YouTube Facebook Twitter RSS
23 Jul 2019, 0

Olahraga

Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho

Thursday, 20 December 2018 | View : 109

siarjustisia.com-MANCHESTER.

Manchester United (MU) menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih sementara menggantikan Jose Mourinho. Manajer sepak bola Cardiff City tersebut, Ole Gunnar Solskjaer akhirnya resmi ditunjuk menjadi pengganti Jose Mourinho untuk menangani Manchester United (MU), Rabu (19/12/2018). 

Pada akhirnya setelah memecat Jose Mourinho pada hari Selasa (18/12/2018), MU mengangkat Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer interim. Mantan pemain sepak bola Norwegia tersebut akan menangani Setan Merah hingga kompetisi musim 2018-19 ini berakhir. Pelatih yang juga mantan striker MU itu akan melatih “Setan Merah” hingga musim ini selesai.

Pertandingan pertama MU di bawah komando Solskjaer akan terjadi saat melawan Cardiff City, Sabtu mendatang. Laga ini seperti sebuah kebetulan yang unik karena Solskjaer pernah menangani klub Wales itu selama delapan bulan sebelum didepak pada September 2014.

MU memutuskan memecat Jose Mourinho pada Selasa (18/12/2018), setelah dua hari sebelumnya menyerah 1-3 di kandang Liverpool. Raihan poin MU di bawah Jose Mourinho musim ini setelah 17 pertandingan merupakan yang terburuk di era Premier League. Mereka tertinggal 19 poin oleh pemimpin klasemen, Liverpool.

Usai mendepak Jose Mourinho, MU pun segera mencari manajer sementara yang akan melatih hingga akhir musim. Nama Ole Gunnar Solskjaer memang paling difavoritkan. Sebelum ditunjuk menangani MU, pelatih kelahiran Kristiansund masih menangani klub Norwegia, Molde. Liga Norwegia sendiri saat ini masih libur.

MU dalam situs resminya sempat mengunggah video pria yang kini berusia 45 tahun itu dengan teks, ”Solskjaer menjadi pelatih sementara kami, 20 tahun setelah memastikan kami meraih tiga gelar dengan “gol itu” di Camp Nou...”

Ole Gunnar Solskjaer pernah 11 tahun membela MU sebagai pemain. Hal paling dikenang dari Ole Gunnar Solskjaer adalah ketika mencetak gol kemenangan MU di menit-menit terakhir di final Liga Champions melawan Bayern Muenchen untuk memastikan tiga gelar pada 1999.

Ole Gunnar Solskjaer adalah salah satu mantan anak asuh Ferguson. Ia membela MU dari tahun 1996 hingga 2007.

Dia juga sempat menjadi pelatih tim cadangan (reserve) MU, dan menangani pemain seperti Paul Pogba. Sosok yang pernah membela 67 kali membela Timnas Norwegia ini kemudian memutuskan untuk melatih Molde antara 2011-2014. Dalam periode pertamanya ini, dia sukses membawa Molde meraih gelar juara Liga Norwegia dua musim beruntun serta merebut trofi Piala Norwegia.

Pada 2 Januari 2015, dia ditunjuk Malky Mackay menangani Cardiff namun tak mampu mencegah klub Wales itu terdegradasi dari Premier League. Dia akhirnya dipecat pada 18 September 2014 setelah Cardiff meraih hasil tak memuaskan di pekan-pekan awal kompetisi Championship. Dia pun kembali menangani Molde mulai 21 Oktober 2015. Di sana, Ole Gunnar Solskjaer dikontrak 3,5 tahun.

Mantan asisten Alex Ferguson Mike Phelan dikabarkan bakal menjadi salah satu asisten Solskjaer. Latihan untuk sementara sempat kini ditangani mantan asisten Mourinho, Michael Carrick.

Michael Carrick, Kieran McKenna, pelatih kiper Emilio Alvarez tetap dipertahankan. Sementara beberapa pembantu Mourinho yang berasal Portugal dikabarkan ikut keluar bersama Jose Mourinho.

Setelah resmi diangkat sebagai manajer interim MU, Solksjaer mengaku sangat bahagia. Ia jadi bersemangat karena telah diberi kesempatan menangani klub yang sangat dicintainya.

