YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2018, 0

Olahraga

Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final

Sunday, 08 July 2018 | View : 61

siarjustisia.com-SOCHI.

Vatreni atau The Blazers julukan bagi negara Balkan di Eropa bagian Tenggara, timnas Kroasia berhasil mengkandaskan harapan Rusia melalui adu penalti di Olympisky, Fisht Olympic Stadium, Sochi Olympic Park, Mount Fisht, Krasnodarskiy kray, Sochi, Rusia, pada Sabtu (7/7/2018) atau Minggu (8/7/2018) dini hari WIB untuk lolos ke Semi Final Piala Dunia 2018, setelah pertandingan berakhir 2-2 setelah perpanjangan waktu.

Kroasia akhirnya berhasil menyingkirkan ruan rumah Rusia dan melaju ke Semi Final Piala Dunia 2018 setelah menang adu penalti 4-3 dalam laga di Olympisky, Fisht Olympic Stadium, Sochi Olympic Park, Mount Fisht, Krasnodarskiy kray, Sochi, Rusia pada Sabtu (7/7/2018) atau Minggu (8/7/2018) dini hari WIB. Laga perempat final ini harus diakhiri dengan adu penalti setelah dalam 90 menit dan babak tambahan skor imbang 2-2.

Rusia sempat memimpin melalui aksi Denis Cheryshev namun dibalas oleh Andrej Kramaric. Skor 1-1 ini bertahan hingga laga 90 menit usai. Pada babak tambahan, Kroasia mampu mencetak gol melalui aksi Domagoj Vida. Namun Rusia berhasil menyamakan skor pada menit ke-115 lewat sundulan Mario Fernandes. Dan membuat laga harus diselesaikan dengan adu penalti.

Dalam adu penalti, dua penendang Rusia gagal mencetak gol. Sementara di kubu Kroasia hanya satu yang tak mampu melaksanakan tugasnya sebagai algojo. 

Kiper Kroasia menjadi sosok penting lolosnya Kroasia ke semifinal. Penjaga gawang Monaco ini beberapa kali mementahkan peluang Rusia. Saat adu penalti, dia pun berhasil memblok tembakan Fedor Smolov. 

Pelatih Rusia Stanilav Cherchesov mengusung formasi 4-2-3-1 dalam laga keenam mereka di Piala Dunia 2018 ini. Dia menempatkan Artem Dzyuba sebagai ujung tombak. Dia didukung trio Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin, serta Denis Cheryshev.

Sementara di kubu Kroasia, pelatih Zlatko Dalic juga memasang formasi serupa dengan tuan rumah. Mantan pelatih Al Ain ini menunjuk Mario Mandzukic sebagai pendobrak barisan pertahanan lawan. Penyerang Juventus ini akan dibantu tiga pemain di belakangnya yakni Ivan Perisic, Andrej Kramaric, dan Ante Rebic.

Rusia memiliki peluang saat laga baru berjalan dua menit. Memanfaatkan umpan Artem Dzyuba, Denis Cheryshev melepaskan tendangan dari sisi kanan kotak penalti namun melenceng ke sisi kiri. Tiga menit kemudian, tendangan Dzyuba dari sisi kanan kotak penalti juga diblok.

Sementara Kroasia sempat dua kali mengancam gawang Rusia melalui Ante Rebic dan Mandzukic. Sundulan Rebic melambung di atas mistar sementara tendangan Mandzukic melenceng ke sisi gawang.

Rusia sempat memimpin lewat gol yang dilesakkan Denis Cheryshev pada menit ke-31. Gol berawal dari serangan balik yang dilakukan Cheryshev.

Pemain Villarreal ini membawa bola dari tengah lapangan. Dia kemudian mengoper bola kepada Artem Dzyuba yang kemudian memberikan bola kembali kepadanya. Setelah sebentar mengontrol bola, Cheryshev melepaskan tendangan kaki kiri yang menembus gawang Kroasia.

Namun keunggulan Rusia hanya bertahan delapan menit. Andrej Kramaric membawa Kroasia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-39.

Gol berawal dari aksi Mario Mandzukic yang mendapat bola tengah lapangan. Dia kemudian membawa bola dari sisi kiri dan melepaskan umpan ke mulut gawang. Kramaric menyambut dengan sundulan dan menjebol gawang Rusia yang dijaga Igor Akinfeev.

