YouTube Facebook Twitter RSS
17 Feb 2019, 0

Nusantara

Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) secara resmi mengajukan sengketa pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (3/8/2018).

"Kedatangan tim hukum Hanura untuk mendaftarkan permohonan sengketa pemilu terkait berita acara rapat komisioner KPU per tanggal 1 Agustus lalu, yang mengatakan bahwa berkas perbaikan caleg Partai Hanura tidak memenuhi syarat," tutur Tim Hukum Partai Hanura Serfasius Serbaya Manek seusai mendaftarkan sengketa di Bawaslu, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Serfasius Manek mengatakan, Partai Hanura bingung dengan hasil rapat pleno KPU yang menyatakan hampir seluruh berkas perbaikan Partai Hanura tidak memenuhi syarat. Padahal, perbaikan berkas yang dilakukan pihaknya sudah sesuai dengan petunjuk KPU. "Kami juga bingung. Kami memiliki tim yang selalu siap di Hotel Borobudur (tempat verifikasi berkas) untuk melengkapi semua berkas sesuai dengan petunjuk KPU," ujar dia.

Bahkan, kata dia, Sekjen DPP Partai Hanura Hary Lontung Siregar dan LO partai Hanura selalu membangun komunikasi serta konsultasi dengan pihak KPU. Pada 30 Agustus lalu, Partai Hanura masih berkonsultasi dengan KPU terkait dokumen dan disetujui oleh KPU.

"Partai Hanura dan caleg pada umumnya, bahkan rakyat Indonesia merasa hak politiknya akan dikorbankan oleh KPU kalau mereka hanya terpaku pada hal-hal teknis administratif. Partai Hanura, para caleg dan masyarakat memiliki hak konstitusional yang dijamin konstitusi untuk memiliih dan dipilih," jelas dia.

Dia berharap KPU memperhatikan hak konstitusional Partai Hanura dan para calegnya. Apalagi, sudah banyak pengorbanan materi dan imateri yang dilakukan Partai Hanura untuk menjadi peserta pemilu 2019. "KPU harus tahu dan harus lihat itu. Jangan kaku dengan hal yang tidak bersifat substansial untuk mengorbankan hak politik orang yang dijamin konstitusi," kata dia.

Dikatakan pula, pihaknya masih mempunyai ruang untuk mendapatkan keadilan melalui sengketa ke Bawaslu. Dia berharap Bawaslu dapat memutusakan sengketa yang diajukan Hanura secara cepat. "Kami harap kepada Bawaslu sebagai wasit hukum, khususnya untuk penyelenggaraan pesta politik. Kami berharap bawaslu bijak, adil, dan profesional. Masyarakat Indonesia membutuhkan Hanura sebagai alat politik untuk memperjuangkan hak konstitusional mereka," ujar dia.

Sengketa itu terkait dengan berita acara Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyebutkan berkas perbaikan dari 566 bacaleg Partai Hanura tidak memenuhi syarat. Hanya sembilan bacaleg Hanura yang berkas perbaikannya diterima KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan hampir semua berkas perbaikan dari para bacaleg Partai Hanura tidak memenuhi syarat (TMS). Menurut KPU, hanya sembilan bacaleg Hanura yang berkas perbaikannya dinyatakan memenuhi syarat.

"Ada sembilan bakal caleg DPR dari Hanura yang memenuhi syarat pendaftaran," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol No.29, RT08/RW04, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Partai Hanura, kata Ilham Saputra, sudah mendaftarkan 575 orang bacaleg DPR dari 80 dapil pada 17 Juli lalu. Setelah berkas diverifikasi, berkas para bacaleg ini dikembalikan KPU kepada Partai Hanura untuk diperbaiki.

Namun, ternyata ada beberapa berkas persyaratan yang tidak dilengkapi oleh bacaleg Hanura pada saat masa perbaikan yang berlangsung sejak 21-31 Juli kemarin.

Ilham Saputra mengatakan mengatakan para bacaleg itu tak melengkapi beberapa persyaratan seperti foto, alamat lengkap bacaleg, hingga surat pencalonan (B) dan daftar pencalonan (B1). "Ini adalah prasyarat yang harus dipenuhi ketika sudah masa perbaikan. Kemarin kita cek banyak sekali, kemudian menurut kita tidak memenuhi syarat," tandas dia.

Meski begitu, Ilham Saputra belum mau menegaskan kepastian jumlah bakal caleg dari Hanura yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pendaftaran. Pasalnya, setelah ada perubahan aturan teknis tentang pemeriksaan pendaftaran bakal caleg, KPU kembali meneliti berkas-berkas bakal caleg yang saat ini telah memenuhi syarat.

Penelitian ini berlaku untuk semua parpol dengan para bakal caleg yang telah memenuhi syarat pendaftaran. Dengan demikian, data bakal caleg dari Hanura yang saat ini merupakan memenuhi syarat, merupakan data sementara.

Atas keputusan KPU tersebut, Ilham Saputra mempersilakan Partai Hanura mengajukan sengketa ke Bawaslu. KPU juga sudah melakukan rapat pleno dan memberikan berita acara atas berkas perbaikan Partai Hanura yang tidak memenuhi syarat. "Silakan mengajukan sengketa ke Bawaslu," pungkas dia. (bs)

See Also

Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.404.512 Since: 07.04.14 | 0.6658 sec