YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2020, 0

Nusantara

711 Anggota DPR RI Dan DPD RI Terpilih Akan Dilantik Besok

Monday, 30 September 2019 | View : 209
Tags : Dpd Ri, Dpr Ri

siarjustisia.com-JAKARTA.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengungkapkan sebanyak 711 anggota DPR RI dan DPD RI terpilih akan dilantik pada Selasa (1/10/2019) besok. Pelantikan akan berlangsung di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, RT01/RW03, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Sampai hari ini anggota terpilih (DPR dan DPD belum dilantik. Pelantikan anggota DPR, DPD terpilih itu akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober di Gedung DPR-MPR," ujar Wahyu ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (30/9/2019).

Wahyu juga membantah adanya informasi bahwa para wakil rakyat terpilih itu sudah dilantik di hotel mewah. Dia mengaku bahwa pihaknya memang menyelenggarakan acara yang mengundang para anggota DPR dan DPD terpilih baru-baru ini

"Jadi, itu acara ramah-tamah yang juga menghadirkan KPU dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," ungkap dia.

Acara ramah tamah tersebut dilaksanakan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya pemerintahan yang bersih. "Itulah kenapa KPU tidak sendiri tetapi kita juga menghadirkan KPK dalam hal ini Pak Alexander Marwata untuk memberikan paparan kepada calon anggota DPR dan DPD terpilih," jelas Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu mengatakan acara ramah-tamah semacam itu sebenarnya juga digelar sejak DPR terpilih periode 2014-2019. Namun, saat itu yang dilakukan benar-benar murni acara ramah tamah.

"Tetapi periode ini bedanya adalah kita memformulasikan forum ramah tamah itu dengan menghadirkan KPK. Jadi tidak sekedar ramah-tamah tapi juga ada kesan pesan yang kita ingin sampaikan," pungkas Wahyu.

Berdasarkan informasi dari Humas KPU, kegiatan pengucapan sumpah/janji Anggota DPR dan DPD merupakan bagian dari Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019. Sehingga KPU masih bertanggung jawab atas pelaksanaan pengambilan sumpah janji anggota DPR dan DPD.

Sementara itu, anggota dewan yang akan melaksanakan pengucapan sumpah/janji berjumlah 711 orang dengan rincian 575 anggota DPR dan 136 orang anggota DPD.

KPU memfasilitasi persiapan pengucapan sumpah/janji anggota DPR dan DPD mulai dari transportasi dan akomodasi, hingga mengantarkan ke Gedung DPR/MPR untuk pelaksanaan Pengucapan Sumpah/Janji, dan lantas diserahterimakan kepada Sekretariat Jenderal DPR, DPD dan MPR RI.

Mengingat banyaknya anggota DPR dan DPD, KPU membagi ke tiga lokasi, yaitu Hotel Shangri-La, Hotel Ritz Carlton dan Hotel Fairmont sebagai lokasi registrasi dan menginap. Rangkaian kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2019.

KPU mulai fasilitasi pada kegiatan registrasi di tiga hotel tersebut pada tanggal 29 September 2019 pukul 13.00 WIB. Kemudian pada malam harinya pukul 20.00 WIB, KPU menggelar malam ramah tamah yang dipusatkan di Ballroom Hotel Sangri-La. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh calon terpilih Anggota DPR RI dan DPD RI yang menginap di ketiga hotel tersebut, serta keynote speaker oleh KPK yang memaparkan tata kelola pemerintahan bebas dari korupsi.

Pada tanggal 30 September 2019, KPU juga memfasilitasi pelaksanaan Gladi Resik persiapan Pengucapan Sumpah/Janji di Gedung DPR/MPR RI yang diikuti oleh seluruh Calon Terpilih Anggota DPR RI dan DPD RI.

Puncak acara, pada tanggal 1 Oktober 2019, KPU mengantarkan seluruh Calon Terpilih Anggota DPR dan DPD menuju Gedung Nusantara DPR/MPR untuk dilakukan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI Periode 2019-2024, serta diserahterimakan kepada Sekretariat Jenderal DPR RI, DPD RI, dan MPR RI. (bs)

See Also

Alasan Pemkab Purworejo Akan Tutup Keraton Agung Sejagat
Keraton Agung Sejagat Akan Ditutup
Polda Jateng Tugaskan Tim Khusus Ke Keraton Agung Sejagat
Polda Jateng Dalami Motif Klaim Berdirinya Keraton Agung Sejagat
Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
TNI Tambah 4 KRI Jaga Natuna
Gempa 6,4 SR Guncang Sinabang
TNI AU Kirim 4 Jet Tempur F-16 Ke Natuna
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Kebakaran Di Mal Lokasari
Ruko Di Jalan Gajah Mada Terbakar
Gedung Hailai Ancol Terbakar
Pesan Presiden Joko Widodo Kepada Menteri-Menteri Barunya
Mahfud MD Mengaku Sudah Dua Kali Menggantikan Wiranto
Komposisi Kabinet Indonesia Maju
Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju
PT. PLN (Persero) Akan Siapkan 22 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik
24 Ribu TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Anggota DPR RI
Lalu Lintas Menuju Gedung DPR MPR RI Lancar
70 Pesantren Dari Jateng & DIY Studi Banding Ke Mawaddah Kudus
KPU Sebut Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih Tetap 20 Oktober
jQuery Slider

Comments

Archives :2020201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 9.090.271 Since: 07.04.14 | 0.6753 sec