YouTube Facebook Twitter RSS
17 Oct 2019, 0

Nusantara

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah

Saturday, 24 August 2019 | View : 89
Tags : Kudus

siarjustisia.com-KUDUS.

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika disebut kata Petani? Biasanya kita akan langsung mengasosiasikannya dengan sebuah profesi tradisional di pedesaan yang jarang diminati oleh anak muda. Petani identik dengan kaos oblong dan celana kumal, sandal jepit, caping dan membawa cangkul.

Persepsi itulah yang ingin dirubah oleh Sofiyan Hadi, Pendiri pesantren Entrepreneur sekaligus Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Al Mawaddah. Dengan menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Petani Muda ia berharap akan tumbuh para petani dari generasi milenial yang berkontribusi pada pembangunan pertanian di Indonesia.

“Siapa bilang petani tidak bisa sukses?”  Tanya sofiyan.  Ia kemudian meminta peserta untuk mengetik nama Kiyoto Saito dimesin pencari google. ”Inilah petani muda jepang yang modis. Anda akan heran dengan petani yang satu ini, karena ia mengolah lahannya dengan memakai setelan jas yang lengkap, dasi, dan bahkan sepatu pantofel. Jadi mulai sekarang rubahlah persepsi anda tentang petani yang sering identik dengan kotor dan tidak berpenghasilan besar. Mau keren dan kaya? Jadilah Petani," imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (24-27/8/2019)  ini difasilitasi oleh Pusat Pelatihan Managemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Kementan RI. Dalam sambutannya, Kepala Bidang Program dan Evaluasi PPMKP, Widianto, mengatakan regenerasi petani dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pertanian menjadi salah satu isu utama dalam kebijakan di sektor pertanian.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap generasi muda dalam berwirausaha di bidang pertanian. Selain itu, juga untuk menumbuhkan minat wirausaha generasi muda di bidang pertanian,” ujar Susan Twisawati Indiani Kepala Seksi Pelatihan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto. mengingatkan bahwa dalam segala bidang usaha terjadi kompetisi yang semakin ketat. Karena itu ia berpesan kepada para peserta Petani muda untuk memiliki cara berpikir strategis, kreatif dan inovatif untuk terjun dan sukses dalam usaha pertanian. ”Karena itu, diperlukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi untuk membuat produktivitas pertanian Indonesia semakin meningkat. Tentu saja tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya saat membuka kegiatan pada Jumat (23/8/2019) kemarin.

Pelatihan dirancang dengan pendekatan pendidikan orang dewasa yang memadukan teori di kelas dan praktik di lapangan. Puluhan peserta dari 10 kota di Jawa tengah (Kudus, Demak, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Tegal, Pekalongan, Blora, Jepara, Kendal, dan Pekalongan), ini dibekali materi inti mengenai pengembangan usaha agribisnis, potensi pasar, kemitraan dan negosiasi, etika bisnis, promosi produk, hingga strategi pemasaran. Untuk pengkayaan materi dihadirkan narasumber dari Universitas Muria Kudus dan kunjungan ke sentra industri Jenang Kudus Mubarokfood.

Pelatihan ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi pemilihan Pemuda Tani untuk mengikuti program magang selama satu tahun di Jepang.

See Also

PT. PLN (Persero) Akan Siapkan 22 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik
24 Ribu TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Anggota DPR RI
Lalu Lintas Menuju Gedung DPR MPR RI Lancar
711 Anggota DPR RI Dan DPD RI Terpilih Akan Dilantik Besok
70 Pesantren Dari Jateng & DIY Studi Banding Ke Mawaddah Kudus
KPU Sebut Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih Tetap 20 Oktober
Panglima TNI Tegaskan TNI Kawal Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden
Jelang HUT RI, Satgas TMMD Ajak Warga Bersihkan Lingkungan
Sejak Ada TMMD, Tidak Ada Lagi Kamus Takut Sama Tentara
Seberangkan Anak Sekolah Juga Dilakoni Satgas TMMD
Ngojek Anak Sekolah Di Desa TMMD Juga Dilakukan TNI
TNI Buka Biro Angkutan Antar Jemput Anak-Anak Sekolah
Danramil 01/Demak Kota Katakan Lega Rasanya Bisa Bantu Warga Mempunyai Rumah Layak Huni
Pelopori Peduli Kebersihan Lingkungan, TNI Gelar Jumat Bersih
TNI Ajarkan Anak-Anak SD Untuk Berperan Di Kebersihan Masjid
Ini Salah Satu Cara TNI Satgas TMMD Diidolakan Anak-anak
Terkait Upacara Penutupan TMMD Sudah Mulai Dirapatkan
Wawasan Kebangsaan Di Desa Sasaran TMMD Mulai Tampak
Sesibuk Apapun Kerja Di TMMD, TNI Satgas Tetap Tak Meninggalkan Ibadah
Dansatgas TMMD Kodim 0716/Demak Wujudkan Impian Warga Dukuh Duduk
Kami Guru Di Kalikondang Tak Pernah Lupa Dengan Jasa TNI
Sosok Prajurit TNI Yang Berandil Besar Di Pengecoran Jalan
Luar Biasa Saya Bisa Ngangsu Kawruh Dengan Banyak Ulama
Berkat TMMD, Lapangan Kalikondang Menjadi Kebanggaan Warga
Terus Didekati, Balita Di Desa TMMD Tak Takut Lagi Dengan Tentara
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.580.714 Since: 07.04.14 | 0.6478 sec