YouTube Facebook Twitter RSS
21 Jul 2018, 0

Nusantara

Fakultas Teknik UMK Raih Hibah PPK

Thursday, 05 July 2018 | View : 14

siarjustisia.com-KUDUS.

Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) berhasil mendapatkan hibah Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) tahun 2018-2020 dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), yang bertujuanmenghasilkan wirausahawan-wirausahawan baru dari kampus, melalui program terintegrasi dengan kreasi metode yang diserahkan sepenuhnya kepada perguruan tinggi.

PPK diwujudkan dengan melakukan pembinaan kepada tenant melalui pelatihan manajemen usaha dan sejumlah kegiatan kreatif lain, untuk menghasilkan wirausaha baru yang mandiri berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Karenanya,tenant harus meningkatkan keterampilan dalam menghasilkan produk di Program Studi (Prodi) masing-masing.

Ketua PPK UMK, Endang Supriyati, M.Kom., menjelaskan, melalui program tersebut, setiap tahun wajib membina 20 orang calon wirausahawan dan menghasilkan lima wirausaha baru di bidang Iptek.

‘’Melalui PPK FT UMK, kami bertekad mencetak technopreneurship untuk mencetak  wirausahawan di bidang teknologi informasi (IT entrepreneurship),’’ terang dosen pada Prodi Teknik Informatika FT UMK tersebut. 

Didampingi dua anggota PPK FT UMK, Mohammad Iqbal, M.T. dan Tutik Khotimah, M.Kom., Endang Supriyati mengatakan,perguruan tinggi memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan startup-startup baru di bidang teknologi informasi.

Masalah yang sering terjadi, ungkapnya, adalah sulitnya mencari ide usaha IT yang kreatif, inovatif dan menjanjikan secara finansial, apalagi umumnya hanya dipahami bahwa usaha yang dijalankan bergerak di bidang IT atau digital business.

‘’Akan tetapi tidak dipahami, bahwa ada beberapa jenis digital business”. Dan salah satu kunci sukses menjalankan bisnis adalah mengetahui dengan jelas jenis dan bidang usaha bisnis yang ditekuni. Maka, bagi startup, sangat penting mengetahui jenis bisnis digitalnya untuk lebih mengembangkang usahanya,’’ tegasnya.

Mohammad Iqbal menambahkan, PPK yang dialankannya bersama tim memiliki empat tahap, yaitu review, pengembangan inovasi, coaching dan mentoring, serta workshop dan evaluasi. ‘’Tahap review digunakan untuk mengidentifikasi dan menerjemahkan peluang bisnis untuk mempertajam ide usaha IT,’’ ujarnya.

Selanjutnya tahap pengembangan inovasi. Pada fase ini tenant harus mampu mengusulkan ide usaha baru, dengan cara menggabungkan beberapa komponen yaitu komponen IT, jenis digital bussines, dan klasifikasi industri sebagai usaha kreatif di bidang IT.

‘’Di tahap ini, juga dilakukan perjalanan lapangan ke pusat-pusat inkubasi dan fasilitas prototype, termasuk memunculkankesadaran atas peranan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam pengembagan teknologi dan bisnis,’’ paparnya.

Selanjutnya tahap mentoring dan coaching. Pada fase ini dilakukan perencanaan manajemen perangkat lunak. Tenant akan menentukan tujuan dan target bisnis, bertanggung jawab atas keberlangsungan bisnisnya, serta membangun danmengimplementasikan usaha yang dijalankan.

‘’Terakhir adalah workshop dan evaluasi. Workshop dilakukan  untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam pengambilan keputusan, keahlian berkomunikasi, keterampilan interpersonal, dan merealisasikan bisnis mereka. Sedang evaluasi dilakukan antara lain untuk mengetahui laba dan tingkat pertumbuhan usaha,’’ tuturnya.

See Also

Kodim 0716/Demak Gelar Rakor Dalam Rangka Pecahkan MURI Tari Gemu Famire
Atraksi Kolone Senapan TNI Polri Demak Yang Memukau
Polres Demak Gelar Upacara Di HUT Bhayangkara Ke-72
Forkopimda Demak Larut Dalam Goyang Nasi Padang Di HUT Ke-72 Bhayangkara
Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak Berlangsung Meriah
Bupati Demak Cek Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0716/Demak
Wujud Sinergitas Dan Soliditas Kedua Abdi Negara Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Kapolri Ajak Nobar Film 22 Menit
TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2018 Kodim 0716/Demak Resmi Dibuka
Awali Pengecoran, Kapolres Demak Dukung TMMD Di Desa Kebonsari
Warga Desa Kebonsari Girang Lantaran Dijadikan Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II
Luar Biasa Antusias Warga Kebonsari Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
Ada Kebanggaan Tersendiri Bagi Ibu-Ibu Dalam TMMD Di Demak
TMMD Sengkuyung Tahap II 2018 Kodim 0716/Demak Hadirkan Pemerataan Pembangunan
Babinsa Kodim 0716/Demak Ikuti Sosialisasi Pendampingan Ber-KB
Eratkan Sinergitas, Danramil Hadiri Halal Bihalal
Satgas TMMD Sky II Dan Rakyat Guyub Rukun Tanpa Ada Batas
Kokohnya Kebersamaan TNI Dan Polri Dalam TMMD Sengkuyung Tahap II
KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Pemenang Pilgub Jabar
Hibah Joint Curriculum Tingkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi
Tadarus Puisi Di Balai Budaya Rejosari
Pasi Log Kodim 0716/Demak Hadiri Rakor Kirab Pemuda Nasional
Dandim 0716/Demak Bersama LBB Dan Petani Ruwit Sarapan Bareng Di Sawah
Dandim 0716/Demak Pimpin Korp Raport Dan Sertijab Danramil Di Jajaran Kodim 0716/Demak
Saling Bersinergi, Babinsa 05/Mijen Bantu Anggota Polsek Mijen Pindahan Rumah
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.305.114 Since: 07.04.14 | 0.658 sec