YouTube Facebook Twitter RSS
17 Jul 2019, 0

Ekonomi

Sengketa Hak Paten, Apple Dan Samsung Berakhir Dengan Sama-sama Dimenangkan

Saturday, 03 May 2014 | View : 683

siarjustisia.com-SAN JOSE.

Dewan juri di Pengadilan Federal Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu memenangkan sebagian gugatan Apple Inc. dan Samsung Electronics Co. Ltd. terhadap masing-masing pihak.

Samsung Electronics Co. Ltd. dinyatakan bersalah melanggar beberapa hak paten milik Apple Inc. sehingga raksasa elektronik konsumsi Korea Selatan (Korsel) itu harus membayar ganti rugi US$ 119,6 juta. Samsung Electronics Co. Ltd. telah diperintahkan untuk membayar US$ 119,46 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun untuk kerugian Apple Inc., setelah perusahaan Korea Selatan itu dinyatakan bersalah melanggar dua hak paten pada fitur smartphone

Dalam gugatan terbaru yang melibatkan dua raksasa teknologi, juri di pengadilan federal di San Jose, California, AS memutuskan bahwa Samsung Electronics Co. Ltd. telah menyalin fitur kunci dari iPhone dalam menciptakan garis sendiri smartphone, termasuk pencarian universal dan fitur geser untuk mengunci.

Sedangkan klaim balasan, juri menemukan bahwa Apple Inc. telah melanggar salah satu paten Samsung Electronics Co. Ltd. dalam menciptakan iPhone 4 dan 5.

Tapi, dewan juri juga memenangkan beberapa kontra klaim dari Samsung Electronics Co. Ltd. sehingga Apple Inc. harus membayar ganti rugi US$ 158.400. Juri mengabulkan klain Samsung Electronics Co. Ltd. senilai US$ 158.400 atau setara dengan Rp 1,8 miliar atau hanya sebagian kecil dari tuntutan Samsung Electronics Co. Ltd. senilai US$ 6 juta atau setara dengan Rp 69 miliar.

Brian Love, asisten profesor di sekolah Santa Clara University of law, mengatakan, " Meskipun putusan ini besar dibandingkan dengan standar normal, sulit untuk melihat hasil sebanyak itu sebagai kemenangan bagi Apple."

"Jumlah ini kurang dari 10 persen dari yang diminta Apple, dan mungkin tidak melampaui pengeluaran besar Apple yang dihabiskan pada perselisihan kasus paten ini," terangnya.

Dalam pernyataan kepada media, Apple Inc. melukiskan putusan itu sebagai kemenangan yang mengukuhkan putusan pengadilan di sejumlah negara. “Bahwa Samsung dengan sengaja mencuri ide-ide kami dan menyalin produk-produk kami,” demikian kata Apple Inc.

Adapun, Samsung Electronic Co. Ltd. menolak berkomentar dengan alasan belum ada ketetapan atas  putusan dewan juri itu.

Dewan juri diperkirakan pada Senin (5/5/2014) menetapkan perhitungan ganti rugi yang harus dibayar kedua belah pihak.

Tapi putusan itu jauh dari tuntutan US$ 2,2 miliar atau setara dengan Rp 25,3 triliun dari Apple Inc. dan US$ 930 juta atau setara dengan Rp 10,7 triliun yang dimenangkan dalam persidangan terpisah 2012 membuat klaim pelanggaran paten yang sama terhadap produk Samsung Electronics Co. Ltd., yang sebagian besar tidak lagi dijual di Amerika Serikat (AS).

Keputusan dewan juri itu bertolak belakang dengan keputusan gugatan hak paten pada 2012 di pengadilan yang sama. Kalau sebelumnya, Apple Inc. menang mutlak, kali ini Samsung Electronics Co. Ltd. juga menang di beberapa area.

Tim pengacara hukum Apple Inc. sebelumnya mendesak dewan juri untuk memerintahkan Samsung Electronics Co. Ltd. membayar ganti rugi lebih dari US$ 2 miliar karena terang-terangan meniru fitur-fitur iPhone.

Tim pengacara hukum Samsung Electronics Co. Ltd. tetap berpendapat hal itu bermula dari ‘perang’ yang dinyatakan Apple Inc. terhadap platform Android buatan Google Inc., yang dipakai di banyak ponsel pintar, termasuk buatan Samsung Electronics Co. Ltd.

Pada Agustus 2012, tim juri berbeda di pengadilan yang sama memutuskan Samsung Electronics Co. Ltd. harus membayar ganti rugi US$ 1,049 miliar kepada Apple Inc. karena meniru fitur-fitur iPhone serta iPad secara ilegal. Nilai ganti rugi kemudian diturunkan jadi US$ 929 juta dan saat ini kasusnya masih dalam proses banding.

Adapun putusan juri pada Jumat (2/5/2014) waktu setempat atau Sabtu (3/5/2014) WIB merupakan gugatan hak paten yang dimulai awal April 2014 di pengadilan distrik San Jose, California, Amerika Serikat (AS).

Hak paten yang dimaksud adalah cara mengaktifkan layar sentuh dengan gestur geser, koreksi kata yang diketikkan secara otomatis, cara menampilkan data yang dicari oleh pengguna, dan tindakan yang diambil terhadap data yang sudah ditemukan, seperti melakukan panggilan setelah menemukan nomor teleponnnya.

Ponsel-ponsel pintar Samsung Electronics Co. Ltd. yang menjadi sasaran gugatan dari Apple Inc. termasuk lini produk Galaxy dan tablet Galaxy 2.

Sedangkan, Samsung Electronics Co. Ltd. menuding Apple Inc. melanggar hak paten transmisi video digital dan penyimpanan citra digital.

Selama lebih dari tiga tahun, Apple Inc. dan Samsung Electronics Co. Ltd. menggugat satu sama lain di pengadilan dan kantor perdagangan di seluruh dunia. (afp)

See Also

Bursa Asia Ditutup Tergerus
Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Bervariasi
Bursa Asia Bervariasi
Wall Street Menguat
10 Maskapai Penerbangan Terbaik Di Dunia Tahun 2019
Boeing Tak Terima Pesanan Pesawat Sejak April 2019
Bursa Saham AS Turun
12 Pelabuhan & Bandar Udara Deklarasi Zona Integritas
Rabobank Indonesia Resmi Hengkang Dari Indonesia
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Bursa Saham AS Ditutup Turun
Bursa Saham AS Menguat
Tingkatkan Harga Yang Maksimal, Babinsa 13/Karangawen Bantu Petani Jemur Hasil Panen
Bantu Percepatan Pembangunan, Danramil 01/Demak Kota Hadiri Musrembangdes
Babinsa 09/Karangtengah Beri Motivasi Kepada Para Petambak Bandeng
Tingkatkan Motivasi Petani Swasembada Pajale, Babinsa 13/Karangawen Bantu Panen Jagung
Babinsa 01/Demak Dampingi Program Kotaku Di Desa Mulyorejo
Antisipasi Kelangkaan Dan Kestabilan Harga Pupuk, Babinsa 12/Mranggen Cek Langsung
Wall Street Menguat
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.100.230 Since: 07.04.14 | 0.5816 sec