YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jan 2020, 0

Nusantara

PT. PLN (Persero) Akan Siapkan 22 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Wednesday, 09 October 2019 | View : 179

siarjustisia.com-JAKARTA.

Perusahaan Listrik Negara atau PT. PLN (persero) akan menyiapkan dan menyediakan 22 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada tahun ini. Investasinya mencapai Rp 6 miliar untuk pengadaan SPKLU yang masih didatangkan dari luar negeri tersebut. Di 2020 mendatang jumlah SPKLU semakin bertambah dan tersebar di 160 titik. Stasiun pengisian daya ini guna menunjang kebutuhan mobilitas pengguna kendaraan listrik yang mulai marak belakangan ini.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, 22 SPKLU itu terdiri dari tiga unit dengan spesifikasi pengisian daya cepat (fast charging), satu unit ultra fast charging, serta sisanya denga pengisian daya normal.

Dia mengungkapkan harga masing-masing unit spesifikasi pengisian daya itu berbeda. Untuk fast charging dibandrol Rp 800 juta. Sementara ultra fast charging mencapai Rp 1,5 miliar. "27 Oktober ini bertepatan dengan Hari Listrik Nasional kita akan launching besar-besaran," kata Ikhsan di Jakarta, Rabu (9/10).

Ikhsan menuturkan SPKLU dengan pengisian daya normal akan ditepatkan di pusat perbelanjaan di Jakarta. Dia menyebut pengisian daya normal ini memakan waktu sekitar lima jam. Durasi pengisian itu menyesuaikan dengan kebiasaan pengunjung pusat perbelanjaan dalam menghabiskan waktu. Sementara fast charging dan ultra fast charging rencananya di tempatkan di depan Balaikota Jakarta, Kantor PLN Disjaya dan Kantor Kementerian ESDM.

"Untuk di depan Balaikota kami siapkan untuk pengisian daya bus listrik Transjakarta," ujarnya.

Namun Ikhsan belum mau membeberkan biaya pengisian daya tersebut. Dia hanya mengungkapkan dengan tarif Rp 2.000-2.500/kWh maka tingkat pengembalian modal mencapai 10 tahun. Dia menegaskan PLN tidak berbicara besaran tarif serta tingkat pengembalian modal. Menurutnya PLN mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan energi bersih sehingga menekan tingkat polusi udara. "Kalau nge-charge 27 Oktober dikasih free," ujarnya.

Dikatakannya jumlah SPKLU semakin bertambah mencapai 160 titik di tahun depan. Oleh sebab itu dia menggandeng sejumlah pihak seperti PT Pertamina serta PT Jasa Marga agar mau membangun SPKLU di tempat peristirahatan (rest area) jalan tol.

Selain itu, PT. PLN (Persero) juga bekerja sama dengan BPPT, LEN maupun Pertamina agar perangkat pengisian daya bisa diproduksi di dalam negeri. Namun dia belum bisa membeberkan kebutuhan investasi per unitnya bila di produksi nasional. "Masih dikaji seperti apa. Untuk tahap awal daripada kita nunggu makin lama mending impor dulu," ujarnya.

Nantinya perusahaan listrik plat merah itu menawarkan kerja sama kepada pihak swasta dalam menggarap SPKLU. Dengan begitu nantinya kepemilikan SPKLU mirip dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Ada yang sepenuhnya dimiliki oleh perseroan atau istilahnya Company Owned Company Operated (COCO). Maupun Partner Owned Partner Operated (POPO) yang dimiliki oleh perseorangan atau swasta.

SPKLU berbeda dengan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang kini sudah banyak tersebar. SPKLU memiliki persyaratan teknis tertentu serta spesifikasi waktu pengisian daya normal dan cepat (fast charging). SPKLU ini khusus diperuntukan bagi mobil listrik. Sementara SPLU ini belum bisa memenuhi kebutuhan daya mobil listrik. (id)

See Also

Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Alasan Pemkab Purworejo Akan Tutup Keraton Agung Sejagat
Keraton Agung Sejagat Akan Ditutup
Polda Jateng Tugaskan Tim Khusus Ke Keraton Agung Sejagat
Polda Jateng Dalami Motif Klaim Berdirinya Keraton Agung Sejagat
Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
TNI Tambah 4 KRI Jaga Natuna
Gempa 6,4 SR Guncang Sinabang
TNI AU Kirim 4 Jet Tempur F-16 Ke Natuna
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Kebakaran Di Mal Lokasari
Ruko Di Jalan Gajah Mada Terbakar
Gedung Hailai Ancol Terbakar
Pesan Presiden Joko Widodo Kepada Menteri-Menteri Barunya
Mahfud MD Mengaku Sudah Dua Kali Menggantikan Wiranto
Komposisi Kabinet Indonesia Maju
Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju
24 Ribu TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Anggota DPR RI
Lalu Lintas Menuju Gedung DPR MPR RI Lancar
711 Anggota DPR RI Dan DPD RI Terpilih Akan Dilantik Besok
jQuery Slider

Comments

Archives :2020201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 9.125.140 Since: 07.04.14 | 0.8043 sec