YouTube Facebook Twitter RSS
17 Aug 2018, 0

Nusantara

Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu

siarjustisia.com-JAKARTA.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) secara resmi mengajukan sengketa pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (3/8/2018).

"Kedatangan tim hukum Hanura untuk mendaftarkan permohonan sengketa pemilu terkait berita acara rapat komisioner KPU per tanggal 1 Agustus lalu, yang mengatakan bahwa berkas perbaikan caleg Partai Hanura tidak memenuhi syarat," tutur Tim Hukum Partai Hanura Serfasius Serbaya Manek seusai mendaftarkan sengketa di Bawaslu, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Serfasius Manek mengatakan, Partai Hanura bingung dengan hasil rapat pleno KPU yang menyatakan hampir seluruh berkas perbaikan Partai Hanura tidak memenuhi syarat. Padahal, perbaikan berkas yang dilakukan pihaknya sudah sesuai dengan petunjuk KPU. "Kami juga bingung. Kami memiliki tim yang selalu siap di Hotel Borobudur (tempat verifikasi berkas) untuk melengkapi semua berkas sesuai dengan petunjuk KPU," ujar dia.

Bahkan, kata dia, Sekjen DPP Partai Hanura Hary Lontung Siregar dan LO partai Hanura selalu membangun komunikasi serta konsultasi dengan pihak KPU. Pada 30 Agustus lalu, Partai Hanura masih berkonsultasi dengan KPU terkait dokumen dan disetujui oleh KPU.

"Partai Hanura dan caleg pada umumnya, bahkan rakyat Indonesia merasa hak politiknya akan dikorbankan oleh KPU kalau mereka hanya terpaku pada hal-hal teknis administratif. Partai Hanura, para caleg dan masyarakat memiliki hak konstitusional yang dijamin konstitusi untuk memiliih dan dipilih," jelas dia.

Dia berharap KPU memperhatikan hak konstitusional Partai Hanura dan para calegnya. Apalagi, sudah banyak pengorbanan materi dan imateri yang dilakukan Partai Hanura untuk menjadi peserta pemilu 2019. "KPU harus tahu dan harus lihat itu. Jangan kaku dengan hal yang tidak bersifat substansial untuk mengorbankan hak politik orang yang dijamin konstitusi," kata dia.

Dikatakan pula, pihaknya masih mempunyai ruang untuk mendapatkan keadilan melalui sengketa ke Bawaslu. Dia berharap Bawaslu dapat memutusakan sengketa yang diajukan Hanura secara cepat. "Kami harap kepada Bawaslu sebagai wasit hukum, khususnya untuk penyelenggaraan pesta politik. Kami berharap bawaslu bijak, adil, dan profesional. Masyarakat Indonesia membutuhkan Hanura sebagai alat politik untuk memperjuangkan hak konstitusional mereka," ujar dia.

Sengketa itu terkait dengan berita acara Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyebutkan berkas perbaikan dari 566 bacaleg Partai Hanura tidak memenuhi syarat. Hanya sembilan bacaleg Hanura yang berkas perbaikannya diterima KPU.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan hampir semua berkas perbaikan dari para bacaleg Partai Hanura tidak memenuhi syarat (TMS). Menurut KPU, hanya sembilan bacaleg Hanura yang berkas perbaikannya dinyatakan memenuhi syarat.

"Ada sembilan bakal caleg DPR dari Hanura yang memenuhi syarat pendaftaran," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol No.29, RT08/RW04, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Partai Hanura, kata Ilham Saputra, sudah mendaftarkan 575 orang bacaleg DPR dari 80 dapil pada 17 Juli lalu. Setelah berkas diverifikasi, berkas para bacaleg ini dikembalikan KPU kepada Partai Hanura untuk diperbaiki.

Namun, ternyata ada beberapa berkas persyaratan yang tidak dilengkapi oleh bacaleg Hanura pada saat masa perbaikan yang berlangsung sejak 21-31 Juli kemarin.

Ilham Saputra mengatakan mengatakan para bacaleg itu tak melengkapi beberapa persyaratan seperti foto, alamat lengkap bacaleg, hingga surat pencalonan (B) dan daftar pencalonan (B1). "Ini adalah prasyarat yang harus dipenuhi ketika sudah masa perbaikan. Kemarin kita cek banyak sekali, kemudian menurut kita tidak memenuhi syarat," tandas dia.

Meski begitu, Ilham Saputra belum mau menegaskan kepastian jumlah bakal caleg dari Hanura yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pendaftaran. Pasalnya, setelah ada perubahan aturan teknis tentang pemeriksaan pendaftaran bakal caleg, KPU kembali meneliti berkas-berkas bakal caleg yang saat ini telah memenuhi syarat.

Penelitian ini berlaku untuk semua parpol dengan para bakal caleg yang telah memenuhi syarat pendaftaran. Dengan demikian, data bakal caleg dari Hanura yang saat ini merupakan memenuhi syarat, merupakan data sementara.

Atas keputusan KPU tersebut, Ilham Saputra mempersilakan Partai Hanura mengajukan sengketa ke Bawaslu. KPU juga sudah melakukan rapat pleno dan memberikan berita acara atas berkas perbaikan Partai Hanura yang tidak memenuhi syarat. "Silakan mengajukan sengketa ke Bawaslu," pungkas dia. (bs)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
Danramil 02/Bonang Hadiri Sosialisasi Bahaya Kebakaran Dari Dinas Damkar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.437.833 Since: 07.04.14 | 0.6149 sec