Memasuki babak kedua, kedua tim tetap bermain dengan tempo seperti babak pertama. Kroasia nyaris mencetak gol yang membawa mereka unggul pada menit ke-60.

Ivan Perisic yang tak terkawal mendapat kesempatan melepaskan tendangan ke gawang dari dalam kota penalti. Namun dia sungguh tak beruntung karena bola membentur pojok kanan bawah tiang gawang lalu bergulir ke sisi kiri gawang.

Meski kalah dalam penguasaan bola, Rusia tetap mampu melakukan tekanan ke gawang Rusia. Pada menit ke-72, memanfaatkan umpan Mario Fernandez, Aleksandr Erokhin berhasil melepaskan sundulan yang mengancam gawang Kroasia. Namun bola hasil tandukannya melayang ke atas gawang.

Kedua tim berupaya mencetak gol yang bisa membawa mereka meraih kemenangan dalam waktu tersisa. Namun hingga 90 menit, skor tetap 1-1 sehingga harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Memasuki babak tambahan, beberapa pemain Kroasia mengalami masalah ketahanan fisik. Kiper Subasic sempat mendapat perawatan saat jeda menjelang dimulainya babak tambahan lantaran masalah hamstring kanan.

Bek kanan Sime Vrsaljko tak bisa melanjutkan aksinya lantaran mengalami masalah lutut. Dia kemudian ditarik keluar dan digantikan Vedran Corluka 96. Striker Mario Mandzukic sempat tak mampu bergerak akibat cedera. Namun dia tetap memaksakan diri melanjutkan laga.

Namun di tengah kondisi yang tak menguntungkan ini, Kroasia justru mampu mencetak gol yang mengubah skor menjadi 2-1. Gol dicetak melalui tandukan oleh Domagoj Vida. Gol yang membuat Kroasia unggul diesakkan bek tengah Domagoj Vida pada menit ke-100.

Bek tengah klub Besiktas ini menjebol gawang setelah menanduk umpan dari sepak pojok yang dikirim Luka Modric. Tandukannya tak bisa diantisipasi kiper Rusia, Igor Akinfeev.

Rusia sebenarnya memiliki peluang menyamakan kedudukan pada menit ke-111. Namun kiper Subasic kembali menunjukkan ketangguhannya di bawah mistar dengan meredam tendangan Daler Kuzyaev.

Namun Rusia ternyata tak menyerah. Upaya mereka menyamakan skor benar-benar terwujud. Rusia kembali menghidupkan harapan mereka untuk melaju ke semifinal melalui gol gol yang dilesakkan Mario Fernandes pada menit ke-115.

Pemain tengah Rusia berdarah Brasil ini berhasil menjebol gawang Kroasia setelah menanduk umpan Alan Dzagoev dari tendangan bebas. Hingga babak tambahan waktu usai skor tetap bertahan 2-2 dan harus diakhiri dengan adu penalti.

Dalam adu penalti, empat algojo Kroasia yakni Mario Brozovic, Luka Modric, Domagoj Vida, dan Ivan Rakitic sukses melakukan tugasnya. Hanya satu pemain yakni Mateo Kovacic yang gagal. Sementara di kubu Rusia, dua penendangnya yakni Fedor Smolov dan Mario Fernandez gagal. 

Saat Rakitic yang menjadi penendang kelima sukses menaklukkan kiper Akinfeev, pendukung Kroasia pun berpesta. Sementara publik Rusia terdiam. Kroasia pun berhasil memlaju ke Semi Final.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengakui tidak mudah buat timnya bisa menaklukkan Rusia yang sedang berada di level tertinggi di perempat final Piala Dunia 2018.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada (pelatih Rusia) Stanislav Cherchesov dan tim Rusia pada pertandingan seperti itu. Mereka memiliki gaya mereka sendiri. Rusia mencetak gol yang sangat indah. Mereka bertempur, mereka bertindak sebagai satu tim. Mereka memiliki pendukung yang luar biasa. Mereka adalah tim dengan level tertinggi. Tidak ada tim yang bisa mencapai perempat final," kata Dalic usai pertandingan.

Dia mengibaratkan pertandingan tersebut sebagai "pertarungan".

"Terima kasih kepada para pemain Rusia, yang berjuang sampai akhir. Mungkin, itu bukan permainan yang paling indah. Itu adalah pertarungan untuk semifinal, dan kami beruntung. Saya fokus pada pertandingan, tetapi saya tidak bisa menelan air mata saya setelah adu penalti," lanjutnya.

