YouTube Facebook Twitter RSS
22 Feb 2020, 0

Hukum

KPK Tetapkan Bupati Mesuji Sebagai Tersangka

Friday, 25 January 2019 | View : 607

siarjustisia.com-JAKARTA.

Lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Mesuji Khamami sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek-proyek infrastruktur di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, Kamis (24/1/2019).

Tak hanya Khamami, status tersangka juga disematkan KPK terhadap adik Khamami bernama Taufik Hidayat; Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wawan Suhendra, pemilik PT. Jasa Promix Nusantara dan PT. Secilia Putri, Sibron Azis serta seorang pengusaha bernama Kardinal.

Penetapan ini dilakukan KPK setelah memeriksa intensif kelima tersangka dan enam orang lainnya yang ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lampung, Provinsi Lampung, pada Rabu (23/1/2019).

"KPK menetapkan lima orang tersangka sejalan dengan peningkatan status penanganan perkara ke penyidikan," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada No.4, RT01/RW06, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Dikatakan Basaria Panjaitan, Khamami diduga menerima suap sebesar Rp 1,28 miliar dari Sibron Azis dan Kardinal terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji.

Uang tersebut merupakan bagian dari permintaan fee proyek sebesar 12% yang diminta Khamami melalui Wawan Suhendra kepada rekanan calon pemenang atau pelaksana proyek di Dinas PUPR Pemkab Mesuji sebelum proyek lelang dilakukan.

"Diduga fee proyek diserahkan kepada TH (Taufik Hidayat) dan digunakan untuk kepentingan Bupati (Khamami)," katanya.

Diduga fee tersebut merupakan pembayaran atas empat proyek infrastruktur yang dikerjakan oleh PT. Jasa Promix Nusantara dan PT. Secilia Putri. Keempat proyek yang menjadi bancakan Khamami di antaranya, proyek pengadaan Base senilai Rp 9,2 miliar dan proyek pengadaan bahan material ruas Brabasan-Mekarsari senilai Rp 3,75 miliar. Kedua proyek ini digarap oleh PT. JPN.

"Dua proyek dikerjakan PT. SP (Secilia Putri), yakni pengadaan Base Labuhan Mulya - Labuhan Baru - Labuhan Batin senilai Rp 1,48 miliar dan proyek pengadaan bahan material penambahan kanan-kiri (Segitiga Emas - Muara Tenang) senilai Rp 1,23 miliar," papar Basaria Panjaitan.

Diduga uang Rp 1,28 miliar itu bukanlah suap pertama yang diterima Khamami dari Sibron Azis. Dikatakan Basaria Panjaitan, Khamami sebelumnya telah menerima suap sebesar Rp 300 juta secara bertahap. Dengan demikian, secara total Khamami menerima suap sebesar Rp 1,58 miliar.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Khamami, Taufik dan Wawan yang menyandang status tersangka penerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara Sibron Azis dan Kardinal yang ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 5 Ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (sp/jos)

See Also

Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 15 Saksi Pemilik Rekening Saham
Polda Metro Jaya Akan Musnahkan Sejumlah Narkoba
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
Polda Metro Jaya Tahan Lucinta Luna Di Ruang Khusus Blok Perempuan
Kasus Suap PAW, KPK Periksa Mantan Kepala Sekretariat DPP PDIP
Wali Kota Non Aktif Medan Segera Diadili
Bupati Non Aktif Indramayu Segera Diadili
Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan Dikembalikan Ke Jaksa
Polres Metro Jakarta Utara Ungkap Sindikat Penyedia PSK Di Bawah Umur
Polda Metro Jaya Tangkap Artis Pengedar Kokain
Pembunuh Suami Dan Anak Tiri Terancam Hukuman Mati
Diskotek Golden Crown Ditutup Pemprov DKI Jakarta
Kasus Suap PAW, KPK Periksa Anggota DPR RI Riezky Aprilia
KPK Tahan Bupati Bengkalis
Kejagung Tetapkan Satu Tersangka Baru Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
jQuery Slider

Comments

Archives :2020201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 9.256.669 Since: 07.04.14 | 0.9101 sec