YouTube Facebook Twitter RSS
17 Jul 2019, 0

Nusantara

Kemendagri Sebut Pengunduran Diri Ahok Tak Pengaruhi Jabatannya

siarjustisia.com-JAKARTA.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A. menegaskan pengunduran diri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ dari partai pengusungnya tidak berpengaruh pada sisa jabatannya sebagai kepala daerah.

"Dia habis masa jabatan 2017, jadi masih ada tiga tahun lagi. Tidak ada pengaruh di jabatannya sebagai Wakil Gubernur kalau dia mundur dari partai,” terang pengajar, birokrat, dan pakar otonomi daerah Indonesia, Djohermansyah Djohan di Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Namun, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri sejak tahun 2010 ini menambahkan, hal tersebut dapat berpengaruh pada proses kenaikan jabatannya sebagai Gubernur definitif DKI Jakarta, menggantikan Gubernur DKI Jakarta Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ terpilih sebagai Presiden RI terpilih periode 2014-2019.  "Ada catatan kecil menyangkut paripurna DPRD. Itu yang harus kita lihat perkembangannya, apakah akan ada proses pengganjalan dari partai koalisi Merah Putih," jelas Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu.

Bentuk pengganjalan tersebut, sambung dia, bisa saja menyangkut ketidakhadiran anggota DPRD DKI Jakarta sehingga tidak kuorum untuk menggelar paripurna persetujuan pengangkatan mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur definitif.

Basuki Tjahaja Purnama, sebagai Wakil Gubernur, akan bertugas menjalankan tugas Gubernur ketika Joko Widodo alias Jokowi mengundurkan diri untuk menjadi Kepala Negara RI.

Status Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur definitif dapat dilakukan jika DPRD DKI Jakarta sepakat mengusulkannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

Sementara itu, Wakil Sekjen DPP Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Abdul Harris Bobihoe ketika ditemui secara terpisah mengatakan keputusan DPRD DKI dalam menaikkan status Basuki Tjahaja Purnama tersebut menjadi kewenangan anggota dewan.

Meskipun demikian, Abdul Harris Bobihoe menandaskan partainya tidak akan menghalang-halangi keinginan Basuki Tjahaja Purnama untuk mundur dari keanggotaan dan kepengurusan Partai Gerindra.

Bahkan, Partai Gerindra telah menyiapkan beberapa nama untuk diajukan ke DPRD DKI Jakarta sebagai wakil Gubernur menggantikan Basuki Tjahaja Purnama jika nanti menjadi Gubernur definitif. “Kami sudah siapkan beberapa nama, karena wakil Gubernur (DKI) itu masih menjadi jatah Gerindra, salah satunya ada Pak (Mohammad) Taufik (Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta),” pungkas Abdul Harris Bobihoe. (ant/jos)

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.097.545 Since: 07.04.14 | 0.5701 sec