YouTube Facebook Twitter RSS
19 Apr 2019, 0

Hukum

KPK Tetapkan Bupati Mesuji Sebagai Tersangka

Friday, 25 January 2019 | View : 60

siarjustisia.com-JAKARTA.

Lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Mesuji Khamami sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek-proyek infrastruktur di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, Kamis (24/1/2019).

Tak hanya Khamami, status tersangka juga disematkan KPK terhadap adik Khamami bernama Taufik Hidayat; Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wawan Suhendra, pemilik PT. Jasa Promix Nusantara dan PT. Secilia Putri, Sibron Azis serta seorang pengusaha bernama Kardinal.

Penetapan ini dilakukan KPK setelah memeriksa intensif kelima tersangka dan enam orang lainnya yang ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lampung, Provinsi Lampung, pada Rabu (23/1/2019).

"KPK menetapkan lima orang tersangka sejalan dengan peningkatan status penanganan perkara ke penyidikan," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada No.4, RT01/RW06, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Dikatakan Basaria Panjaitan, Khamami diduga menerima suap sebesar Rp 1,28 miliar dari Sibron Azis dan Kardinal terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji.

Uang tersebut merupakan bagian dari permintaan fee proyek sebesar 12% yang diminta Khamami melalui Wawan Suhendra kepada rekanan calon pemenang atau pelaksana proyek di Dinas PUPR Pemkab Mesuji sebelum proyek lelang dilakukan.

"Diduga fee proyek diserahkan kepada TH (Taufik Hidayat) dan digunakan untuk kepentingan Bupati (Khamami)," katanya.

Diduga fee tersebut merupakan pembayaran atas empat proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh PT. Jasa Promix Nusantara dan PT. Secilia Putri. Keempat proyek yang menjadi bancakan Khamami di antaranya, proyek pengadaan Base senilai Rp 9,2 miliar dan proyek pengadaan bahan material ruas Brabasan-Mekarsari senilai Rp 3,75 miliar. Kedua proyek ini digarap oleh PT. JPN.

"Dua proyek dikerjakan PT. SP (Secilia Putri), yakni pengadaan Base Labuhan Mulya - Labuhan Baru - Labuhan Batin senilai Rp 1,48 miliar dan proyek pengadaan bahan material penambahan kanan-kiri (Segitiga Emas - Muara Tenang) senilai Rp 1,23 miliar," papar Basaria Panjaitan.

Diduga uang Rp 1,28 miliar itu bukanlah suap pertama yang diterima Khamami dari Sibron Azis. Dikatakan Basaria Panjaitan, Khamami sebelumnya telah menerima suap sebesar Rp 300 juta secara bertahap. Dengan demikian, secara total Khamami menerima suap sebesar Rp 1,58 miliar.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Khamami, Taufik dan Wawan yang menyandang status tersangka penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara Sibron Azis dan Kardinal yang ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 5 Ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (sp/jos)

See Also

KPK Panggil Setya Novanto Sebagai Saksi
KPK Periksa Staf Khusus Menteri Agama
KPK Periksa Direktur SDM Adhi Karya
KPK Tetapkan Mantan Sekda Malang Sebagai Tersangka
Mantan Sekda Malang Ditahan KPK
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
KPK Periksa GM Adhi Karya
KPK Tetapkan Direktur PT. Krakatau Steel Tersangka Suap
KPK Amankan 6 Orang Dalam OTT Krakatau Steel
KPK OTT Direktur Produksi Dan Teknologi PT. Krakatau Steel
Bupati Mesuji Ditangkap KPK
KPK Tahan Bupati Mesuji
Dandim 0716/Demak Hadiri Sosialisasi Milenial Road Safety Festival
Polda Metro Jaya Bekuk Guru Penyebar Hoax Surat Suara
PT. NKE Dihukum Denda Rp 85,49 Miliar
Polda Jatim Ingatkan VA Bisa Jadi Tersangka
KPK Tahan 2 Mantan Anggota DPRD Sumatera Utara
Polda Jatim Sebut VA Terima 15 Kali Transfer Uang Dari Muncikari
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Usai Diperiksa Polda Jatim, VA Dan AS Minta Maaf
Polda Jatim Ringkus Muncikari Dua Artis Ibu Kota
Polda Jawa Timur Tetapkan 2 Tersangka Prostitusi Online Artis
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Polres Magelang Kota Dalami Motif Tersangka Perusakan Nisan
Perusak Nisan Di 4 TPU Kota Magelang Ditangkap
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.688.290 Since: 07.04.14 | 0.6001 sec