YouTube Facebook Twitter RSS
27 Mar 2019, 0

Nusantara

Ahok Mundur Dari Gerindra, Ini Tanggapan Jokowi

siarjustisia.com-JAKARTA.

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengaku tidak mengetahui kalau Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ berniat mundur sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo mengaku tidak keberatan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memutuskan untuk mengundurkan diri dari partai pengusungnya, yakni Partai Gerindra. “Kalau Pak Ahok tidak berpartai lagi, ya, sudah tidak apa-apa. Akan tetapi, pengunduran diri itu urusan Pak Ahok, dan saya tidak mau ikut-ikutan,” tutur Joko Widodo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014).

Namun, menurut pria yang karib disapa Jokowi itu, mundurnya Basuki Tjahaja Purnama dari Partai Gerindra tidak akan menganggu kinerjanya kelak menjadi Gubernur DKI Jakarta. Mantan Wali Kota Surakarta itu menegaskan bahwa pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama dari partai yang pernah diusungnya itu tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya ketika memimpin Kota Jakarta nanti. “Kinerjanya ketika menjabat sebagai Gubernur nanti tidak akan terganggulah, asalkan orientasinya benar-benar ditujukan kepada seluruh warga masyarakat," tegas Joko Widodo.

Mantan Wali Kota Solo ini, Jokowi menuturkan, kinerja Basuki Tjahaja Purnama yang sangat prorakyat akan didukung penuh masyarakat. Alhasil, tidak akan berpengaruh ketika Basuki Tjahaja Purnama tidak memiliki partai dalam membangun Jakarta. "Nggak terganggu, asal orientasinya ke rakyat, masyarakat, warga, saya rasa nggak," ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden terpilih periode 2014-2019, Ir. H. Joko Widodo mengungkapkan pengunduran diri wakilnya dari Partai Gerindra itu juga tidak akan memengaruhi komunikasi antara pemerintah daerah dan pusat, terutama setelah dia resmi dilantik menjadi Presiden RI. “Menurut saya, komunikasi tidak ada yang terhambatlah. Menghambat bagaimana? Kalau pun memang terhambat, ya, itu nanti akan menjadi urusan parlemen," ungkap Presiden terpilih periode 2014-2019, Ir. Joko Widodo.

Terkait dengan pengunduran diri tersebut, dia pun mengaku belum tahu banyak sehingga berencana untuk membicarakannya bersama yang bersangkutan secara langsung. "Tanya Pak Ahok, ngga ngerti. Kok tanya ke saya, tanya Pak Ahok lah," cetus Presiden terpilih 2014-2019, Ir. H. Joko Widodo di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengaku tidak ada komunikasi sebelum rekannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengucapkan siap mundur dari Partai Gerindra. "Enggak ada (komunikasi dengan Basuki). Itu urusan pribadi. Enggak tahu," ungkap Joko Widodo atau sapaan akrabnya ‘Jokowi’ di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Pembicaraan empat mata soal pengunduran diri dari Partai Gerindra, lanjut Jokowi, tidak pernah dilakukan bersama Basuki Tjahaja Purnama. Menurutnya, itu adalah urusan pribadi dari mantan Bupati Belitung Timur itu. "Kita ini memisah, kapan kita sebagai Gubernur atau wakil Gubernur, kapan kita berada di wilayah partai, selalu kita pisahkan," bebernya. “Nanti, saya mau tanya dululah kepada Pak Ahok langsung. Saya juga belum mengerti betul masalahnya seperti apa. Lagi pula, itu kan urusan pribadi," tambah mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

Ketika ditanya apakah Basuki Tjahaja Purnama akan merapat ke partai yang mengantarkannya maju menjadi Presiden RI, Joko Widodo enggan menanggapinya.

Presiden terpilih sesuai ketetapan KPU ini juga tidak ingin ikut campur adanya wacana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ingin mengajak Basuki Tjahaja Purnama atau sapaan akrabnya Ahok ini bergabung. Dia menyuruh awak media menanyakan langsung kepada Basuki Tjahaja Purnama. "Ya enggak tahu, tanya ke Pak Ahok. Kok tanya ke saya," kata mantan Wali Kota Surakarta ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. mengaku akan mengundurkan diri dari Partai Gerindra. Saat ini pria yang sapaan akrabnya Ahok ini sedang menyusun surat pengunduran dirinya.

"Saya akan mengajukan surat berhenti. Hari ini saya siapkan suratnya. Saya akan kirim ke DPP, menyatakan untuk keluar dari partai," ungkap Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Mantan anggota Komisi II DPR RI ini mengakui dirinya tidak bisa menjadi anggota partai dan tidak bisa menjalankan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) partai. "Saya tidak mampu jadi anggota partai yang baik, karena secara AD-ART, anggota partai yang baik harus nurut apapun keputusan partai," terang mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Hari ini, Rabu (10/9/2014) Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota Partai Gerindra kepada DPP Gerindra. Dengan begitu, dia pun mengaku telah resmi keluar dari partai tersebut. "Sudah resmi mundur, terhitung sejak saya kirimkan surat pengunduran diri pada hari ini. Jadi, saya bukan orang partai politik lagi," ucap mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Basuki Tjahaja Purnama. (jos)

See Also

Peringati Harlah Ke-96 NU, MA NU TBS Gelar Upacara Dan Istighasah
Bupati Demak Resmi Buka TMMD Sengkuyung I TA 2019
SMP Kanisius Kudus Bermain Besama Di Ruang Baca Pengilon
Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.580.287 Since: 07.04.14 | 0.6957 sec