YouTube Facebook Twitter RSS
16 Jul 2019, 0

Nusantara

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Thursday, 08 November 2018 | View : 169

siarjustisia.com-DEMAK.

Telah berlangsung kegiatan pembukaan sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018 yang bertajuk "Revitalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Untuk Memperkokoh Semangat Bhineka Tunggal Ika Demi Tegaknya NKRI" yang diikuti dari beberapa lembaga di Kabupaten Demak diantaranya TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar.

Acara yang diprakarsai oleh Dinas Sosial P2PA Kabupaten Demak ini digelar di Aula Pertemuan RM. Pahala, Jl. Raya Demak-Kudus Km.6 Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial P2PA ini selain diikuti TNI, Polri, Veteran, ASN, Ormas, Orsos serta Pelajar  juga dihadiri oleh Bupati Demak H. M. Natsir, Dandim 0716/Demak Letrkol Inf Abi Kusnianto, Kepala Dinas Pariwisata Rudy Santosa, S.H., Plt Kepala Dinas Sosial P2PA Dra. Tatik Rumiyati serta tamu undangan lainnya, tak kurang dari 300 audiens mengikuti acara sarasehan peningkatan nilai-nilai kepahlawanan Kabupaten Demak 2018, Rabu (7/11/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Demak H. M. Natsir yang sekaligus membuka acara mengatakan, "Kegiatan ini merupakan suatu refleksi dalam menghargai pahlawan bangsa dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Mereka telah mengorbankan jiwa raga demi tegaknya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Para generasi muda harus selalu menumbuhkan dan menjaga nilai-nilai kejuangan dengan segala daya dan upaya, agar jati diri sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur, tidak hanya menjadi retorika belaka," tegas Bupati Demak, H. M. Natsir.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan, yang bertindak sebagai narasumber dalam acara sarasehan tersebut adalah Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto.

Dalam paparannya, Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto mengatakan untuk merawat NKRI dalam merevitalisasi nilai-nilai pahlawan kita perlu menggali kembali sejarah kebangsaan, seperti apa tokoh-tokoh nasional mampu merajut pemikiran untuk menyatukan bangsa Indonesia dari beragam suku bangsa, etnis, budaya dan bahasa yang berbeda-beda.

"Tidak berpikir untuk berantakan kembali, inilah masalahnya. Perlu kebhinekaan kita, perlu kita pahami bersama untuk membangun kebersamaan, hidup bersama. Nilai pahlawan akan menunjang penggalian, revitalisasi falsafah bangsa, konsep bangsa Bhineka Tunggal Ika," papar Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Lebih lanjut, Bela negara adalah tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Pembinaan kesadaran bela negara adalah usaha-usaha kegiatan yang berdaya guna untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air yang diawali oleh kesadaran berbangsa bernegara, keyakinan akan Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk negara serta dapat memberikan kemampuan bela negara," tegas Dandim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto.

Dandim 0716/Demak juga menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi para pemuda. Karena para pemuda merupakan tumpuan masa depan bangsa Indonesia.

Selain itu, Dandim 0716/Demak juga berpesan agar generasi muda bisa menjadi teladan untuk menjaga keutuhan dan keselamatan Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Hendra salah satu mahasiswa mengatakan, bahwa wawasan kebangsaan yang diberikan Bapak Dandim, dirasa sangat baik dan penting. "Karena menambah wawasan bagi pemuda. Juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme," ujarnya.

Sedangkan, Muhdi dari Ormas mengaku sangat senang dengan adanya materi wawasan kebangsaan sehingga generasi muda mengerti apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai generasi muda untuk menjaga keutuhan NKRI. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.095.460 Since: 07.04.14 | 0.5531 sec