YouTube Facebook Twitter RSS
18 Oct 2018, 0

Olahraga

Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata

Thursday, 19 July 2018 | View : 40

siarjustisia.com-DEMAK.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tiba di lapangan Desa Kebon Agung Demak dan langsung disambut oleh Dandim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto dan Kapolres  Demak AKBP Maesa Soegriwo, S.I.K. beserta warga Desa Kebon Agung yang datang berduyun-duyun untuk melihat langsung Ibu Puan Maharani.

Rangkaian Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018 di Indonesia secara resmi ditandai dengan pengambilan Api Abadi Mrapen, Grobogan. Pengambilan Api Abadi ini dilakukan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

"Atas nama semangat dan keyakinan kita semua sebagai satu bangsa yang besar, dengan mengucapkan “Bismillahirrohmannirrohim” saya melepas Api Abadi Mrapen untuk mengikuti prosesi penyatuan Api Torch Relay Asian Games XVIII 2018 di Candi Prambanan. Selamat jalan, tetap berhati hati, dan sampai jumpa” ujar Menko PMK, Puan Maharani.

Lanjut Menko PMK, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan tentu saja sukses pembukaan dan penutupan Asian Games XVIII menjadi sangat penting karena akan ada 5 milyar mata yang akan melihat event Asian Games dari seluruh dunia.

"Ini merupakan momen yang baik untuk meningkatkan UKM, ekonomi dan pariwisata di Indonesia karena 46 negara akan hadir ke Indonesia khususnya Jakarta dan Palembang," ujar Menko PMK, Puan Maharani.

Api Abadi Mrapen selanjutnya akan dibawa ke Candi Prambanan untuk disatukan dengan Api Asian Games yang diambil dari New Delhi, India yang saat ini sudah berada di Yogyakarta. Usai disatukan, api akan dibawa berkeliling di 53 kota dan 18 provinsi di Indonesia sampai akhirnya mendarat di Jakarta yang akan dibuka oleh Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) tepat pada pembukaan Asian Games XVIII 2018, pada tanggal 18 Agustus 2018. Ditambahkan dalam konferensi persnya, pemilihan api abadi Mrapen dilatarbelakangi sejarah bahwa api Asian Games tahun 1962 juga sudah diambil di Mrapen.

"Kita coba ulang lagi sejarahnya tersebut. Yogyakarta dipilih untuk menyatukan api karena dilihat dari sejarahnya nilai histori, pariwisata dan UKM dari Yogyakarta yang mewakili semua wilayah di Indonesia,” tambah Menko PMK, Puan Maharani.

Kegiatan estafet api obor keliling Indonesia ini menjadi simbol pertemanan dan semangat Asian Games  2018 di seluruh penjuru Indonesia sekaligus mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta potensi-potensi daerah lainnya ke mancanegara.

"Indonesia patut berbangga untuk kembali menerima kehormatan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII 2018 setelah yang pertama kali kita menjadi tuan rumah pada tahun 1962 di Jakarta yang dibuka oleh Bung Karno. Setelah 56 tahun Indonesia menunggu untuk menjadi tuan rumah kembali," ujar Menko PMK mengingatkan pentingnya momentum Indonesia jadi tuan rumah.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK, Puan Maharani mengajak masyarakat Indonesia untuk  terus semangat perjuangkan Indonesia, harumkan nama Indonesia, dendangkan lagu Indonesia Raya dan kibarkan Bendera Merah Putih.

Hadir dalam acara ini Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Inasgoc Erick Thohir, CDM Asian Games, WaKapolri Komjen Pol. Drs. Syafruddin, M.Si., Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum., Bupati Grobogan, Sri Sumarni, Bupati Demak H. M. Natsir, dan Ketua Komisi X DPR RI. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
Tenggelamkan Brazil 2-1, Belgia Maju Ke Semi Final
Prancis Maju Ke Semi Final Setelah Menang Telak 2-0 Atas Uruguay
Kemenpora Sosialisasikan ASIAN Games Di Kudus
TNI-Polri Bersinergi Dengan Bermain Bola Bersama Forkopimcam Dan Lurah Se-Kecamatan Demak
KONI Demak Akan Gelar Lomba Panahan Tingkat Provinsi
Singkirkan Argentina 4-3, Prancis Maju Ke Perempat Final
Belgia Menang Tipis 1-0 Atas Inggris
Tunisia Tundukkan Panama 2-1
Prajurit Kodim 0716/Demak Bina Kemampuan Dengan Lari Jalan
Senegal Takluk Dari Kolombia 0-1
Jepang Lolos Ke Babak 16 Besar Karena Minim Kartu
Kosta Rika Tahan Imbang Swiss 2-2
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.778.957 Since: 07.04.14 | 0.602 sec