YouTube Facebook Twitter RSS
21 Sep 2019, 0

Hukum

Kapolda Sumatera Utara Ultimatum Tahanan Lapas Narkotika Kabur

Thursday, 16 May 2019 | View : 52

siarjustisia.com-MEDAN.

Kerusuhan massal terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas III Langkat di Cempa, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (16/5/2019) siang.

Para tahanan membakar lapas, merusak kendaraan maupun merusak fasilitas lapas sebelum melarikan diri. Peristiwa ini menggegerkan masyarakat maupun petugas lapas di sana.

Situasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), pascakerusuhan, Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 14.00 WIB, masih mencekam.

Pantauan di lokasi kejadian, para tahanan masih ada yang berada di halaman gedung lapas. Sebagian lagi masih ada yang berada di dalam gedung. Sementara itu, ratusan tahanan lainnya melarikan diri.

Keberadaan para tahanan di luar gedung tahanan itu menjadi pusat perhatian masyarakat. Petugas lapas yang sebelumnya bertugas melakukan penjagaan di hari tersebut, hanya bisa memantau perilaku tahanan dari kejauhan.

Berdasarkan informasi, ada sebanyak 200 orang tahanan yang kabur dari lapas tersebut.

Aparat kepolisian pun turun melakukan penyelidikan dan pengejaran.

Aparat kepolisian bersama dengan TNI mulai turun ke Lapas Narkotika. Dilengkapi senjata, petugas mengimbau para tahanan itu untuk segera menenangkan diri.

Petugas juga melakukan pengepungan di sejumlah kawasan yang berhubungan dengan gedung lapas tersebut. Petugas melakukan ini untuk mencegah tahanan melarikan diri pascakerusuhan tersebut.

Humas Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sumut, Josua Ginting membenarkan kejadian yang berujung pembakaran lapas tersebut.

"Tim dari Kemenkum HAM Sumut sedang menuju ke lokasi lapas. Tim akan mencari tahu penyebab kerusuhan tersebut," ujar Josua Ginting.

Kepolisian Resort (Polres) Binjai menggelar razia besar-besaran di sepanjang jalan yang berhubungan kaburnya ratusan tahanan dari Lapas Narkotika di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Kamis (16/5/2019).

Pihak kepolisian melakukan razia dengan memeriksa setiap kendaraan, baik itu angkutan umum maupun mobil pribadi, yang datang dari Langkat dengan tujuan Binjai maupun Medan. Binjai memiliki perbatasan langsung dengan Langkat.

"Kita melakukan razia bilamana ada tahanan yang kabur dengan tujuan Medan maupun daerah lainnya. Dengan razia ini, sulit bagi mereka untuk meloloskan diri," ujar Kapolres Binjai, AKBP Nugroho, saat memimpin razia di perbatasan Binjai-Langkat.

AKBP Nugroho mengatakan, pihaknya menggelar razia tanpa batas waktu. Sehingga, razia ini semakin mempermudah menangkap setiap tahanan bila melintas di Binjai.

"Selama tahanan itu belum semuanya ditangkap maka razia ini terus dilakukan. Kita juga sudah sebarkan anggota untuk melakukan pemantauan di masyarakat," sebut AKBP Nugroho.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan, pihaknya sudah memerintahkan Polres Langkat dan jajarannya untuk melakukan razia besar-besaran.

"Razia di perbatasan Langkat dan Aceh. Saya juga perintahkan polisi di sana untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap tahanan yang kabur itu," katanya.

Kapolda mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab dari kerusuhan tahanan di lapas itu. Pihaknya juga akan mendata lebih rinci atas jumlah napi yang kabur.

"Saya mengimbau kepada para napi yang melarikan diri supaya menyerahkan diri. Bagi keluarga tahanan juga diharapkan membujuk tahanan itu supaya menyerah," katanya.

Menurutnya, pihaknya akan mengambil sikap tegas bila para tahanan itu tidak segera melarikan diri. Kapolda juga meminta bantuan masyarakat untuk proaktif di setiap lingkungan.

"Jika melihat orang mencurigakan maka sebaiknya segera memberikan laporan ke polisi terdekat. Masyarakat tidak usah khawatir atas kejadian ini," sebutnya. 

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol. Agus Andrianto akhirnya mengultimatum, ratusan tahanan yang kabur dari Lapas Narkotika di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, supaya segera menyerahkan diri.

"Lebih baik menyerahkan diri daripada akhirnya ditangkap anggota saya. Rasanya ditangkap itu pasti menyakitkan. Bakal menyesal kemudian hari. Semua data menyangkut tahanan yang kabur itu, sudah kami miliki," ujar Irjen Pol. Agus Andrianto, Kamis (16/5/2019).

Irjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, pihaknya sudah memerintahkan seluruh jajarannya, mulai dari kepolisian resort (Polres) sampai ke tingkat kepolisian sektor (Polsek), untuk gencar melakukan razia di kawasan jalan yang berhubungan dengan lintasan ke Langkat.

"Saya juga perintahkan seluruh jajaran untuk menyisir sejumlah lokasi yang kemungkinan bisa dijadikan kawasan lintasan maupun tempat persembunyian oleh tahanan kabur itu," tegas Irjen Pol. Agus Andrianto. (bs/jos)

See Also

Ipda Erwin Yudha Wildani Yang Terbakar Saat Amankan Demo Akhirnya Meninggal Dunia
Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Rumah Sakit Polri Sebut Polisi Yang Terbakar Saat Kawal Demo Alami Luka Bakar 64
Anggota Polres Cianjur Alami Luka Bakar
Artis Rio Reifan Kembali Ditangkap Terkait Narkoba
Umar Kei Ditangkap, Polisi Sita 5 Plastik Sabu Dan Senpi
Jefri Nichol Ditahan Sebagai Tersangka Kasus Ganja
Jefri Nichol Ditangkap Karena Narkoba
Terjerat Narkoba, Jamal Preman Pensiun Ajukan Rehabilitasi
Kronologi Penangkapan Nunung Dan Suaminya
Komedian Nunung Ditangkap Terkait Kasus Narkoba
Hasil Rapat MK Soal Penerimaan Gugatan Pilpres Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
Susunan Tim Kuasa Hukum Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
Hashim Djojohadikusumo Penanggung Jawab Gugatan Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Ke MK
Anggota Brimob Sipit Yang Dituduh Dari China Tegaskan Asli Indonesia
BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Daftarkan Gugatan Hasil Pilpres Ke MK Malam Nanti
MK Putuskan Gugatan Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Maksimum 14 Hari
Densus 88 Antiteror Tangkap 29 Terduga Teroris Berencana Ledakkan Bom
Sepanjang Tahun 2019, Polri Tangkap 68 Terduga Teroris Jaringan JAD
KPK Geledah Kantor Ditjen PSDKP
KPK Geledah Kantor PT. Daya Radar Utama
KPK Lelang Rumah Mewah Mantan Ketua DPRD Dan Bupati Bangkalan
Dukun Cabul Di Garut Diancam 15 Tahun Bui
Kalapas Dan 13 Petugas Lapas Nusakambangan Dicopot
Ketua Umum AKKMI Pertanyakan KSOP Mengutip PNBP
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.435.374 Since: 07.04.14 | 0.6245 sec