YouTube Facebook Twitter RSS
19 Oct 2018, 0

Nusantara

KPU Minta SBY Tunda Pelantikan 5 Anggota DPR RI 2014-2019

siarjustisia.com-JAKARTA.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengirimkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menangguhkan pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2011-2014, Jero Wacik sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 karena kasus dugaan korupsi yang menjeratnya. KPU RI meminta Presiden SBY mempertimbangkan penundaan pelantikan 5 anggota DPR RI periode 2014-2019 biarpun terpilih di DPR RI.

Selain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2011-2014, Jero Wacik, KPU juga menyampaikan permintaan penangguhan dua anggota terpilih lainnya dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah berkirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menangguhkan lima nama dari total 560 calon anggota DPR RI periode 2014-2019 dari pelantikan pada 1 Oktober mendatang.

Seperti diungkapkan Ketua KPU, Husni Kamil Manik, S.P. baru 555 nama yang diusulkan ke Presiden SBY untuk mendapat keputusan peresmian untuk diangkat dan dilantik. Tiga nama ditanggguhkan pelantikannya karena berstatus tersangka kasus dugaan korupsi. “Nama-nama anggota DPR terpilih yang menjadi tersangka sampai sekarang ada tiga, satu dari Partai Demokrat dan dua dari PDIP. Kami minta kepada Presiden untuk menangguhkan pelantikannya sampai proses hukumnya selesai,” beber Ketua KPU RI Husni Kamil Manik di Gedung KPU Pusat Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (19/9/2014), Husni Kamil Manik membeberkan ada tiga nama anggota DPR RI terpilih yang menjadi tersangka. Satu dari Partai Demokrat (PD) dan dua dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Karenanya, Presiden SBY diminta mempertimbangkan penundaan pelantikan hingga proses berkekuatan hukum tetap.

Ketiga nama anggota DPR terpilih yang menyandang status tersangka korupsi itu adalah Jero Wacik, Idham Samawi, dan Herdian Koosnadi. Sementara dua nama lainnya belum dibuka, namun kemungkinan adalah dengan inisial N.W. dan A.G.K.

Anggota DPR RI terpilih dari Partai Demokrat itu adalah Jero Wacik, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat (PD), kini ditetapkan menjadi sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan di Kementerian ESDM oleh Komisi Pemberamtasan Korupsi (KPK).

Sedangkan, dua anggota DPR RI terpilih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut adalah mantan Bupati Bantul Idham Samawi dan Herdian Koosnadi terpilih sebagai anggota DPR RI.

Idham Samawi yang juga mantan Bupati Bantul, Yogyakarta ditetapkan menjadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah/bantuan untuk klub sepakbola Persiba Bantul.

Sementara itu, Herdian Koosnadi tersangka pembangunan Puskesmas di Kota Tangerang Selatan Tahun Anggaran (TA) 2011 dan 2012, terseret kasus dugaan korupsi proyek Puskesmas di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kini, kasus dugaan korupsi yang menjerat Idham Samawi dan Herdian Koosnadi ditangani Kejaksaan. Hingga sejauh ini, belum ada konfirmasi resmi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menanggapi nasib dua calegnya yang dimintakan penundaan pelantikan itu.

Salah satu pertimbangan KPU meminta penangguhan tersebut adalah adanya surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merekomendasikan penundaan pelantikan bagi para tersangka tersebut. Menurut Husni Kamil Manik, salah satu pertimbangan KPU meminta penangguhan pelantikan didasari rekomendasi dari sejumlah lembaga. Antara lain Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jika Presiden menyetujui permintaan KPU, maka penangguhan pelantikan dapat dilaksanakan. Jika tidak, pelantikan tetap akan dilaksanakan.

KPK menyangkakan alumnus S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1983 ini, Jero Wacik dengan Pasal 12 huruf e atau Pasal 23 Undang-undang No.31 Tahun 1999 jo UU No.20 Tahun 2001 jo Pasal 421 KUHP.

Mantan Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata dengan masa jabatan 21 Oktober 2004-19 Oktober 2011, Jero Wacik diduga melakukan pemerasan untuk memperbesar Dana Operasional Menteri (DOM) dalam tiga modus yaitu menghimpun pendapatan dari biaya pengadaan yang dianggarkan Kementerian ESDM, meminta pengumpulan dana dari rekanan untuk program-program tertentu, menganggarkan kegiatan rapat rutin tapi rapat itu ternyata fiktif.

Total dana yang diduga diterima oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat itu adalah Rp 9,9 miliar. (jos)

See Also

Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.782.545 Since: 07.04.14 | 0.6193 sec