YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2018, 0

Nusantara

Fadli Zon Ingatkan Ahok Kalau Melawan Harus Berada Di Luar Partai

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akhirnya angkat bicara mengenai keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ keluar dari partai tersebut. Ancaman Basuki Tjahaja Purnama itu dipicu wacana Pemilukada melalui DPRD.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, S.S., M.Sc. angkat bicara terkait pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Fadli Zon mengingatkan, Basuki Tjahaja Purnama masih tercatat sebagai kader partai dan menduduki jabatan sebagai Ketua DPP Bidang Politik Partai Gerindra.

"Ahok adalah pengurus partai. Dan sebagai pengurus, tentunya harus mengikuti keputusan partai. Gerindra mendukung kepala daerah dipilih DPRD, maka kebijakan itu harus didukung oleh semua pengurus partai,” ungkap Fadli Zon, Selasa (9/9/2014).

Fadli Zon kemudian mempertegas, Partai Gerindra  mendukung usul kepala daerah  dipilih DPRD dengan  alasan jelas, salah satunya adalah pemilukada langsung dianggap lebih banyak mudaratnya.

“Dari catatan yang ada, kurang lebih 330 kepala daerah terkena korupsi, karena biaya tinggi, belum lagi konflik. Contoh, konflik di Papua, kantor DPRD dibakar,” terang Fadli Zon.

“Selain biaya, waktu, dan lain eksesnya. Bahkan bisa menimbulkan, mereka yang terpilih hanya menganggap, partapol hanya kendaraan sewa. Ada kader jadi kemudian menjadi kutu loncat, karena parpol dianggap perahu saja, pindah-pindah partai dan tidak setia dengan partai pengusungnya," katanya lagi.

Padahal, Fadli Zon melanjutkan setiap partai politik memperjuangkan ideologi, gagasan dan sebagainya.

Fadli Zon kembali mengingatkan kepada Basuki Tjahaja Purnama. Dan rencananya, Partai Gerindra akan memanggil Basuki Tjahaja Purnama untuk mengklarifikasi terkait pernyatannya.  “Karena kalau sudah tidak sejalan lagi, ya dia harus memilih. Mau tunduk sama partai atau di luar partai. Kita akan panggil Ahok, karena parpol bukan LSM, bukan ormas, ada mekenisme dan ada AD/ART," tandas Fadli Zon.

"Berbeda pandangan boleh tapi kalau sudah melawan, harus berada di luar partai. Kita akan klarifikasi kepada Ahok," tegasnya lagi.

Sebagai informasi, usulan pemilihan kepala daerah melalui DPRD tengah dibahas oleh Panja Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pemilukada) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Keputusan akhir Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada, rencananya digelar pada 23 September. Selanjutnya, pada 25 September, RUU Pilkada bakal dibawa ke sidang paripurna untuk mendapat persetujuan DPR RI.

Sementara itu, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Johan mengatakan, pemilihan kepala daerah (pemilukada) langsung oleh masyarakat menimbulkan banyak persoalan. Menurut dia, pemerintahan menjadi tidak efektif karena kurang koordinasi antara Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Agar ada koordinasi, Kemendagri merancang RUU Pemilukada yang sedang digodok bersama Komisi II DPR RI. "Mau efektivitas yang kami pentingkan untuk kesejahteraan rakyat atau demokrasi, tetapi efektivitasnya tidak ada? Makanya, pemerintah mengusulkan review aturan. Bupati dan Wali Kota pemilihan langsung itu ongkosnya mahal," pungkas Djohermansyah Johan. (tri/jos)

See Also

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI
Batuud Koramil 13/Karangawen Hadiri Mujahadah Al Aurodul Jamiah Di Desa Bumirejo
Babinsa 09/Karangtengah Pererat Sinergitas Dengan Perangkat Desa
Kepedulian Babinsa 12/Mranggen Terhadap Generasi Penerus Bangsa
Ratusan Saka Wira Kartika Dikukuhkan Dandim 0716/Demak
Bupati Demak Buka Secara Resmi Apel Akbar Pengukuhan Saka Wira Kartika
Babinsa 05/Mijen Ajak Warga Binaannya Laksanakan Jumat Bersih
Babinsa 06/Wedung Ajak Para Santri Untuk Berdisiplin Dan Berjiwa Nasionalisme
Sasaran Non Fisik TMMD Tingkatkan Rasa Nasionalisme
Tim Kopaska AL Temukan Benda Diduga Mesin Lion Air JT 610
Danramil 07/Gajah Sambangi Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air JT 610
Kegiatan Rutin Apel Pagi Kodim 0716/Demak Dilanjutkan Pemeliharaan Pangkalan
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Sertijab Danramil 02/Bonang
Babinsa Kodim 0716/Demak Peringati Hari Sumpah Pemuda Berikan Wawasan Kebangsaan
Presiden Joko Widodo Resmi Gratiskan Tarif Tol Suramadu
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.971.327 Since: 07.04.14 | 0.6526 sec