YouTube Facebook Twitter RSS
17 Jul 2019, 0

Nusantara

Ahok Mundur Dari Gerindra, Ini Tanggapan Jokowi

siarjustisia.com-JAKARTA.

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengaku tidak mengetahui kalau Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ berniat mundur sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo mengaku tidak keberatan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memutuskan untuk mengundurkan diri dari partai pengusungnya, yakni Partai Gerindra. “Kalau Pak Ahok tidak berpartai lagi, ya, sudah tidak apa-apa. Akan tetapi, pengunduran diri itu urusan Pak Ahok, dan saya tidak mau ikut-ikutan,” tutur Joko Widodo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014).

Namun, menurut pria yang karib disapa Jokowi itu, mundurnya Basuki Tjahaja Purnama dari Partai Gerindra tidak akan menganggu kinerjanya kelak menjadi Gubernur DKI Jakarta. Mantan Wali Kota Surakarta itu menegaskan bahwa pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama dari partai yang pernah diusungnya itu tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya ketika memimpin Kota Jakarta nanti. “Kinerjanya ketika menjabat sebagai Gubernur nanti tidak akan terganggulah, asalkan orientasinya benar-benar ditujukan kepada seluruh warga masyarakat," tegas Joko Widodo.

Mantan Wali Kota Solo ini, Jokowi menuturkan, kinerja Basuki Tjahaja Purnama yang sangat prorakyat akan didukung penuh masyarakat. Alhasil, tidak akan berpengaruh ketika Basuki Tjahaja Purnama tidak memiliki partai dalam membangun Jakarta. "Nggak terganggu, asal orientasinya ke rakyat, masyarakat, warga, saya rasa nggak," ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden terpilih periode 2014-2019, Ir. H. Joko Widodo mengungkapkan pengunduran diri wakilnya dari Partai Gerindra itu juga tidak akan memengaruhi komunikasi antara pemerintah daerah dan pusat, terutama setelah dia resmi dilantik menjadi Presiden RI. “Menurut saya, komunikasi tidak ada yang terhambatlah. Menghambat bagaimana? Kalau pun memang terhambat, ya, itu nanti akan menjadi urusan parlemen," ungkap Presiden terpilih periode 2014-2019, Ir. Joko Widodo.

Terkait dengan pengunduran diri tersebut, dia pun mengaku belum tahu banyak sehingga berencana untuk membicarakannya bersama yang bersangkutan secara langsung. "Tanya Pak Ahok, ngga ngerti. Kok tanya ke saya, tanya Pak Ahok lah," cetus Presiden terpilih 2014-2019, Ir. H. Joko Widodo di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengaku tidak ada komunikasi sebelum rekannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengucapkan siap mundur dari Partai Gerindra. "Enggak ada (komunikasi dengan Basuki). Itu urusan pribadi. Enggak tahu," ungkap Joko Widodo atau sapaan akrabnya ‘Jokowi’ di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Pembicaraan empat mata soal pengunduran diri dari Partai Gerindra, lanjut Jokowi, tidak pernah dilakukan bersama Basuki Tjahaja Purnama. Menurutnya, itu adalah urusan pribadi dari mantan Bupati Belitung Timur itu. "Kita ini memisah, kapan kita sebagai Gubernur atau wakil Gubernur, kapan kita berada di wilayah partai, selalu kita pisahkan," bebernya. “Nanti, saya mau tanya dululah kepada Pak Ahok langsung. Saya juga belum mengerti betul masalahnya seperti apa. Lagi pula, itu kan urusan pribadi," tambah mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

Ketika ditanya apakah Basuki Tjahaja Purnama akan merapat ke partai yang mengantarkannya maju menjadi Presiden RI, Joko Widodo enggan menanggapinya.

Presiden terpilih sesuai ketetapan KPU ini juga tidak ingin ikut campur adanya wacana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ingin mengajak Basuki Tjahaja Purnama atau sapaan akrabnya Ahok ini bergabung. Dia menyuruh awak media menanyakan langsung kepada Basuki Tjahaja Purnama. "Ya enggak tahu, tanya ke Pak Ahok. Kok tanya ke saya," kata mantan Wali Kota Surakarta ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. mengaku akan mengundurkan diri dari Partai Gerindra. Saat ini pria yang sapaan akrabnya Ahok ini sedang menyusun surat pengunduran dirinya.

"Saya akan mengajukan surat berhenti. Hari ini saya siapkan suratnya. Saya akan kirim ke DPP, menyatakan untuk keluar dari partai," ungkap Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Mantan anggota Komisi II DPR RI ini mengakui dirinya tidak bisa menjadi anggota partai dan tidak bisa menjalankan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) partai. "Saya tidak mampu jadi anggota partai yang baik, karena secara AD-ART, anggota partai yang baik harus nurut apapun keputusan partai," terang mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Hari ini, Rabu (10/9/2014) Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota Partai Gerindra kepada DPP Gerindra. Dengan begitu, dia pun mengaku telah resmi keluar dari partai tersebut. "Sudah resmi mundur, terhitung sejak saya kirimkan surat pengunduran diri pada hari ini. Jadi, saya bukan orang partai politik lagi," ucap mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Basuki Tjahaja Purnama. (jos)

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.097.536 Since: 07.04.14 | 0.5647 sec