YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2019, 0

Nusantara

Partai Gerindra Sebut Lembaga Survei Tak Diperlukan Dalam Pemilukada Melalui DPRD

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akhirnya angkat bicara mengenai keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ keluar dari partai tersebut. Ancaman Basuki Tjahaja Purnama itu dipicu wacana Pemilukada melalui DPRD.

Partai Gerindra menyatakan kebebasan berpendapat tiap kadernya. Hal itu disampaikan Anggota Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (RUU Pemilukada) dari Fraksi Partai Gerindra yang juga Wasekjen Gerindra Rindoko Dahono Wingit, S.H., M.Hum. menyikapi pernyataan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mengancam keluar dari Partai Gerindra.

“Itu hak dia mau masuk dan keluar di Gerindra. Kita kan dukung Ahok jadi DKI 2 (Wakil Gubernur),” tegas Wasekjen Gerindra Rindoko Dahono Wingit, S.H., M.Hum. di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga kader Gerindra itu dipicu sikap partainya yang memilih Pemilukada melalui DPRD. "Jangan enggak cocok lalu pindah partai. Ahok itu sahabat saya. Di awal-awal Gerindra yang usung Ahok jadi DKI 2 lalu naik jadi DKI 1,” tandas Rindoko Dahono Wingit di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Rindoko Dahono Wingit mengatakan harapan Partai Gerindra agar Basuki Tjahaja Purnama memperjuangkan kepentingan rakyat. Anggota Komisi II DPR RI itu juga melihat Basuki Tjahaja Purnama cukup sukses dalam memimpin Ibu Kota. Menurut Rindoko Dahono Wingit, internal Partai Gerindra sangat demokratis terhadap perbedaan pendapat. Tetapi tidak perlu keluar dari partai. "Kalau begitu. Ini kekanak-kanakkan, kalau perbedaan di parlemen itu dinamika,” pungkas anggota Komisi II DPR RI itu.

Rindoko Dahono Wingit mengatakan pihaknya tidak memberikan sanksi kepada Basuki Tjahaja Purnama terkait pernyataannya. Sebab, berbeda pendapat merupakan hal yang wajar. Namun perlu diingat Basuki Tjahaja Purnama, tambah Rindoko Dahono Wingit, bahwa keputusan mengenai RUU Pemilukada berada di DPR RI. “Cukup bagus berbeda pendapat tapi ada batasannya. Saya mengimbau Ahok tetap di Gerindra,” tuturnya.

Rindoko Dahono Wingit mengungkapkan bahwa sikap Partai Gerindra memilih Pemilukada lewat DPRD sudah melalui pembahasan di internal partai. "Ini kan kita lihat latar belakangnya pileg dan pilpres se-Indonesia, nanti 5 sampai 10 tahun bisa juga pilkada langsung,” papar Rindoko Dahono Wingit.

Anggota Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (RUU Pemilukada) dari Fraksi Partai Gerindra Rindoko Dahono Wingit menyatakan, ada banyak keuntungan dengan digelarnya pemilukada melalui DPRD.

Rindoko Dahono Wingit menyebutkan situasi dan kondisi pemerintahan depan memerlukan biaya dan dana yang tidak sedikit. Sehingga penghematan Pemilukada diperlukan. "Dengan Pemilukada lewat parlemen dapat dihemat Rp 60 triliun,” terangnya.

Selain efektif dan menghemat anggaran, pemilukada melalui DPRD juga dianggapnya tak akan diganggu kehadiran lembaga survei yang sering menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

"Tidak diperlukan lagi lembaga survei yang selama ini memengaruhi, seolah-olah menjadi lembaga tandingan KPU dan menentukan siapa yang menang," papar Rindoko Dahono Wingit di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Rindoko Dahono Wingit menjelaskan, dalam pengamatannya, kehadiran lembaga survei sering kali membuat suasana semakin keruh. Lembaga survei mengeluarkan hasil survei yang berbeda, tetapi mengklaim paling akurat sehingga publik bingung dengan kondisi sebenarnya.

"Bukan berarti kita tidak suka lembaga survei, tapi sudah jadi rahasia bersama, kita bisa pesan survei, yang menang bisa kalah, yang kalah bisa dimenangkan," ujarnya.

Rindoko Dahono Wingit menegaskan, Partai Gerindra tetap konsisten dengan pilihannya mendukung pemilukada (Gubernur, Bupati, dan Wali Kota) melalui DPRD.

Partai Gerindra juga ia sebut mendukung usulan itu setelah melakukan evaluasi dan banyaknya energi yang tersedot dari penyelenggaraan pemilukada secara langsung. (kom/jos)

See Also

Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
Piket Koramil 13/Karangawen Aktif Patroli Malam Bersama Polsek Guna Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif
Dandim 0716/Demak Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019
Bermodal Tekad, Babinsa 02/Bonang Ajak Generasi Muda Binaannya Untuk Gemar Membaca
Babinsa 12/Mranggen Berikan Himbauan Kepada Siswa Yang Kedapatan Bolos Saat Jam Pelajaran
Melalui Jam Komandan, Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas TNI Dalam Pemilu
Gotong Royong Babinsa 12/Mranggen Dan Masyarakat Atasi Banjir Di Banyumeneng
Jumlah Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Capai 437 Orang
Dampingi Kegiatan Posyandu, Wujud Nyata Kepedulian Babinsa 11/Sayung Terhadap Kesehatan Masyarakat
Babinsa 12/Mranggen Bersama Warga Laksanakan Karya Bhakti Peninggian Tanggul
Babinsa 02/Bonang Kunjungi TK Di Desa Binaannya
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek
Jalan Gubeng Surabaya Ambles
Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.247.906 Since: 07.04.14 | 0.6789 sec