YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2020, 0

Hukum

Komjen Pol Ari Dono Sukmanto Ditunjuk Menjadi Plt Kapolri

Tuesday, 22 October 2019 | View : 133

siarjustisia.com-JAKARTA.

Presiden RI terpilih periode 2019-2024, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" sudah menyampaikan kepada DPR RI bahwa yang akan menjadi pelaksana tugas (Plt) Kapolri adalah WaKapolri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto.

Adapun, Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto bertugas menjadi Plt sampai ditentukan Kapolri definitif.

WaKapolri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto, yang akan pensiun pada Desember nanti, disebut akan menggantikan posisi Tito Karnavian sementara waktu sebagai Plt Kapolri.

Itu karena proses penunjukan Kapolri definitif memerlukan waktu termasuk proses fit and proper test di DPR RI.

Tito Karnavian sudah menjabat Kapolri sejak Juli 2016 atau sudah lebih dari tiga tahun. Dia termasuk Kapolri yang cukup lama menduduki jabatannya.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani Nakshatra Kusyala di kompleks parlemen, Jl. Gelora Bung Karno, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Puan Maharani menjelaskan bahwa pimpinan DPR RI telah menerima surat pemberhentian Tito Karnavian selaku kapolri dan anggota Polri pada Selasa pagi.

"Pak Tito akan ditugaskan untuk memangku jabatan lain di pemerintahan. Karena tidak boleh jabatan rangkap dan untuk supaya maksimal menjalankan tugasnya, kemudian beliau menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Kapolri dan tentu saja surat pengunduran diri dari Kapolri," kata Puan Maharani.

Puan Maharani enggan membeberkan jabatan baru apa yang akan diemban Tito. Dia menyampaikan bahwa jabatan baru tito akan diumumkan Jokowi Rabu (23/10/2019) besok.

Mabes Polri tengah menunggu keputusan Presiden Joko Widodo terkait pengganti Kapolri Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Tito Karnavian yang telah berhenti sebagai Kapolri dan juga telah mengajukan pengakhiran dinas dengan pensiun dini dari korps baju cokelat.

Ini setelah Tito diajak Presiden Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masuk ke dalam kabinet kerja. Jabatan menteri mensyararatkan Tito berstatus sipil sehingga dia harus mundur dan berstatus purnawirawan.

“(Soal posisi Tito) menunggu pengumuman resmi dari bapak Presiden besok yang akan dilanjutkan dengan pelantikan seluruh jajaran kabinet yang baru,” kata Kabag Penum Polri Kombes Pol. Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo No.3, Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/1019).

Secara internal, masih kata Asep, tentu sudah ada mekanisme terkait pergantian Tito. Namun semuanya menunggu keputusan yang akan diambil oleh presiden terkait siapa pemegang tongkat komando yang ditinggal Tito.

“Langkah-langkah antisipasi dan perencanaan pasti akan dibuat oleh pihak Polri, tetapi itu semua masih dalam perencanaan, resminya setelah ada pengumuman resmi dari pak Presiden,” sambungnya.

Asisten SDM Kapolri Irjen Pol. Eko Indra Heri saat dihubungi awak media, Selasa (22/10/2019) mengatakan jika pengunduran diri Tito memang tengah diproses .

Ini harus dilalui karena jabatan menteri merupakan jabatan politis, sehingga polisi yang duduk harus mundur sebagai polisi.

Ini sama saat mantan WaKapolri Komjen Pol. (pur) Syafruddin mengundurkan diri dari Polri sebelum dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Agustus tahun lalu.

See Also

Benny Tjokro Ditahan Kejagung
Polda Metro Jaya Akan Periksa Siwi Pramugari Terkait Kasus Gundik
KPK Dalami Peran Direktur PT. Milades Indah Mandiri
KPK Sita Dokumen Di Sidoarjo
MenKoPolhukam Akan Panggil Menteri BUMN Dan MenKeu
Komisioner KPU Pengganti Wahyu Setiawan
Wahyu Setiawan Resmi Mundur Dari KPU
KPK Geledah 3 Lokasi Di Sidoarjo
KPK Geledah Kantor Dinas PU Sidoarjo
Bupati Sidoarjo Diperiksa KPK Sebagai Tersangka
Polda Sumatera Utara Ungkap Pembunuh Hakim PN Medan
Polda Sumatera Utara Tangkap Pembunuh Hakim PN Medan
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Densus 88 Antiteror Bekuk Terduga Teroris Di Yogyakarta
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Polri Ringkus Terduga Teroris Di Papua
Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Kabareskrim
Polsek Senen Selidiki Penemuan Jenazah Pria Di Underpass Senen
Ledakan Bom Bunuh Diri Terjadi Di Polrestabes Medan
Kasus Suap Wali Kota Medan, KPK Panggil Direktur PT. Kani Jaya Sentosa
KPK Panggil Direktur Ritel PT. Sarinah (Persero)
KPK Akan Periksa Mantan Wakil Bupati Lampung Utara Hari Ini
KPK Akan Periksa Istri Wali Kota Medan Hari Ini
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
KPK Cecar GM PT. Waskita Beton Precast Tbk. Terkait Kasus Korupsi Jembatan Waterfront City
jQuery Slider

Comments

Archives :2020201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 9.090.073 Since: 07.04.14 | 0.6859 sec