YouTube Facebook Twitter RSS
19 Jan 2019, 0

Hukum

Polda Metro Jaya Bekuk Guru Penyebar Hoax Surat Suara

Saturday, 12 January 2019 | View : 18

siarjustisia.com-JAKARTA.

Sub Direktorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, akhirnya berhasil meringkus seorang guru berinisial MIK (38 tahun) lantaran diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks terkait tujuh kontainer berisi 80 juta surat suara yang sudah dicoblos.

"Penangkapan seseorang yang menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan atau menyebarkan berita bohong," tutur Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Raden Prabowo Argo Yuwono, S.IK., M.Hum. di MaPolda Metro Jaya, Jl. Jenderal Sudirman Kav.No.55, RT05/RW03, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/1/2019).

Dikatakan, pengungkapan kasus ini bermula ketika viralnya berita bohong terkait adanya tujuh kontainer di Tanjung Priok, berisi 80 juta surat suara telah dicoblos, di media sosial. Tim Cyber Crime kemudian melakukan patroli dunia maya.

"Dari kegiatan itu, akhirnya menemukan akun Twitter @chiecilihie80, yang berisikan tulisan di Tanjung Priok ada tujuh kontainer tadi," ungkap mantan Kasat Serse Polres TTU Polda Nusra periode 1994-1995 tersebut.

Sejurus kemudian, penyidik membuat laporan model A, pada tanggal 4 Januari 2019. "Kami melakukan penyelidikan, memeriksa saksi-saksi, akhirnya kami menaikkan status ke penyidikan," urai mantan WaKapolres Takalar Polda Sulsel pada tahun 2003 itu.

Ia menyampaikan, penyidik kemudian mengejar penulis dan pemilik akun Twitter itu, di Majalengka. Namun, ternyata yang bersangkutan sudah pindah ke Cilegon.

"Tanggal 6 Januari, sekitar pukul 22.30 WIB, akhirnya kami menangkap pelaku dan dibawa ke Polda Metro Jaya. Tersangka berinisial MIK, usia 38 tahun," jelas mantan Kasat Serse Polres Buleleng Polda Bali pada tahun 1996, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, S.IK., M.Hum.

Mantan Kabid Humas Polda Jatim pada tahun 2015 tersebut, Kombes Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono, S.IK., M.Hum. mengungkapkan, tersangka MIK berperan memposting kalimat yang dibuatnya sendiri di akun twitter itu. Kemudian, mention ke akun Twitter @dahnilanzar. Cuitannya berbunyi: "@dahnilanzar Harap ditindaklanjuti informasi berikut: DI TANJUNG PRIOK ADA 7 KONTAINER BERISI 80JT SURAT SUARA YANG SUDAH DICOBLOS. HAYO PADA MERAPAT PASTI DARI TIONGKOK TUH."

"Di bawahnya ada juga yang isinya 'viralkan info dari sumber yang layak dipercaya' dan seterusnya," ucap mantan Kabag Binlat Ro Ops Polda Kaltim pada tahun 2009.

Menurutnya, penyidik sudah melakukan pemeriksaan kepada tersangka. Berdasarkan keterangannya, dia mempostingtulisan itu untuk memberitahukan kepada tim pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02.

"Bahwa dari hasil pemeriksan tersangka, yang bersangkutan adalah seorang guru di daerah Cilegon. Yang bersangkutan membuat narasi kalimat postingan di akun itu dibuat sendiri, dengan maksud memberitahukan kepada tim pendukung paslon 02 tentang informasi tersebut. Ini menurut keterangan tersangka seperti itu. Tersangka juga tak bisa membuktikan ini capturenya dari mana. Kami tanya dari mana, dia tidak bisa membuktikan. Kata dia dari Facebook, tapi dia nggak tahu Facebook siapa," tandas mantan Kapolsek Denpasar Barat Polresta Denpasar Polda Bali pada tahun 1998.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Elektronik, dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1.000.O00.000, dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan Hukum Pidana, dengan pidana penjara paling singkat 2 tahun dan paling lama 10 tahun. (bs)

See Also

PT. NKE Dihukum Denda Rp 85,49 Miliar
Polda Jatim Ingatkan VA Bisa Jadi Tersangka
KPK Tahan 2 Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara
Polda Jatim Sebut VA Terima 15 Kali Transfer Uang Dari Muncikari
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Usai Diperiksa Polda Jatim, VA Dan AS Minta Maaf
Polda Jatim Ringkus Muncikari Dua Artis Ibu Kota
Polda Jawa Timur Tetapkan 2 Tersangka Prostitusi Online Artis
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Polres Magelang Kota Dalami Motif Tersangka Perusakan Nisan
Perusak Nisan Di 4 TPU Kota Magelang Ditangkap
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Perusakan Nisan Di TPU Kota Magelang Masih Berlanjut
Polres Magelang Selidiki Perusakan Belasan Nisan Di Pemakaman Umum
Pembelian Alat Sekolah SMK Bernilai Ratusan Miliar Di Dinas Pendidikan Prov Jatim Perlu Diperiksa
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Artis Kembali Ditangkap Terkait Kasus Narkoba
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Polres Metro Jakarta Selatan Gali Motif Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Polres Metro Jakarta Selatan Tangkap Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.252.859 Since: 07.04.14 | 0.6183 sec