YouTube Facebook Twitter RSS
18 Nov 2018, 0

Nusantara

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Thursday, 08 November 2018 | View : 23

siarjustisia.com-DEMAK.

Telah berlangsung kegiatan pembukaan sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018 yang bertajuk "Revitalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Untuk Memperkokoh Semangat Bhineka Tunggal Ika Demi Tegaknya NKRI" yang diikuti dari beberapa lembaga di Kabupaten Demak diantaranya TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar.

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Sosial P2PA Kabupaten Demak ini digelar di Aula Pertemuan RM. Pahala, Jl. Raya Demak-Kudus Km.6 Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial P2PA ini selain diikuti TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar  juga dihadiri oleh Bupati Demak H. M. Natsir, Dandim 0716/Demak Letrkol Inf Abi Kusnianto, Kepala Dinas Pariwisata Rudy Santosa, S.H., Plt Kepala Dinas Sosial P2PA Dra. Tatik Rumiyati serta tamu undangan lainnya, tak kurang dari 300 audiens mengikuti acara sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018, Rabu (7/11/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Demak H. M. Natsir yang sekaligus membuka acara mengatakan, "Kegiatan ini merupakan suatu refleksi dalam menghargai pahlawan bangsa dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Mereka telah mengorbankan jiwa raga demi tegaknya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Para generasi muda harus selalu menumbuhkan dan menjaga nilai-nilai kejuangan dengan segala daya dan upaya, agar jati diri sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur, tidak hanya menjadi retorika belaka," tegas Bupati Demak, H. M. Natsir.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan, yang bertindak sebagai narasumber dalam acara sarasehan tersebut adalah Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Dalam paparannya, Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto mengatakan untuk merawat NKRI dalam merevitalisasi nilai-nilai pahlawan kita perlu menggali kembali sejarah kebangsaan, seperti apa tokoh-tokoh nasional mampu merajut pemikiran untuk menyatukan bangsa Indonesia dari beragam suku bangsa, etnis, budaya dan bahasa yang berbeda-beda.

"Tidak berpikir untuk berantakan kembali, inilah masalahnya. Perlu kebhinekaan kita, perlu kita pahami bersama untuk membangun kebersamaan, hidup bersama. Nilai pahlawan akan menunjang penggalian, revitalisasi falsafah bangsa, konsep bangsa Bhineka Tunggal Ika," papar Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Lebih lanjut, Bela negara adalah tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Pembinaan kesadaran bela negara adalah usaha-usaha kegiatan yang berdaya guna untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air yang diawali oleh kesadaran berbangsa bernegara, keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara serta dapat memberikan kemampuan bela negara," tegas Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Dandim 0716/Demak juga menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda. Karena para pemuda merupakan tumpuan masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, Dandim 0716/Demak juga berpesan agar generasi muda bisa menjadi teladan untuk menjaga keutuhan dan keselamatan Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Hendra salah satu mahasiswa mengatakan, bahwa wawasan kebangsaan yang diberikan Bapak Dandim, dirasa sangat baik dan penting. "Karena menambah wawasan bagi pemuda. Juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme," ujarnya.

Sedangkan, Muhdi dari Ormas mengaku sangat senang dengan adanya materi wawasan kebangsaan sehingga generasi muda mengerti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai generasi muda untuk menjaga keutuhan NKRI. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Batuud Koramil 13/Karangawen Hadiri Mujahadah Al Aurodul Jamiah Di Desa Bumirejo
Babinsa 09/Karangtengah Pererat Sinergitas Dengan Perangkat Desa
Kepedulian Babinsa 12/Mranggen Terhadap Generasi Penerus Bangsa
Ratusan Saka Wira Kartika Dikukuhkan Dandim 0716/Demak
Bupati Demak Buka Secara Resmi Apel Akbar Pengukuhan Saka Wira Kartika
Babinsa 05/Mijen Ajak Warga Binaannya Laksanakan Jumat Bersih
Babinsa 06/Wedung Ajak Para Santri Untuk Berdisiplin Dan Berjiwa Nasionalisme
Sasaran Non Fisik TMMD Tingkatkan Rasa Nasionalisme
Tim Kopaska AL Temukan Benda Diduga Mesin Lion Air JT 610
Danramil 07/Gajah Sambangi Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air JT 610
Kegiatan Rutin Apel Pagi Kodim 0716/Demak Dilanjutkan Pemeliharaan Pangkalan
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Sertijab Danramil 02/Bonang
Babinsa Kodim 0716/Demak Peringati Hari Sumpah Pemuda Berikan Wawasan Kebangsaan
Presiden Joko Widodo Resmi Gratiskan Tarif Tol Suramadu
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.970.358 Since: 07.04.14 | 0.6551 sec