YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2019, 0

Nusantara

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Thursday, 08 November 2018 | View : 110

siarjustisia.com-DEMAK.

Telah berlangsung kegiatan pembukaan sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018 yang bertajuk "Revitalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Untuk Memperkokoh Semangat Bhineka Tunggal Ika Demi Tegaknya NKRI" yang diikuti dari beberapa lembaga di Kabupaten Demak diantaranya TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar.

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Sosial P2PA Kabupaten Demak ini digelar di Aula Pertemuan RM. Pahala, Jl. Raya Demak-Kudus Km.6 Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial P2PA ini selain diikuti TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar  juga dihadiri oleh Bupati Demak H. M. Natsir, Dandim 0716/Demak Letrkol Inf Abi Kusnianto, Kepala Dinas Pariwisata Rudy Santosa, S.H., Plt Kepala Dinas Sosial P2PA Dra. Tatik Rumiyati serta tamu undangan lainnya, tak kurang dari 300 audiens mengikuti acara sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018, Rabu (7/11/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Demak H. M. Natsir yang sekaligus membuka acara mengatakan, "Kegiatan ini merupakan suatu refleksi dalam menghargai pahlawan bangsa dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Mereka telah mengorbankan jiwa raga demi tegaknya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Para generasi muda harus selalu menumbuhkan dan menjaga nilai-nilai kejuangan dengan segala daya dan upaya, agar jati diri sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur, tidak hanya menjadi retorika belaka," tegas Bupati Demak, H. M. Natsir.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan, yang bertindak sebagai narasumber dalam acara sarasehan tersebut adalah Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Dalam paparannya, Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto mengatakan untuk merawat NKRI dalam merevitalisasi nilai-nilai pahlawan kita perlu menggali kembali sejarah kebangsaan, seperti apa tokoh-tokoh nasional mampu merajut pemikiran untuk menyatukan bangsa Indonesia dari beragam suku bangsa, etnis, budaya dan bahasa yang berbeda-beda.

"Tidak berpikir untuk berantakan kembali, inilah masalahnya. Perlu kebhinekaan kita, perlu kita pahami bersama untuk membangun kebersamaan, hidup bersama. Nilai pahlawan akan menunjang penggalian, revitalisasi falsafah bangsa, konsep bangsa Bhineka Tunggal Ika," papar Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Lebih lanjut, Bela negara adalah tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Pembinaan kesadaran bela negara adalah usaha-usaha kegiatan yang berdaya guna untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air yang diawali oleh kesadaran berbangsa bernegara, keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara serta dapat memberikan kemampuan bela negara," tegas Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Dandim 0716/Demak juga menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda. Karena para pemuda merupakan tumpuan masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, Dandim 0716/Demak juga berpesan agar generasi muda bisa menjadi teladan untuk menjaga keutuhan dan keselamatan Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Hendra salah satu mahasiswa mengatakan, bahwa wawasan kebangsaan yang diberikan Bapak Dandim, dirasa sangat baik dan penting. "Karena menambah wawasan bagi pemuda. Juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme," ujarnya.

Sedangkan, Muhdi dari Ormas mengaku sangat senang dengan adanya materi wawasan kebangsaan sehingga generasi muda mengerti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai generasi muda untuk menjaga keutuhan NKRI. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
Piket Koramil 13/Karangawen Aktif Patroli Malam Bersama Polsek Guna Ciptakan Kamtibmas Yang Kondusif
Dandim 0716/Demak Hadiri Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019
Bermodal Tekad, Babinsa 02/Bonang Ajak Generasi Muda Binaannya Untuk Gemar Membaca
Babinsa 12/Mranggen Berikan Himbauan Kepada Siswa Yang Kedapatan Bolos Saat Jam Pelajaran
Melalui Jam Komandan, Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas TNI Dalam Pemilu
Gotong Royong Babinsa 12/Mranggen Dan Masyarakat Atasi Banjir Di Banyumeneng
Jumlah Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Capai 437 Orang
Dampingi Kegiatan Posyandu, Wujud Nyata Kepedulian Babinsa 11/Sayung Terhadap Kesehatan Masyarakat
Babinsa 12/Mranggen Bersama Warga Laksanakan Karya Bhakti Peninggian Tanggul
Babinsa 02/Bonang Kunjungi TK Di Desa Binaannya
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek
Jalan Gubeng Surabaya Ambles
Dandim 0716/Demak Serahkan Piala Dalam Rangka Peringati HUT Korpri Dan HUT PGRI
Dandim 0716/Demak Hadiri Upacara HUT PGRI Ke-73 Dan HUT Korpri Ke-47
Peran Aktif Koramil 11/Sayung Dalam Membantu Mengatasi Kesulitan Warganya
Semangat Tanpa Batas, Babinsa 01/Demak Bantu Petani Dukuh Gesik Tanam Padi
Semangat Prajurit Kodim 0716/Demak Dalam Mengisi Jadwal Minggu Militer
Kodim 0716/Demak Ikuti Apel Siaga Darurat Banjir Musim Penghujan
Bersinergi Dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Pundenarum Tangkal Banjir
Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Kabupaten Demak Melepas Keberangkatan Banser Dan GP Ansor
Peringati HUT PGRI Dan KORPRI, Kodim 0716/Demak Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Pelayaran
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.249.325 Since: 07.04.14 | 0.6756 sec