YouTube Facebook Twitter RSS
19 Feb 2019, 0

Nusantara

KPU Minta SBY Tunda Pelantikan 5 Anggota DPR RI 2014-2019

siarjustisia.com-JAKARTA.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengirimkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menangguhkan pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2011-2014, Jero Wacik sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 karena kasus dugaan korupsi yang menjeratnya. KPU RI meminta Presiden SBY mempertimbangkan penundaan pelantikan 5 anggota DPR RI periode 2014-2019 biarpun terpilih di DPR RI.

Selain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2011-2014, Jero Wacik, KPU juga menyampaikan permintaan penangguhan dua anggota terpilih lainnya dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah berkirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menangguhkan lima nama dari total 560 calon anggota DPR RI periode 2014-2019 dari pelantikan pada 1 Oktober mendatang.

Seperti diungkapkan Ketua KPU, Husni Kamil Manik, S.P. baru 555 nama yang diusulkan ke Presiden SBY untuk mendapat keputusan peresmian untuk diangkat dan dilantik. Tiga nama ditanggguhkan pelantikannya karena berstatus tersangka kasus dugaan korupsi. “Nama-nama anggota DPR terpilih yang menjadi tersangka sampai sekarang ada tiga, satu dari Partai Demokrat dan dua dari PDIP. Kami minta kepada Presiden untuk menangguhkan pelantikannya sampai proses hukumnya selesai,” beber Ketua KPU RI Husni Kamil Manik di Gedung KPU Pusat Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (19/9/2014), Husni Kamil Manik membeberkan ada tiga nama anggota DPR RI terpilih yang menjadi tersangka. Satu dari Partai Demokrat (PD) dan dua dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Karenanya, Presiden SBY diminta mempertimbangkan penundaan pelantikan hingga proses berkekuatan hukum tetap.

Ketiga nama anggota DPR terpilih yang menyandang status tersangka korupsi itu adalah Jero Wacik, Idham Samawi, dan Herdian Koosnadi. Sementara dua nama lainnya belum dibuka, namun kemungkinan adalah dengan inisial N.W. dan A.G.K.

Anggota DPR RI terpilih dari Partai Demokrat itu adalah Jero Wacik, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat (PD), kini ditetapkan menjadi sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan di Kementerian ESDM oleh Komisi Pemberamtasan Korupsi (KPK).

Sedangkan, dua anggota DPR RI terpilih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut adalah mantan Bupati Bantul Idham Samawi dan Herdian Koosnadi terpilih sebagai anggota DPR RI.

Idham Samawi yang juga mantan Bupati Bantul, Yogyakarta ditetapkan menjadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah/bantuan untuk klub sepakbola Persiba Bantul.

Sementara itu, Herdian Koosnadi tersangka pembangunan Puskesmas di Kota Tangerang Selatan Tahun Anggaran (TA) 2011 dan 2012, terseret kasus dugaan korupsi proyek Puskesmas di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kini, kasus dugaan korupsi yang menjerat Idham Samawi dan Herdian Koosnadi ditangani Kejaksaan. Hingga sejauh ini, belum ada konfirmasi resmi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menanggapi nasib dua calegnya yang dimintakan penundaan pelantikan itu.

Salah satu pertimbangan KPU meminta penangguhan tersebut adalah adanya surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merekomendasikan penundaan pelantikan bagi para tersangka tersebut. Menurut Husni Kamil Manik, salah satu pertimbangan KPU meminta penangguhan pelantikan didasari rekomendasi dari sejumlah lembaga. Antara lain Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jika Presiden menyetujui permintaan KPU, maka penangguhan pelantikan dapat dilaksanakan. Jika tidak, pelantikan tetap akan dilaksanakan.

KPK menyangkakan alumnus S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1983 ini, Jero Wacik dengan Pasal 12 huruf e atau Pasal 23 Undang-undang No.31 Tahun 1999 jo UU No.20 Tahun 2001 jo Pasal 421 KUHP.

Mantan Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata dengan masa jabatan 21 Oktober 2004-19 Oktober 2011, Jero Wacik diduga melakukan pemerasan untuk memperbesar Dana Operasional Menteri (DOM) dalam tiga modus yaitu menghimpun pendapatan dari biaya pengadaan yang dianggarkan Kementerian ESDM, meminta pengumpulan dana dari rekanan untuk program-program tertentu, menganggarkan kegiatan rapat rutin tapi rapat itu ternyata fiktif.

Total dana yang diduga diterima oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat itu adalah Rp 9,9 miliar. (jos)

See Also

Gunung Karangetang Semburkan Lava
Peringatan Hari Lahir Ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus
Babinsa 12/Mranggen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Masyarakat Berjibaku Memadamkan Api
Mengingat Masa Kecil, Kapolres Demak Bernostalgia Di Koramil 09/Karangtengah
Hilangkan Penat, Dandim 0716/Demak Ajak Para Perwira Jajaran Rekreasi Mancing Mania
Koramil 06/Wedung Bersama Polsek Bersinergi Dengan DPUPPE Berikan Rasa Aman Pengguna Jalan
Kodim 0716/Demak Terima Kunjungan Tim Dalwas Binsat Kodam IV/Diponegoro
Bawaslu Gelar Bawaslu Goes To School Di MA NU TBS
Dandim 0716/Demak Apresiasi Kesigapan Babinsa 01/Kota Bersihkan Pohon Tumbang
Dengan Cepat Babinsa 13/Karangawen Bantu Evakuasi Orang Yang Meninggal
Angin Puting Beliung Rusak Beberapa Rumah, Babinsa 11/Sayung Siap Bantu Warga
Prajurit Kodim 0716/Demak Bersama Polri Ciptakan Sinergitas Dalam Segala Hal
Bahagianya Kapolres Demak Saat Mendapat Jaket Doreng
Babinsa 12/Mranggen Himbau Para Pemuda Untuk Tidak Balap Liar
Bersama Perangkat Desa, Babinsa 11/Sayung Bantu Evakuasi Rumah Warga Yang Dihempas Angin
Jelang Pesta Demokrasi, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Tingkatkan Disiplin Linmas
Danramil 06/Wedung Hadiri Rapat Penerimaan Mahasiswa KKN Dari Unisnu Jepara
Dekat Dengan Rakyat, Babinsa 11/Sayung Hadiri Lelayu Warga Yang Meninggal Di Desa Binaan
Babinsa 13/Karangawen Gandeng Dinas Pengairan Monitoring Debit Air Sungai
Antisipasi Bencana Alam, Babinsa 02/Bonang Rutin Pantau Tanggul Dan Sungai
Tingkatkan Kemampuan Prajurit, Kodim 0716/Demak Laksanakan Latihan Bongkar Pasang Senjata
Babinsa 12/Mranggen Hadiri Silaturahmi Bersama Perangkat Desa Dan Pimpinan Ponpes Girikusumo
Dandim 0716/Demak Pimpin Sertijab Pasiops
Babinsa 11/Sayung Hadiri Sosialisasi Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga
Wujudkan Sinergitas, Kapolres Demak Sempatkan Diri Berkunjung Ke Koramil 04/Dempet
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.410.816 Since: 07.04.14 | 0.6603 sec