YouTube Facebook Twitter RSS
20 Jul 2019, 0

Internasional

Penutupan Pelayanan Pemerintah AS

Friday, 11 January 2019 | View : 112

siarjustisia.com-WASHINGTON D.C.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) diperintahkan oleh Presiden AS ke-45 yang mulai menduduki jabatannya sejak 20 Januari 2017, Donald John Trump melakukan penghentian pelayanan (government shutdown).

Selama tahun 2018, Presiden AS tersebut, Donald Trump telah tiga kali melakukan penutupan layanan pemerintahan. Penutupan yang ketiga dimulai pertengahan Desember 2018, yang berkepanjangan sehingga sekaligus menjadi penutupan atau shutdown pertama dalam tahun 2019 ini. Penutupan sebagian layanan pemerintah (partial shutdown) yang berkepanjangan kali ini, diwarnai juga dengan penolakan Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang perbelanjaan (spending bill) yang telah disetujui oleh para wakil rakyat AS.

Pertengahan Januari 2019 ini, penutupan pemerintahan Amerika Serikat telah hampir memasuki minggu yang keempat. Sampai Selasa (8/1/2019) petang, Presiden AS Donald Trump tetap bersikukuh tidak membuka kembali layanan pemerintahannya.

Penutupan pemerintahan atau government shutdown dalam sistem politik di Amerika Serikat (AS), dapat terjadi jika Kongres tidak menyetujui rencana anggaran yang diajukan pihak pemerintah atau eksekutif di sana.

Pemerintah pusat, dengan menutup layanan pemerintahan, berusaha memaksa agar legislatif menuruti atau menyetujui usulannya.

Pemerintah boleh menghentikan semua layanannya kepada publik. Tentu ada prioritasnya, dan tidak semua layanan berhenti total sehingga kehidupan kemasyarakatan bisa menjadi lumpuh.

Sejumlah layanan yang dianggap penting bagi kehidupan publik, biasanya tetap berlangsung. Terutama yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta keselamatan dan kesehatan publik. Pemerintah pasti tidak berani mengambil risiko yang terlalu besar, yang bisa mengundang kemarahan rakyatnya. Namun sama sekali tidak ada jaminan hukum layanan mana yang mutlak harus tetap berlangsung. Pemerintah punya hak buat memilihnya, dan pihak Kongres berwenang mengesahkan anggaran pemerintah pusat. Tarik-menarik atau dorong-mendorong antara pihak eksekutif dan pihak legislatif, sangat mewarnai lembaga mana yang bisa tetap melayani dan lembaga mana yang harus betulbetul berhenti melayani.

Umumnya, badan Pemerintah Federal yang dianggap tetap harus melayani antara lain Badan Pelayanan Informasi Cuaca atau National Weather Service, layanan kesehatan di tingkat pemerintahan federal, layanan pengawasan lalu lintas udara (Air Traffic Controler), kegiatan angkatan bersenjata, layanan kepolisian, dan sistem penjara.

Skala prioritasnya disusun oleh pihak Badan Pengelolaan dan Anggaran atau Office of Management and Budget (OMB).

Berdasarkan catatan tentang serangkaian kejadian penutupan pelayanan pemerintahan AS yang lalu, kita bisa menyusun daftar layanan yang dihentikan selama shutdown yang berkepanjangan. Layanan publik yang paling terpengaruh antara lain jaminan sosial atau social security: Benefit layanan jaminan sosial tetap diberikan selama government shutdown, tetapi permohonan jaminan sosial yang baru ditunda pemrosesannya.

Selain itu, restitusi (pengembalian kelebihan) pajak penghasilan atau income tax biasanya ditunda juga. Tetapi layanan petugas bea cukai dan patroli perbatasan umumnya tetap berlangsung secara penuh. Layanan kemasyarakatan seperti bantuan kesehatan dan bantuan biaya kehidupan bagi kaum miskin tentu tetap disalurkan, tetapi pemrosesan bagi para pemohon yang baru mengalami penundaan.

Pada saat shutdown, biasanya layanan pengantaran kiriman pos tetap berlangsung karena jawatan pelayanan pos di Amerika Serikat boleh dibilang sudah mandiri. Para tentara biasanya tetap menjalankan tugas sehari-hari mereka, hanya saja gajinya tertunda. Sedang Pegawai Negeri Sipil pada dinas-dinas pertahanan, jika terpaksa sebagian di antaranya dirumahkan sementara.

Begitu juga para karyawan atau staf pada dinas-dinas pendukung seperti radio dan televisi pemerintah, akan tetap bekerja namun gajinya tertunda. Termasuk gaji sejumlah warga Indonesia yang bekerja di Radio Suara Amerika (Voice of America). Sistem peradilan dan penegakan hukum AS tetap berlangsung seperti dalam keadaan normal. Rumah tahanan dan penjara tetap beroperasi. Para inspektur keamanan pangan dari Kementerian Pertanian akan tetap menjalankan tugasnya, tetapi fungsi-fungsi prekreditan serta program bantuan petani mungkin sementara berhenti beroperasi.

Transportasi dan layanan keamanan angkutan massal tetap berfungsi. Para penjaga pantai akan tetap menjalankan tugasnya, meski gaji mereka tertunda. Para penjaga taman nasional juga tetap berpatroli, tetapi hutan dan tamantaman wisata sementara tidak buka bagi umum. Permohonan paspor dan visa biasanya juga tidak berlangsung selama government shutdown. Museum dan situs-situs bersejarah milik pemerintah, biasanya juga ditutup dan tidak melayani publik selama government shutdown. (id)

See Also

Mantan PM Australia Bob Hawke Wafat
Filipina Tarik Dubes Dan Konsul Dari Kanada
17 Tentara Niger Tewas Diserang Teroris
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Pangkalan Militer Yaman Diserang Gerakan Houthi
Ketua Bank Sentral AS Ingatkan Dampak Negatif Penutupan Berkepanjangan Pemerintah
Raja Malaysia Mengundurkan Diri
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Dubes Indonesia Untuk Arab Saudi Benarkan Rilis Soal Rizieq Shihab Darinya
Dunia Kembali Dihantui Era Perang Dingin
2 Negara Eropa Kecam Rencana Amerika Serikat Keluar Dari Perjanjian INF
Rusia Tuding Amerika Serikat Bermain Kasar
Presiden AS Batalkan Perjanjian Nuklir 1987 Dengan Rusia
Terlibat Skandal Gratifikasi Seks, Pejabat Imigrasi Singapura Diadili
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
3 Kapal Perang Jepang Bersandar Di Pelabuhan Tanjung Priok
NASA Klaim Planet Proxima Centauri B Bisa Dihuni
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.110.819 Since: 07.04.14 | 0.5657 sec