Ole Gunnar Solksjaer, yang dahulu pernah dijuluki Baby Face Assassin ini juga mengaku tak sabar lagi untuk segera bertemu dengan penggawa United. Ia ingin segera melatih mereka.

"Manchester United selalu berada di dalam hati saya, dan saya sangat senang bisa kembali ke klub ini dengan jabatan baru ini. Saya sudah tidak sabar untuk bekerja dengan tim yang sangat bertalenta ini dan juga para staf dan semua orang di klub," serunya.

Legenda Southampton Matt Le Tissier menyebut keputusan ini didasari hasrat klub kembali ke era Sir Alex Ferguson.

Sejak Sir Alexander Chapman Ferguson CBE meninggalkan Old Trafford pada tahun 2013 silam, Manchester United mengalami perubahan. Identitas mereka seakan seperti hilang. 

Tiga manajer penggantinya, yakni David Moyes, Louis Van Gaal, dan Jose Mourinho, tak bisa membuat Manchester United bermain seperti di era Ferguson. Mereka semua rata-rata memainkan sepakbola yang berkebalikan dengan era Ferguson; sepak bola yang tidak menarik dan membosankan.

Meski di Old Trafford cuma jadi supersub, namun ia paham betul seperti apa gaya melatih Ferguson. Le Tissier pun mengklaim MU berusaha untuk menghidupkan lagi era keemasan Ferguson melalui Ole Gunnar Solskjaer.

"Saya pikir ini adalah penunjukan yang menarik. Sepertinya United ingin kembali seperti sedia kala," cetusnya pada Sky Sports.

"Mereka membutuhkan hubungan dengan Sir Alex dalam beberapa cara dan untuk mencoba mengembalikan klub ke era Manchester United yang kita semua kenali selama tahun-tahun di masa Fergie yang gegap gempita, dengan sepakbola menyerangnya," serunya.

"Ole Gunnar memainkan peran besar dalam sejarah Manchester United dan akan selamanya diingat untuk gol final Liga Champions itu dan begitu juga dengan banyak pemain lain," tandas Le Tissier. (bbc/skysports)

See Also

Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Pelatih PS Tira-Persikabo Minta Pemainnya Tak Lihat Hasil Buruk Persebaya
Puasa Tidak Mengurangi Semangat Berolahraga Prajurit Kodim 0716/Demak
Garuda Muda Ke Final Piala AFF U-22 Tantang Thailand
Babinsa Koramil Pantau Kegiatan Lomba Bola Voli Antar SMK Se-Kabupaten Demak
Dandim 0716/Demak Gembleng 27 Atlet FORKI
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Melalui Senam Aerobik, Persit Kodim 0716/Demak Jalin Kebersamaan
Hempaskan UEA 1-0, Indonesia U-19 Melaju Ke Perempat Final
Presiden Joko Widodo Dan Petinggi Negara Ikut Pecahkan Rekor Dunia Poco-Poco
Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco
Dandim 0716/Demak Ajak Danramil Beserta Perwira Staf Untuk Bertanding Bola Voli
Kodim 0716/Demak Dan Polres Siap Amankan Pengambilan Api Abadi Di Mrapen
Menko PMK Bilang Manfaatkan Asian Games 2018 Untuk Tingkatkan UKM, Ekonomi, Dan Parawisata
Muhammad Zohri Juarai Lari 100 Meter Putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20
Kalahkan Inggris 2-1, Kuda Hitam Kroasia Bikin Kejutan Maju Ke Final
Kalahkan Belgia Skor Tipis 1-0, Prancis Capai Final Piala Dunia 2018
Dandim 0716/Demak Bersama Kapolres Buka Turnamen Usia Dini Se-Jateng Dan DIY
Kento Momota Rebut Gelar Indonesia Terbuka Untuk Kedua Kalinya
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Raih Gelar Indonesia Terbuka 2018
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Indonesia Terbuka 2018
Hempaskan Tuan Rumah 4-3 Lewat Adu Penalti, Kroasia Capai Semi Final
Tekuk Swedia 2-0, Inggris Melaju Ke Semi Final
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.123.926 Since: 07.04.14 | 0.6022 sec