YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2019, 0

Nusantara

Ahok Mundur Dari Gerindra, Ini Tanggapan Jokowi

siarjustisia.com-JAKARTA.

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengaku tidak mengetahui kalau Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ berniat mundur sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo mengaku tidak keberatan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memutuskan untuk mengundurkan diri dari partai pengusungnya, yakni Partai Gerindra. “Kalau Pak Ahok tidak berpartai lagi, ya, sudah tidak apa-apa. Akan tetapi, pengunduran diri itu urusan Pak Ahok, dan saya tidak mau ikut-ikutan,” tutur Joko Widodo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014).

Namun, menurut pria yang karib disapa Jokowi itu, mundurnya Basuki Tjahaja Purnama dari Partai Gerindra tidak akan menganggu kinerjanya kelak menjadi Gubernur DKI Jakarta. Mantan Wali Kota Surakarta itu menegaskan bahwa pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama dari partai yang pernah diusungnya itu tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya ketika memimpin Kota Jakarta nanti. “Kinerjanya ketika menjabat sebagai Gubernur nanti tidak akan terganggulah, asalkan orientasinya benar-benar ditujukan kepada seluruh warga masyarakat," tegas Joko Widodo.

Mantan Wali Kota Solo ini, Jokowi menuturkan, kinerja Basuki Tjahaja Purnama yang sangat prorakyat akan didukung penuh masyarakat. Alhasil, tidak akan berpengaruh ketika Basuki Tjahaja Purnama tidak memiliki partai dalam membangun Jakarta. "Nggak terganggu, asal orientasinya ke rakyat, masyarakat, warga, saya rasa nggak," ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden terpilih periode 2014-2019, Ir. H. Joko Widodo mengungkapkan pengunduran diri wakilnya dari Partai Gerindra itu juga tidak akan memengaruhi komunikasi antara pemerintah daerah dan pusat, terutama setelah dia resmi dilantik menjadi Presiden RI. “Menurut saya, komunikasi tidak ada yang terhambatlah. Menghambat bagaimana? Kalau pun memang terhambat, ya, itu nanti akan menjadi urusan parlemen," ungkap Presiden terpilih periode 2014-2019, Ir. Joko Widodo.

Terkait dengan pengunduran diri tersebut, dia pun mengaku belum tahu banyak sehingga berencana untuk membicarakannya bersama yang bersangkutan secara langsung. "Tanya Pak Ahok, ngga ngerti. Kok tanya ke saya, tanya Pak Ahok lah," cetus Presiden terpilih 2014-2019, Ir. H. Joko Widodo di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengaku tidak ada komunikasi sebelum rekannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengucapkan siap mundur dari Partai Gerindra. "Enggak ada (komunikasi dengan Basuki). Itu urusan pribadi. Enggak tahu," ungkap Joko Widodo atau sapaan akrabnya ‘Jokowi’ di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Pembicaraan empat mata soal pengunduran diri dari Partai Gerindra, lanjut Jokowi, tidak pernah dilakukan bersama Basuki Tjahaja Purnama. Menurutnya, itu adalah urusan pribadi dari mantan Bupati Belitung Timur itu. "Kita ini memisah, kapan kita sebagai Gubernur atau wakil Gubernur, kapan kita berada di wilayah partai, selalu kita pisahkan," bebernya. “Nanti, saya mau tanya dululah kepada Pak Ahok langsung. Saya juga belum mengerti betul masalahnya seperti apa. Lagi pula, itu kan urusan pribadi," tambah mantan Wali Kota Surakarta tersebut.

Ketika ditanya apakah Basuki Tjahaja Purnama akan merapat ke partai yang mengantarkannya maju menjadi Presiden RI, Joko Widodo enggan menanggapinya.

Presiden terpilih sesuai ketetapan KPU ini juga tidak ingin ikut campur adanya wacana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ingin mengajak Basuki Tjahaja Purnama atau sapaan akrabnya Ahok ini bergabung. Dia menyuruh awak media menanyakan langsung kepada Basuki Tjahaja Purnama. "Ya enggak tahu, tanya ke Pak Ahok. Kok tanya ke saya," kata mantan Wali Kota Surakarta ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. mengaku akan mengundurkan diri dari Partai Gerindra. Saat ini pria yang sapaan akrabnya Ahok ini sedang menyusun surat pengunduran dirinya.

"Saya akan mengajukan surat berhenti. Hari ini saya siapkan suratnya. Saya akan kirim ke DPP, menyatakan untuk keluar dari partai," ungkap Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Mantan anggota Komisi II DPR RI ini mengakui dirinya tidak bisa menjadi anggota partai dan tidak bisa menjalankan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) partai. "Saya tidak mampu jadi anggota partai yang baik, karena secara AD-ART, anggota partai yang baik harus nurut apapun keputusan partai," terang mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Hari ini, Rabu (10/9/2014) Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota Partai Gerindra kepada DPP Gerindra. Dengan begitu, dia pun mengaku telah resmi keluar dari partai tersebut. "Sudah resmi mundur, terhitung sejak saya kirimkan surat pengunduran diri pada hari ini. Jadi, saya bukan orang partai politik lagi," ucap mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Basuki Tjahaja Purnama. (jos)

See Also

Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
Piket Koramil 13/Karangawen Aktif Patroli Malam Bersama Polsek Guna Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif
Dandim 0716/Demak Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019
Bermodal Tekad, Babinsa 02/Bonang Ajak Generasi Muda Binaannya Untuk Gemar Membaca
Babinsa 12/Mranggen Berikan Himbauan Kepada Siswa Yang Kedapatan Bolos Saat Jam Pelajaran
Melalui Jam Komandan, Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas TNI Dalam Pemilu
Gotong Royong Babinsa 12/Mranggen Dan Masyarakat Atasi Banjir Di Banyumeneng
Jumlah Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Capai 437 Orang
Dampingi Kegiatan Posyandu, Wujud Nyata Kepedulian Babinsa 11/Sayung Terhadap Kesehatan Masyarakat
Babinsa 12/Mranggen Bersama Warga Laksanakan Karya Bhakti Peninggian Tanggul
Babinsa 02/Bonang Kunjungi TK Di Desa Binaannya
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek
Jalan Gubeng Surabaya Ambles
Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.247.924 Since: 07.04.14 | 0.6621 sec