YouTube Facebook Twitter RSS
22 Sep 2018, 0

Internasional

Eks Navy Seal Tewas Dalam Evakuasi Tim Sepak Bola Dari Gua Thailan

Wednesday, 11 July 2018 | View : 118
Tags : Thailand

siarjustisia.com-BANGKOK.

Empat dari 12 bocah anggota tim sepak bola Thailand berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam goa Tham Luang sejak 23 Juni lalu. Operasi penyelamatan pada Minggu (8/7/2018) malam yang dramatis tersebut melibatkan 13 penyelam asing serta lima anggota tim elit Navy Seal Thailand atau setara dengan Komando Pasukan Katak.

Dikutip dari Straits Times, proses evakuasi dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat. 18 penyelam langsung memasuki goa. Sepanjang malam, regu penyelamat bisa mengevakuasi empat anak. Juru bicara regu mengatakan bahwa kendalanya adalah waktu dan air sehingga belum semua anak serta satu pelatih sepak bola bisa diselamatkan secara bersamaan.

Pada pukul 21.00, empat anak tersebut sudah berada di permukaan dan langsung dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis. Sebelumnya, proses penyelamatan sempat dihentikan sebab tim penyelam harus mengisi ulang tank dengan oksigen. Evakuasi dilanjutkan pada Senin (9/7/2018). Namun, hingga saat ini belum ada pernyataan apapun dari otoritas Thailand.

Narongsak Osottanakorn, Gubernur Provinsi Chiang Rai di mana goa tersebut berlokasi, mengatakan kepada BBC bahwa regu evakuasi tak punya banyak waktu untuk menyelamatkan mereka. Alasan utamanya adalah curah hujan yang besar dalam beberapa hari mendatang, termasuk seperti yang diprediksikan terjadi pada Senin (9/7/2018) malam.

Sejauh ini, proses tersebut dirasa sangat melelahkan khususnya secara fisik. Pasalnya, anggota tim tak hanya harus menyelam, tapi juga berjalan, memanjat serta menuruni goa yang gelap hanya dengan bantuan tali sebagai pembimbing mereka.

Pemerintah Thailand sendiri menyadari bahwa perhatian internasional tertuju kepada insiden ini dan bagaimana evakuasi berjalan. Operasi lanjutan dijadwalkan pada 07.00 hingga 17.00 waktu setempat dan diharapkan segera berakhir sebelum cuaca semakin menyulitkan mereka.

Usaha penyelamatan terhadap 12 remaja tim sepakbola Thailand dan pelatihnya sudah selesai, dengan semua mereka selamat dalam operasi selama tiga hari.

Namun dalam kejadian ini ada satu orang korban yaitu Saman Gunan (ada juga yang menulis Kunan) mantan penyelam di tim elit angkatan laut Thailand yang tewas dalam usahanya mengirim tanki oksigen ke dalam gua. Rumitnya proses evakuasi sempat memakan korban dari regu penyelamat. Seorang anggota Navy Seal Thailand, Saman Kunan, tewas karena kehabisan oksigen ketika akan kembali ke permukaan pada Jumat (6/7/2018) dini hari. 

Saman Gunan (38 tahun) sekarang akan diingat oleh keluarga maupun banyak orang lain di seluruh dunia sebagai pahlawan.

Pria yang sebelumnya membantu sebagai relawan ini masuk ke dalam gua hari Kamis (5/7/2018) malam minggu lalu membawa tiga tanki oksigen.

Dia berhasil menyelesaikan tugasnya, namun dalam perjalanan keluar kehilangan kesadaran. "Tugasnya mengirimkan tank oksigen. Ia tak memiliki cukup oksigen dalam perjalanannya kembali ke atas," kata pejabat Chiang Rai, seperti dikutip dari The Guardian.

Rekannya berusaha melakukan bantuan pernapasan buatan, namun tidak berhasil menyelamatkannya.

Saman Gunan adalah salah satu dari 80 anggota tim penyelam Angkatan Laut Thailand yang dikenal dengan nama Thai Navy SEAL yang ikut dalam operasi penyelamatan. Saman Gunan adalah mantan anggota tim penyelam angkatan laut Thailand, Navy SEAL. "Kami tidak akan membuat dia menjadi korban yang terlupakan begitu saja," tandas Komandan SEAL Arpakorn Yookongkaew. (thestraitstimes/theguardian/bbc)

See Also

Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
3 Kapal Perang Jepang Bersandar Di Pelabuhan Tanjung Priok
NASA Klaim Planet Proxima Centauri B Bisa Dihuni
Harun Yahya Tuduh Penangkapan Dirinya Konspirasi Inggris
Harun Yahya Ditangkap Kepolisian Turki
Pelaku Penembakan Brutal Staf Capital Gazette Ditangkap
Penembakan Staf Koran Capital Gazette
Seorang Ayah Tendang Dan Tinju Anak Sendiri Ditangkap
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Inggris Permudah Pengajuan Visa Bagi Pelajar Indonesia
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
PM Malaysia Mahathir Mohamad Umumkan Gaji Menteri Dipangkas 10 Persen
Suriah Berhasil Usir ISIS
Satgas Malaysia Akan Selidiki Skandal Mega Korupsi 1MDB
Malaysia Ringkus 7 Anggota Terduga Jaringan IS
Sekolah Di Ghouta Timur Dihantam Rudal
Pasar Di Suriah Dihantam Roket
Arab Saudi Dan Inggris Tandatangani Kesepakatan Pembelian Jet Tempur
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Presiden Suriah Tegaskan Serangan Di Ghouta Timur Akan Terus Berlanjut
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.624.046 Since: 07.04.14 | 0.6037 sec