangkis Indonesia di ajang Vietnam Terbuka Grand Prix 2014.

Sebelumnya, Indonesia menjadi negara yang paling sukses di Stadion Phan Dinh Phung, Tan Binh Sports Center. Setidaknya formasi 1, 2, 3 dan 4 berhasil didapatkan oleh wakil-wakil Indonesia dan membuat Indonesia menjadi negara yang paling banyak meloloskan wakilnya ke babak semifinal.

Satu satunya nomer dimana Indonesia kehilangan potensi untuk meraih podium juara adalah di nomer tunggal putri. Satu-satunya gelar yang lepas dari Indonesia adalah tunggal putri yang jatuh ke tangan Jepang karena terjadi final sesama wakil Jepang. "Indonesia berhasil memboyong empat dari lima gelar yang dipertandingkan di Vietnam Open Grand Prix 2014. Ini adalah prestasi yang membanggakan. Saya harap pencapaian ini menjadi penyemangat untuk semua atlet yang akan bertanding di kandang sendiri di ajang Indonesian Masters GP Gold di Palembang dan Asian Games 2014," ungkap Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI.

Indonesia akhirnya menempatkan empat wakilnya di final turnamen Vietnam Grand Prix Open 2014. Bahkan dua di antaranya terjadi All Indonesian Final. Bahkan, Indonesia memastikan meraih dua gelar juara pada kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam GP Open setelah terjadi "All Indonesian Final" pada nomor ganda campuran dan ganda putri. Indonesia berhasil mewujudkan All-Indonesian Final pada nomor ganda campuran dan ganda putri. Pada nomor ganda campuran pasangan unggulan pertama Muhammad Rijal/Vita Marissa akan menghadapi unggulan kedua Irfan Fadhillah/Weni Anggraini. Kemudian, pada nomor ganda putri pasangan Gebby Ristiyani Imawan/Ni Ketut Mahadewi Istirani akan menghadapi Mareta Dea Geovani/Rosyita Eka Putri Sari.

Indonesia juga berpeluang menambah gelar pada kejuaraan bulu tangkis berhadiah total US$ 50 ribu mengingat tunggal putra Dionysius Hayom Rumbaka juga melangkah ke babak final, kemudian ganda putra pasangan Andrei Adistia/Hendra Aprida Gunawan juga melaju ke partai puncak.

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia dipastikan membawa dua gelar tambahan dari turnamen Vietnam Grand Prix Open 2014 dari nomor ganda putri dan ganda putra Minggu (7/9/2014) sore waktu setempat.

Sementara itu, di nomor ganda campuran sudah pasti juaranya milik Indonesia. Di babak puncak akan bertemu pasangan Muhammad Rijal/Vita Marrissa dengan unggulan kedua Irfan Fadhillah/Weni Anggraini.

Kedua pasangan melaju ke final setelah mengalahkan lawannya masing-masing yang juga berasal dari Indonesia. Muhammad Rijal/Vita Marissa menekuk Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani dengan 21-11, dan 21-18. Sedangkan Irfan Fadhillah/Weni Anggraini mengkandaskan perlawanan Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati 21-19, dan 21-19.

Di nomor ganda campuran, pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Vita Marissa yang jadi unggulan pertama berhasil keluar sebagai juara setelah mengkandaskan harapan impian pasangan ganda campuran rekan senegara sendiri, Irfan Fadhillah/Weni Anggraini dalam dua game langsung dengan skor 21-18 dan 21-10.

Pada nomor ganda campuran, pasangan Muhammad Rijal/Vita Marissa yang menempati unggulan pertama melangkah ke babak final setelah menghentikan perlawanan rekannya Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani 21-11, 12-18 pada laga semifinal.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda campuran asal Indonesia, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani menundukkan pasangan asal Singapura, Yong Kai Terry Hee/Wei Han Tan dengan skor 21-16 dan 21-15.

Pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda campuran unggulan 1 dari Indonesia, Muhammad Rijal/Vita Marissa menyingkirkan rekan senegaranya, unggulan ke-8, Yonathan Suryatama Dasuki/Aprilsasi Putri Lejarsar Variella dengan skor telak 21-9 dan 21-13.

Sedangkan Irfan Fadhillah/Weni Anggraini menyingkirkan seniornya Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati 21-19, 21-19 dalam duel semifinal.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda campuran unggulan ke-2 dari Indonesia, Irfan Fadhillah/Weni Anggraini akhirnya dengan susah payah berhasil menghentikan perlawanan unggulan ke-6 asal Malaysia, Fai Yin Wong/Mei Kuan Chow rubber game skor 21-16, 15-21, dan 21-12.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda campuran Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati berhasil menaklukkan unggulan ke-4 rekan senegaranya, Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika rubber game dengan skor 15-21, 21-19, dan 21-15.

