YouTube Facebook Twitter RSS
22 Feb 2019, 0

Nusantara

Gerbang Tol Pejompongan Terbakar

Thursday, 27 September 2018 | View : 142

siarjustisia.com-JAKARTA.

Gerbang Tol (GT) Pejompongan yang berada di kawasan Slipi, Jakarta Pusat yang mengarah ke Semanggi, Jakarta Selatan terbakar sekitar pukul 11.33 WIB.

Kobaran api sempat menjalar ke seluruh ruangan hingga melalap berbagai peralatan dan barang-barang yang terdapat di gerbang tol itu.

Petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

"#InfoKebakaran Kamis, 27 September 2018 | Terima Berita Pkl. 11.33 | Unit tiba Pkl. 11.40 | Jl. Tol Cawang (titik kenal pintu tol pejompongan) Kel. Bendungan Hilir Kec. Tanah Abang Jakarta Pusat | Pengerahan 7 Unit | Objek kejadian Gardu Tol | Situasi proses pemadaman," tulis akun resmi resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, @humasjakfire, Kamis (27/9/2018).

Dilihat siarjustisia.com dari Twitter TMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro), gerbang tol Slipi terbakar pada Kamis (27/9/2018) sekitar pukul 11.27 WIB. Kebakaran terjadi pada salah satu gerbang.

Pihak Jasa Marga membenarkan peristiwa tersebut. Petugas operator Jasa Marga, Fika menuturkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.20 WIB. "Betul terjadi kebakaran, informasi pertama datang dari pengguna jalan," ujarnya saat dihubungi awak media.

Berdasarkan laporan diterima TMC Polda Metro, tutur petugas call center TMC Polda Metro Jaya, Bripka Satrio, kebakaran terjadi sekira pukul 11.20 WIB. “Kita sudah teruskan laporan juga ke pemadam kebakaran, saat ini dalam penanganan,” ujarnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran pintu jalan bebas hambatan depan Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan nilai kerugiannya. Dia mengaku belum bisa menjelaskan penyebab kebakaran Gerbang Tol tersebut. Sebab, petugas Jasa Marga dan pemadam kebakaran sedang melakukan penanganan. "Masih dalam penanganan," ucap Fika.

“Itu yang terbakar Gerbang Tol Pejompongan, kalau penyebabnya kita belum ada laporan,” kata petugas call center TMC Polda Metro Jaya, Bripka Satrio saat dikonfirmasi awak media, Kamis (27/9/2018).

Namun, akhirnya api sudah dipadamkan. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Dihubungi secara terpisah, juru bicara Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan kebakaran sudah dapat dipadamkan dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Untuk Lajur 1, 2, dan 3 jalan tol dalam kota arah Semanggi telah bisa dilewati pengguna jalan tol.

"Dugaan sementara, penyebab kebakaran adalah korsleting listrik, petugas di gerbang telah berusaha memadamkan dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang berada di gerbang tol, namun api telah menyebar dan harus menggunakan bantuan unit pemadam kebakaran," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Kebakaran yang di Gardu Tol (GT) Pejompongan, sudah berhasil dipadamkan, Kamis (27/9/2018) siang. Kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 12.10 WIB siang.

"Sudah padam tadi sekitar pukul 12.10 WIB," ucap Syarifudin, Kasie OPS Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat ketika dihubungi awak media, Kamis (27/9/2018).

Dugaan sementara penyebab kebakaran akibat ada korsleting listrik. "Api bersumber dari komponen yang korslet," beber dia.

Insiden ini terjadi diduga akibat korsleting listrik pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC). "Dugaan sementara akibat korsleting listrik dari panel AC," ungkap Perwira piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Unggul Wibowo saat ditemui di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

12 Unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Unggul Wibowo mengatakan pihaknya mengerahkan total 12 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Proses pemadaman disebut sempat mengalami kendala. "Kami terkendala masalah lalu lintas karena padat. Susah juga sumber air, sehingga mengerahkan 12 unit. Kalau sumber air dekat, cukup 2 unit," terangnya.

Unggul Wibowo melanjutkan proses pemadaman hanya membutuhkan waktu 30-40 menit.

"Alhamdulillah sudah padam saat ini," katanya.

Kepala Satuan Patrol Pengawal Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gunawan menambahkan penyebab kebakaran berasal dari percikan di gardu tol yang merembet hingga ke dapur.

Arus lalu lintas, lanjutnya, sempat ditutup sementara untuk memperlancar proses pemadaman yang berlangsung. Namun, saat ini arus lalu lintas mulai normal.

Gerbang Tol Pejompongan, Jakarta Pusat, terbakar sehingga mengakibatkan kemacetan di sekitar lokasi. Menurutnya kebakaran tersebut menyebabkan kepadatan arus kendaraan karena gerbang tol yang terbakar belum bisa digunakan. “Di situ memang cukup padat kendaraan, tapi di (jalan) arteri tidak begitu padat,” jelas Bripka Satrio.

"Macet sampai Tomang, namun saat ini sudah lancar dan dinormalkan," imbuh AKBP Gunawan.

Meski dugaan penyebabnya sudah diketahui, Kapolsek Tanah Abang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Lukman Cahyono, S.IK., M.Si. mengaku masih akan mendalami insiden ini. Pihaknya sudah memeriksa CCTV dan seorang petugas dari Jasa Marga. "Kita masih dalami lagi masih diperiksa anggota," tandasnya.

See Also

Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.426.993 Since: 07.04.14 | 0.6387 sec