YouTube Facebook Twitter RSS
27 Mar 2019, 0

Nusantara

Partai Gerindra Sebut Lembaga Survei Tak Diperlukan Dalam Pemilukada Melalui DPRD

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akhirnya angkat bicara mengenai keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ keluar dari partai tersebut. Ancaman Basuki Tjahaja Purnama itu dipicu wacana Pemilukada melalui DPRD.

Partai Gerindra menyatakan kebebasan berpendapat tiap kadernya. Hal itu disampaikan Anggota Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (RUU Pemilukada) dari Fraksi Partai Gerindra yang juga Wasekjen Gerindra Rindoko Dahono Wingit, S.H., M.Hum. menyikapi pernyataan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mengancam keluar dari Partai Gerindra.

“Itu hak dia mau masuk dan keluar di Gerindra. Kita kan dukung Ahok jadi DKI 2 (Wakil Gubernur),” tegas Wasekjen Gerindra Rindoko Dahono Wingit, S.H., M.Hum. di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga kader Gerindra itu dipicu sikap partainya yang memilih Pemilukada melalui DPRD. "Jangan enggak cocok lalu pindah partai. Ahok itu sahabat saya. Di awal-awal Gerindra yang usung Ahok jadi DKI 2 lalu naik jadi DKI 1,” tandas Rindoko Dahono Wingit di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Rindoko Dahono Wingit mengatakan harapan Partai Gerindra agar Basuki Tjahaja Purnama memperjuangkan kepentingan rakyat. Anggota Komisi II DPR RI itu juga melihat Basuki Tjahaja Purnama cukup sukses dalam memimpin Ibu Kota. Menurut Rindoko Dahono Wingit, internal Partai Gerindra sangat demokratis terhadap perbedaan pendapat. Tetapi tidak perlu keluar dari partai. "Kalau begitu. Ini kekanak-kanakkan, kalau perbedaan di parlemen itu dinamika,” pungkas anggota Komisi II DPR RI itu.

Rindoko Dahono Wingit mengatakan pihaknya tidak memberikan sanksi kepada Basuki Tjahaja Purnama terkait pernyataannya. Sebab, berbeda pendapat merupakan hal yang wajar. Namun perlu diingat Basuki Tjahaja Purnama, tambah Rindoko Dahono Wingit, bahwa keputusan mengenai RUU Pemilukada berada di DPR RI. “Cukup bagus berbeda pendapat tapi ada batasannya. Saya mengimbau Ahok tetap di Gerindra,” tuturnya.

Rindoko Dahono Wingit mengungkapkan bahwa sikap Partai Gerindra memilih Pemilukada lewat DPRD sudah melalui pembahasan di internal partai. "Ini kan kita lihat latar belakangnya pileg dan pilpres se-Indonesia, nanti 5 sampai 10 tahun bisa juga pilkada langsung,” papar Rindoko Dahono Wingit.

Anggota Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (RUU Pemilukada) dari Fraksi Partai Gerindra Rindoko Dahono Wingit menyatakan, ada banyak keuntungan dengan digelarnya pemilukada melalui DPRD.

Rindoko Dahono Wingit menyebutkan situasi dan kondisi pemerintahan depan memerlukan biaya dan dana yang tidak sedikit. Sehingga penghematan Pemilukada diperlukan. "Dengan Pemilukada lewat parlemen dapat dihemat Rp 60 triliun,” terangnya.

Selain efektif dan menghemat anggaran, pemilukada melalui DPRD juga dianggapnya tak akan diganggu kehadiran lembaga survei yang sering menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

"Tidak diperlukan lagi lembaga survei yang selama ini memengaruhi, seolah-olah menjadi lembaga tandingan KPU dan menentukan siapa yang menang," papar Rindoko Dahono Wingit di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Rindoko Dahono Wingit menjelaskan, dalam pengamatannya, kehadiran lembaga survei sering kali membuat suasana semakin keruh. Lembaga survei mengeluarkan hasil survei yang berbeda, tetapi mengklaim paling akurat sehingga publik bingung dengan kondisi sebenarnya.

"Bukan berarti kita tidak suka lembaga survei, tapi sudah jadi rahasia bersama, kita bisa pesan survei, yang menang bisa kalah, yang kalah bisa dimenangkan," ujarnya.

Rindoko Dahono Wingit menegaskan, Partai Gerindra tetap konsisten dengan pilihannya mendukung pemilukada (Gubernur, Bupati, dan Wali Kota) melalui DPRD.

Partai Gerindra juga ia sebut mendukung usulan itu setelah melakukan evaluasi dan banyaknya energi yang tersedot dari penyelenggaraan pemilukada secara langsung. (kom/jos)

See Also

Peringati Harlah Ke-96 NU, MA NU TBS Gelar Upacara Dan Istighasah
Bupati Demak Resmi Buka TMMD Sengkuyung I TA 2019
SMP Kanisius Kudus Bermain Besama Di Ruang Baca Pengilon
Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.580.272 Since: 07.04.14 | 0.9102 sec