Keberhasilan pasangan senior Muhammad Rijal/Vita Marissa disusul Dionysius Hayom Rumbaka. Gelar kedua tim Merah-Putih dipersembahkan oleh tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka sukses menjuarai Vietnam Grand Prix Open 2014 setelah di final usai memetik kemenangan atas wakil India, unggulan kelima pebulu tangkis muda Prannoy Haseena Sunil (HS), dengan skor akhir 18-21, 21-15, 21-18.

Gelar Indonesia dipastikan bisa bertambah lewat nomor ganda putri setelah terjadi All Indonesia Final yang baru akan dihelat usai pertandingan ini. Dengan kemanangan ini Indonesia dipastikan membawa pulang empat gelar dari Vietnam. Dua gelar sebelumnya disumbangkan oleh Muhammad Rijal/Vita Marissa dari ganda campuran dan Dionysius Hayom Rumbaka di tunggal putra.

Kemudian, pada nomor ganda putri juga terjadi All Indonesian Final. Di nomor ganda putri, dua pasangan pelatnas saling berhadapan di final. Pasangan ganda putri Gebby Ristiyani Imawan/Mahadewi Istirani Ni Ketut bertemu Geovani Mareta Dea/Rosyita Eka Putri Sari.

Pasangan Gebby Ristiyani Imawan/Ni Ketut Mahadewi Istarani melenggang ke final setelah memenangi duel melawan pasangan Hsin Chiang Kai/Han Hung Shih dari Taiwan dengan dua game langsung 21-13 dan 21-17.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda putri asal Indonesia, Gebby Ristiyani Imawan/Mahadewi Istirani Ni Ketut mengalahkan pasangan Malaysia, Yee See Cheah/Yea Ching Goh straight set dengan skor 21-14, 21-16.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda putri asal Chinese Taipei (Taiwan), Kai Hsin Chiang/Shih Han Hung secara alot menundukkan pasangan Thailand, Pacharapun Chochuwong/Chanisa Teachavorasinskun rubber game dengan skor 21-13, 17-21, dan 21-15.

Sementara itu, di semifinal, pasangan Geovani Mareta Dea/Rosyita Eka Putri Sari yang akan menjadi lawan Gebby Ristiyani Imawan/Ni Ketut Mahadewi Istarani melangkah ke partai puncak setelah melibas pasangan tuan rumah Vietnam Nguyen Thi Sen/Trang Vu Thi dengan dua game langsung 21-19 dan 21-14.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda putri tuan rumah Vietnam, Thi Sen Nguyen/Thi Trang Vu secara mengejutkan berhasil menundukkan unggulan ke-3 asal Indonesia, Dian Fitriani/Nadya Melati straight set dengan skor 21-17 dan 21-17.

Pasangan Rosyita Eka Putri Sari/Maretha Dea Giovani memenangi laga melawan sesama pasangan pelatnas Cipayung Gebby Ristiyani Imawan/Ni Ketut Mahadewi Istarani. Di final nomor ganda putri yang dihelat di Stadion Phan Dinh Phung, Ho Chi Minh City, pasangan Geovani Mareta Dea/Rosyita Eka Putri Sari mampu menekuk sesama pasangan dari Indonesia Gebby Ristiyani Imawan/Mahadewi Istriani Ni Ketut dengan skor 21-19, 15-21, dan 21-10 dalam tempo 55 menit.

Sebelumnya, pada babak perempat final turnamen bulutangkis Yonex Sunrise Vietnam Open Grand Prix Gold 2014, pasangan ganda putri dari Indonesia, Geovani Mareta Dea/Rosyita Eka Putri Sari menaklukkan pasangan Singapura, Wei Han Tan/Dellis Yuliana dengan skor 21-17 dan 21-19.

Tak hanya pasangan ganda putri yang meraih gelar juara, pasangan ganda putra juga turut menyumbangkan trophy bagi Indonesia di ajang Badminton Vietnam Open Grand Prix 2014. Sementara itu, pasangan ganda putra, Andrei Adistia dan Hendra Aprida Gunawan berhasil menjadi kampiun di ajang Vietnam Open Grand Prix 2014. Pada laga terakhir tersebut, di nomor ganda putra, di final ganda putra, pasangan Andrei Adistia/Hendra Aprida Gunawan harus bermain hingga tiga set sebelum membukukan gelar keempat untuk Indonesia usai menghentikan perlawanan pasangan Jepang Kenta Kazuno/Kazushi Yamada dengan skor 15-21, 23-21, 21-17 dalam waktu 53 menit.

Kemenangan ini membuat Indonesia berhasil merajai turnamen berhadiah US$ 50.000 dengan memboyong empat gelar sekaligus. (jos)

See Also

Hempaskan UEA 1-0, Indonesia U-19 Melaju Ke Perempat Final
Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.971.368 Since: 07.04.14 | 0.6443 sec