YouTube Facebook Twitter RSS
20 Feb 2020, 0

Hukum

BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Daftarkan Gugatan Hasil Pilpres Ke MK Malam Nanti

Friday, 24 May 2019 | View : 169

siarjustisia.com-JAKARTA.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mengajukan gugatan hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dijadwalkan akan mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (24/5/2019). Berkas gugatan akan didaftarkan malam nanti.

"Insyaallah gugatan @prabowo @sandiuno terkait perselisihan hasil Pilpres di @Humas_MKRI akan dikirimkan hari ini, tepatnya malam nanti," kata Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak lewat akun Twitternya, @Dahnilanzar, Jumat (24/5/2019).

Gugatan akan dilayangkan melalui sejumlah tim kuasa hukum, diantaranya Bambang Widjojanto, Irman Putra Sidin, Denny Indrayana dan Rikrik Rizkian.

Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan tim kuasa hukum akan dipimpin mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjayanto. "Kuasa hukum dipimpin oleh Mantan Wakil ketua KPK, Dr Bambang Widjayanto. @sosmedbw. Perkembangan selanjutnya akan dikabarkan segera," ungkapnya.

Cawapres Sandiaga Uno sebelumnya meminta pendukung bersabar menanti masuknya gugatan hasil Pilpres 2019 ke MK. Pihaknya telah menyiapkan dokumen-dokumen untuk mengajukan gugatan itu.

"Pagi ini kami telah menyiapkan beberapa dokumentasi yang rencananya menjadi bagian daripada kesiapan proses untuk memasukkan gugatan sengketa pilpres dan upaya-upaya hukum yang tentunya dalam langkah-langkah kita mengupayakan proses-proses," ucap Sandiaga Uno kepada wartawan di Jalan Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

Sandiaga Uno belum memastikan akan ikut ke MK atau tidak. Pembahasan masalah gugatan langsung dipimpin oleh Hashim Djojohadikusumo.

"Belum dipastikan, karena materinya terus dikebut nanti Pak Hashim yang memberikan keterangan prosesnya gimana, prosesnya, seperti apa rencana kita untuk menggugat, apakah kita harus mendampingi atau tidak," pungkas Sandiaga Uno.

Sebelumnya, dari informasi yang beredar, gugatan rencananya akan dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB. Namun, hingga pukul 14.30 WIB belum ada satupun tim kuasa hukum Prabowo-Sandi yang mendatangi Gedung MK.

Juru Bicara BPN Andre Rosiade, menjelaskan, gugatan ke MK sedianya baru akan dilakukan sekitar pukul 20.30 WIB. "20.30 (WIB)," kata Andre Rosiade, ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Tim kuasa hukum nantinya akan membawa sengketa Pilpres 2019 ke MK dengan membawa sejumlah barang bukti. Diantaranya tentunya juga akan dilampirkan bukti formulir C1.

Sebelumnya, pendaftaran gugatan sengketa Pilpres 2019 yang dilakukan BPN akan dilakukan Kamis (23/5/2019). Namun, tanpa alasan yang jelas, langkah tersebut batal dilakukan.

Pantauan di Gedung MK, Jakarta, ribuan petugas gabungan TNI-Polri sudah berjaga-jaga, mulai dari dalam gedung, hingga sepanjang jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Abdul Muis, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penjagaan juga dilakukan di gedung-gedung yang bersebelahan langsung dengan Gedung MK.

Menjelang pendaftaran, akses masuk menuju Gedung MK pun dibatasi. Khusus akses jalan utama di depan Gedung MK, kepolisian juga sudah menutup jalan mulai dari depan arah patung kuda. (det/sp/jos)

See Also

Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 15 Saksi Pemilik Rekening Saham
Polda Metro Jaya Akan Musnahkan Sejumlah Narkoba
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
Polda Metro Jaya Tahan Lucinta Luna Di Ruang Khusus Blok Perempuan
Kasus Suap PAW, KPK Periksa Mantan Kepala Sekretariat DPP PDIP
Wali Kota Non Aktif Medan Segera Diadili
Bupati Non Aktif Indramayu Segera Diadili
Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan Dikembalikan Ke Jaksa
Polres Metro Jakarta Utara Ungkap Sindikat Penyedia PSK Di Bawah Umur
Polda Metro Jaya Tangkap Artis Pengedar Kokain
Pembunuh Suami Dan Anak Tiri Terancam Hukuman Mati
Diskotek Golden Crown Ditutup Pemprov DKI Jakarta
Kasus Suap PAW, KPK Periksa Anggota DPR RI Riezky Aprilia
KPK Tahan Bupati Bengkalis
Kejagung Tetapkan Satu Tersangka Baru Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
jQuery Slider

Comments

Archives :2020201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 9.251.241 Since: 07.04.14 | 0.6558 sec