YouTube Facebook Twitter RSS
14 Dec 2019, 0

Hukum

Komjen Pol Idham Azis Jadi Kapolri?

Wednesday, 23 October 2019 | View : 200

siarjustisia.com-JAKARTA.

Presiden RI terpilih periode 2019-2024, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" telah mengajukan nama Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol. Idham Azis sebagai calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Kepala Negara Jokowi menunjuk Komjen Pol. Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Komjen Pol. Idham Azis menggantikan posisi Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Komjen Pol. Idham Azis akan menjadi calon tunggal menggantikan Tito Karnavian yang diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Pengganti Pak Tito sebagai Kapolri," ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Jl. Medan Merdeka Utara No.3, RT02/RW03, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Presiden Jokowi mengatakan dirinya sudah mengajukan nama Komjen Pol. Idham Aziz menjadi Kapolri ke DPR RI. "Hari ini sudah diajukan ke DPR," kata Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Presiden mengatakan, hanya ada satu nama yang diajukan sebagai calon Kapolri. Selanjutnya, calon Kapolri akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI. Sebelumnya, Tito Karnavian sudah diberhentikan dari Kapolri. Pemberhentian atas permintaan Jokowi karena Tito Karnavian menjadi Mendagri.

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia memastikan jika Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Idham Azis akan menggantikan Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Tito Karnavian sebagai Kapolri. Seperti diketahui, Tito Karnavian telah resmi menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri seusai dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu (23/10/2019).

"Pengganti (Kapolri) pak Idham, Kabareskrim Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu (23/10/2019).

Mabes Polri mengatakan jika pemilihan Kabareskrim Komjen Pol. Idham Azis sebagai calon kapolri pengganti Jenderal Polisi (pur) Tito Karnavian merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

“Itu hak prerogatif presiden. Jadi pengangkatan menteri, Kapolri, panglima TNI semuanya hak prerogatif Presiden. Tentunya saran masukan dari Kompolnas semuanya sudah dikirim surat-suratnya,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jl. Trunojoyo No.3, Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Ini sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Polri selalu mendukung apa yang sudah menjadi keputusan presiden mulai tingkat Polres, Polda, hingga Mabes mendukung sepenuhnya penunjukan Idham Azis sebagai calon Kapolri.

Sebelum mantan Kapolda Metro Jaya tersebut dilantik sebagai Kapolri, Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto akan menjadi pelaksana harian (lakhar) Kapolri.

"Pak Ari Dono sebagai lakhar Kapolri, selama pak Idham belum dilantik," sambungnya

“Jabatan PLT Kapolri (yang saat ini diemban WaKapolri Komjen Ari Dono Sukmanto) sampai dengan pelantikan Kapolri. Minggu depan masih diagendakan fit and proper test di DPR dan DPR setelahnya bersurat kepada presiden,” sambungnya.

Jadi tidak ada istilah kekosongan pimpinan Polri. Sambil menunggu pelantikan Komjen Pol. Idham Azis, WaKapolri melaksanakan tugasnya dan tanggung jawabnya sebagai Kapolri.

See Also

Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Polri Ringkus Terduga Teroris Di Papua
Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jadi Kabareskrim
Polsek Senen Selidiki Penemuan Jenazah Pria Di Underpass Senen
Ledakan Bom Bunuh Diri Terjadi Di Polrestabes Medan
Kasus Suap Wali Kota Medan, KPK Panggil Direktur PT. Kani Jaya Sentosa
KPK Panggil Direktur Ritel PT. Sarinah (Persero)
KPK Akan Periksa Mantan Wakil Bupati Lampung Utara Hari Ini
KPK Akan Periksa Istri Wali Kota Medan Hari Ini
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
KPK Cecar GM PT. Waskita Beton Precast Tbk. Terkait Kasus Korupsi Jembatan Waterfront City
KPK Tahan Mantan Ketua DPRD Tulungagung
Polresta Palembang Tangkap Ibu Bunuh Bayi Dalam Mesin Cuci
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
Komjen Pol Ari Dono Sukmanto Ditunjuk Menjadi Plt Kapolri
Kasus Penyidikan Fuad Amin Imron Dihentikan
KPK Panggil Staf Keuangan PT. Waskita Karya Tbk
KPK Tetapkan 2 Mantan Kalapas Sukamiskin Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap
Polda Metro Jaya Amankan Artis Vicky Nitinegoro Diduga Terkait Narkotika
KPK Tahan Wali Kota Medan
22 Teroris Dibekuk Di 8 Provinsi Pasca Penusukan MenkoPolhukam
KPK Periksa Anggota BPK Sebagai Tersangka
Polda Metro Jaya Gerebek Kasino Tersembunyi
Putri Sri Bintang Pamungkas Sebut Kasusnya Tak Berkaitan Dengan Politik
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.903.093 Since: 07.04.14 | 0.6383 sec