YouTube Facebook Twitter RSS
26 Mar 2019, 0

Nusantara

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Thursday, 08 November 2018 | View : 138

siarjustisia.com-DEMAK.

Telah berlangsung kegiatan pembukaan sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018 yang bertajuk "Revitalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Untuk Memperkokoh Semangat Bhineka Tunggal Ika Demi Tegaknya NKRI" yang diikuti dari beberapa lembaga di Kabupaten Demak diantaranya TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar.

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Sosial P2PA Kabupaten Demak ini digelar di Aula Pertemuan RM. Pahala, Jl. Raya Demak-Kudus Km.6 Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial P2PA ini selain diikuti TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar  juga dihadiri oleh Bupati Demak H. M. Natsir, Dandim 0716/Demak Letrkol Inf Abi Kusnianto, Kepala Dinas Pariwisata Rudy Santosa, S.H., Plt Kepala Dinas Sosial P2PA Dra. Tatik Rumiyati serta tamu undangan lainnya, tak kurang dari 300 audiens mengikuti acara sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018, Rabu (7/11/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Demak H. M. Natsir yang sekaligus membuka acara mengatakan, "Kegiatan ini merupakan suatu refleksi dalam menghargai pahlawan bangsa dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Mereka telah mengorbankan jiwa raga demi tegaknya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Para generasi muda harus selalu menumbuhkan dan menjaga nilai-nilai kejuangan dengan segala daya dan upaya, agar jati diri sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur, tidak hanya menjadi retorika belaka," tegas Bupati Demak, H. M. Natsir.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan, yang bertindak sebagai narasumber dalam acara sarasehan tersebut adalah Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Dalam paparannya, Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto mengatakan untuk merawat NKRI dalam merevitalisasi nilai-nilai pahlawan kita perlu menggali kembali sejarah kebangsaan, seperti apa tokoh-tokoh nasional mampu merajut pemikiran untuk menyatukan bangsa Indonesia dari beragam suku bangsa, etnis, budaya dan bahasa yang berbeda-beda.

"Tidak berpikir untuk berantakan kembali, inilah masalahnya. Perlu kebhinekaan kita, perlu kita pahami bersama untuk membangun kebersamaan, hidup bersama. Nilai pahlawan akan menunjang penggalian, revitalisasi falsafah bangsa, konsep bangsa Bhineka Tunggal Ika," papar Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Lebih lanjut, Bela negara adalah tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Pembinaan kesadaran bela negara adalah usaha-usaha kegiatan yang berdaya guna untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air yang diawali oleh kesadaran berbangsa bernegara, keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara serta dapat memberikan kemampuan bela negara," tegas Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Dandim 0716/Demak juga menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda. Karena para pemuda merupakan tumpuan masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, Dandim 0716/Demak juga berpesan agar generasi muda bisa menjadi teladan untuk menjaga keutuhan dan keselamatan Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Hendra salah satu mahasiswa mengatakan, bahwa wawasan kebangsaan yang diberikan Bapak Dandim, dirasa sangat baik dan penting. "Karena menambah wawasan bagi pemuda. Juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme," ujarnya.

Sedangkan, Muhdi dari Ormas mengaku sangat senang dengan adanya materi wawasan kebangsaan sehingga generasi muda mengerti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai generasi muda untuk menjaga keutuhan NKRI. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Peringati Harlah Ke-96 NU, MA NU TBS Gelar Upacara Dan Istighasah
Bupati Demak Resmi Buka TMMD Sengkuyung I TA 2019
SMP Kanisius Kudus Bermain Besama Di Ruang Baca Pengilon
Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.578.360 Since: 07.04.14 | 0.6886 sec