Gelandang Rusia Alexander Samedov mengumumkan pensiun membela tim nasional Rusia setelah kalah dari Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2018. Langkah tuan rumah terhenti usai kekalahan dalam adu penalti 3-4. 

"Saya telah memutuskan bahwa sudah waktunya bagi saya untuk pergi. Ini adalah pertandingan terakhir saya untuk tim nasional," kata pemain berusia 33 tahun itu.

Samedov mengungkapkan perasaannya campur aduk setelah kekalahan.

"Saya sedikit kecewa, tetapi kami menunjukkan bahwa penggemar dapat bangga dengan tim kami, karena kami memainkan sepakbola yang baik. Sayang sekali berakhir seperti ini," katanya.

"Sulit bagi saya untuk memberikan komentar, saya kecewa, karena kami selangkah lagi dari semifinal."

Samedov terpilih untuk Tim Rusia pada 2011 dan sudah bermain di 53 pertandingan dengan mencetak tujuh gol.

Wakil Perdana Menteri Rusia Vitaly Mutko mengungkapkan kekecewaan atas terhentinya langkah Timnas Rusia di Piala Dunia 2018. Tuan rumah Rusia harus tersingkir di babak perempat final usai dikalahkan Kroasia 3-4 dalam adu penalti.

Meski kecewa, Muto tetap bangga dengan perjuangan yang sudah diperlihatkan para pemain. Apalagi pencapaian sampai ke perempat final, menjadi yang terbaik dicapai Rusia di Piala Dunia sejak pecahnya Uni Sovyet.

“Saya sangat kecewa dengan hasilnya, tetapi di sisi lain sangat bangga dengan para pemain yang sudah berjuang sampai akhir. Ini adalah babak gugur melawan tim kuat di dunia. Kami mampu mengimbangi mereka dan adu penalti adalah masalah keberuntungan,” tutur Mutko.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain dan selamat kepada tim yang luar biasa.”

Dia juga berterima kasih kepada semua penggemar Rusia atas dukungan sepanjang turnamen. Menurutnya, semua semua orang kini dapat melihat bahwa Rusia memiliki tim nasional.

Pada semifinal tanggal 11 Juli nanti, tim yang lolos dari laga perempat final ini akan ditantang Inggris di Stadion Luzhniki/Luzhniki Stadium, ul. Luzhniki 24, Moskow, Rusia. Inggris lolos ke babak empat besar setelah menundukkan Swedia 2-0. Kemenangan ini mengantar Kroasia melaju ke empat besar untuk berhadapan dengan Inggris yang dalam sebelumnya menundukkan Swedia, 2-0. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Inggris di Stadion Luzhinki/Luzhniki Stadium, ul. Luzhniki 24, Moskow, Rusia, pada Rabu (11/7/2018) di Semi Final. Laga Semi Final antara Kroasia melawan Inggris akan digelar di Stadion Luzhniki/Luzhniki Stadium, ul. Luzhniki 24, Moskow, Rusia, pada 11 Juli mendatang.

Susunan Pemain:

Kroasia (4-2-3-1):

23-Danijel Subasic, 2-Sime Vrsaljko/5-Vedran Corluka menit ke-96, 6-Dejan Lovren, 21-Domagoj Vida, 3-Ivan Strinic/22-Josip Pivaric menit ke-74, 7-Ivan Rakitic, 10-Luka Modric, 18-Ante Rebic, 9-Andrej Kramaric/8-Mateo Kovacic menit ke-88, 4-Ivan Perisic/11-Marcelo Brozovic menit ke-63, 17-Mario Mandzukic

Pelatih: Zlatko Dalic

Rusia (4-2-3-1):

1-Igor Akinfeev, 13-Fyodor Kudryashov, 4-Sergei Ignashevich, 3-Ilya Kutepov, 2-Mario Fernandes, 7-Daler Kuzyayev, 11-Roman Zobnin, 6-Denis Cheryshev/10-Fedor Smolov menit ke-67, 17-Aleksandr Golovin/9-Alan Dzagoev menit ke-102, 19-Aleksandr Samedov/21-Aleksandr Erokhin menit ke-54, 22-Artem Dzyuba

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Wasit: Sandro Meira Ricci (Brazil)

See Also

Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
Jepang Lolos Ke Babak 16 Besar Karena Minim Kartu
Kosta Rika Tahan Imbang Swiss 2-2
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.613.153 Since: 07.04.14 | 0.6218 sec