YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Nusantara

Fakultas Teknik UMK Raih Hibah PPK

Thursday, 05 July 2018 | View : 38

siarjustisia.com-KUDUS.

Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) berhasil mendapatkan hibah Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) tahun 2018-2020 dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), yang bertujuanmenghasilkan wirausahawan-wirausahawan baru dari kampus, melalui program terintegrasi dengan kreasi metode yang diserahkan sepenuhnya kepada perguruan tinggi.

PPK diwujudkan dengan melakukan pembinaan kepada tenant melalui pelatihan manajemen usaha dan sejumlah kegiatan kreatif lain, untuk menghasilkan wirausaha baru yang mandiri berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Karenanya,tenant harus meningkatkan keterampilan dalam menghasilkan produk di Program Studi (Prodi) masing-masing.

Ketua PPK UMK, Endang Supriyati, M.Kom., menjelaskan, melalui program tersebut, setiap tahun wajib membina 20 orang calon wirausahawan dan menghasilkan lima wirausaha baru di bidang Iptek.

‘’Melalui PPK FT UMK, kami bertekad mencetak technopreneurship untuk mencetak  wirausahawan di bidang teknologi informasi (IT entrepreneurship),’’ terang dosen pada Prodi Teknik Informatika FT UMK tersebut. 

Didampingi dua anggota PPK FT UMK, Mohammad Iqbal, M.T. dan Tutik Khotimah, M.Kom., Endang Supriyati mengatakan,perguruan tinggi memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan startup-startup baru di bidang teknologi informasi.

Masalah yang sering terjadi, ungkapnya, adalah sulitnya mencari ide usaha IT yang kreatif, inovatif dan menjanjikan secara finansial, apalagi umumnya hanya dipahami bahwa usaha yang dijalankan bergerak di bidang IT atau digital business.

‘’Akan tetapi tidak dipahami, bahwa ada beberapa jenis digital business”. Dan salah satu kunci sukses menjalankan bisnis adalah mengetahui dengan jelas jenis dan bidang usaha bisnis yang ditekuni. Maka, bagi startup, sangat penting mengetahui jenis bisnis digitalnya untuk lebih mengembangkang usahanya,’’ tegasnya.

Mohammad Iqbal menambahkan, PPK yang dialankannya bersama tim memiliki empat tahap, yaitu review, pengembangan inovasi, coaching dan mentoring, serta workshop dan evaluasi. ‘’Tahap review digunakan untuk mengidentifikasi dan menerjemahkan peluang bisnis untuk mempertajam ide usaha IT,’’ ujarnya.

Selanjutnya tahap pengembangan inovasi. Pada fase ini tenant harus mampu mengusulkan ide usaha baru, dengan cara menggabungkan beberapa komponen yaitu komponen IT, jenis digital bussines, dan klasifikasi industri sebagai usaha kreatif di bidang IT.

‘’Di tahap ini, juga dilakukan perjalanan lapangan ke pusat-pusat inkubasi dan fasilitas prototype, termasuk memunculkankesadaran atas peranan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam pengembagan teknologi dan bisnis,’’ paparnya.

Selanjutnya tahap mentoring dan coaching. Pada fase ini dilakukan perencanaan manajemen perangkat lunak. Tenant akan menentukan tujuan dan target bisnis, bertanggung jawab atas keberlangsungan bisnisnya, serta membangun danmengimplementasikan usaha yang dijalankan.

‘’Terakhir adalah workshop dan evaluasi. Workshop dilakukan  untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam pengambilan keputusan, keahlian berkomunikasi, keterampilan interpersonal, dan merealisasikan bisnis mereka. Sedang evaluasi dilakukan antara lain untuk mengetahui laba dan tingkat pertumbuhan usaha,’’ tuturnya.

See Also

Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
Danramil 09/Karangtengah Sebagai Pembina Upacara Pembukaan Jambore
Danramil 11/Sayung Berikan Materi Wasbang Dan Bela Negara Kepada Anggota Banser
Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.613.866 Since: 07.04.14 | 0.6266 sec