YouTube Facebook Twitter RSS
18 Jan 2019, 0

Ekonomi

Presiden Jokowi Akan Tunjuk Franky Sibarani Jadi Kepala BKPM

Thursday, 27 November 2014 | View : 602

siarjustisia.com-JAKARTA.

Presiden Indonesia ke-7 yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 terpilih bersama Wakil Presiden Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK dalam Pemilu Presiden (pilpres) 2014, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ baru saja tiba di Jakarta siang ini, menggunakan pesawat yang akan tiba melalui Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, setelah blusukan di Pulau Sumatera.

Kamis (27/11/2014) sore ini Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik sejumlah pejabat negara di Istana Negara.

Pesawat kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mendarat mulus di Lanud Halim Perdanakusuma, pukul 13.15 WIB siang, Kamis (27/11/2014). Presiden Jokowi pun langsung tancap gas ke Istana Negara usai mendarat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) baru yang menggantikan Mahendra Siregar yang telah mengundurkan diri seiring berakhirnya pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Kamis (27/11/2014) sore ini. Pelantikan Kepala BKPM tersebut dilakukan setelah Presiden Jokowi pulang dari kunjungan blusukannya ke beberapa kota di Indonesia, Riau, untuk meninjau kondisi kabut asap di sana.

Acara pelantikan dijadwalkan digelar pukul 16.30 WIB di Istana Negara. Menurut agenda kepresidenan, rencananya pelantikan Kepala BKPM akan dilakukan pukul 16.30 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Malamnya, Presiden Jokowi menggelar jamuan makan malam bersama Forum Pemred. Acara digelar di Istana Negara pukul 19.00 WIB.

Namun, belum diketahui secara pasti siapa yang akan menjabat Kepala BKPM pengganti Mahendra Siregar ini. Dalam belakangan, santer dikabarkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) yang saat ini dijabat oleh Franky Sibarani sebagai kandidat kuat Kepala BKPM. Bos Garuda Food, Franky Sibarani saat ini juga aktif sebagai Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI). Menurut kabar yang beredar di lingkungan Istana Kepresidenan, Pria jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPPMI), Franky Sibarani yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Kepala BKPM.

Posisi Kepala BKPM saat ini kosong setelah Mahendra Siregar memutuskan berhenti bersamaan dengan akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) per 20 Oktober 2014. Saat itu, pemilihan Mahendra Siregar menjadi Kepala BKPM ditunjuk langsung oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggantikan posisi Chatib Basri.

Usai tiba di Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi‎ dijadwalkan akan langsung mengumumkan dua kepala lembaga Pemerintah, yaitu Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Nanti sore bukan hanya Kepala BKPM yang akan dilantik Presiden Jokowi, tetapi bersama juga dengan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), dan Komisi Administrasi Sipil Negara (ASN).

Franky Sibarani yang selama ini digadang-gadang akan menjadi Kepala BKPM, akhirnya akan dilantik pada pukul 16.30 WIB hari ini di Istana Negara, Jakarta. Demikian berdasarkan agenda yang diterima dari Biro Pers Istana, Kamis (27/11/2014).

Berdasarkan informasi dari Biro Press Istana yang diterima wartawan, Kamis (27/11/2014), orang nomor satu di Indonesia itu akan melantik Kepala BKPM, Kepala BNP2TKI, dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Istana Negara, Jakarta pada pukul 16.30 WIB.

Keputusan Presiden untuk kedua orang yang ditempatkan di kedua lembaga itu telah dibuat dan hanya menunggu tanda tangan Kepala Negara. Dikabarkan sebelumnya, Sekretaris Kabinet (SesKab), Andi Widjajanto mengatakan, draft Keputusan Presiden (Keppres) untuk pengangkatan Kepala BKPM sudah disiapkan, tinggal ditandatangani. "Draft-nya sudah di meja Presiden," ungkap Andi Widjajanto.

Keputusan Presiden untuk Franky Sibarani yang ditempatkan di BKPM itu telah dibuat dan hanya menunggu tanda tangan Kepala Negara. “Keppres-nya sudah disiapkan, pelantikannya Minggu depan, namanya sudah (disiapkan). Itu saja yang bisa saya sampaikan,” beber Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Kepresidenan, Jumat (21/11/2014).

SesKab Andi Widjajanto menuturkan, Keppres itu sudah mencantumkan nama calon yang akan dilantik oleh Presiden Jokowi. Namun, SesKab Andi Widjajanto belum mau mengungkap nama yang tertera dalam Keppres itu. Dia hanya menyebutkan bahwa Keppres sudah diantarkan ke meja kerja Presiden.

"Presiden akan menekennya dan akan manggil saya dan Mensesneg. Jadi, Keppresnya sudah di Kantor Presiden itu," imbuh dia.

Pelantikan Franky Sibarani sebagai Kepala BKPM dibenarkan oleh Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis. “Betul, informasi yang kami terima (dan semoga terlaksana), rencananya Pak Franky Sibarani akan dilantik nanti sore,” jelas dia dalam pesan singkat kepada wartawan, Jakarta, Kamis (27/11/2014).  Selain agenda pelantikan, Franky Sibarani juga akan menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) sebagai Kepala BKPM pada hari ini. "Setelah pelantikan, Sertijab akan dilakukan pukul 18.00 WIB di kantor BKPM,” terang dia. (jos)

See Also

Babinsa 01/Demak Dampingi Program Kotaku Di Desa Mulyorejo
Antisipasi Kelangkaan Dan Kestabilan Harga Pupuk, Babinsa 12/Mranggen Cek Langsung
Wall Street Menguat
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Babinsa 09/Karangtengah Dampingi Pembangunan RTLH
Bursa Asia Dan AS Menguat
Bursa Asia Ditutup Melemah Disusul Bursa Eropa Dibuka Tergerus
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Babinsa 06/Wedung Lakukan Pemantauan Penyemaian Bibit Tanam Padi
Babinsa 09/Karangtengah Pastikan Harga Sembako Di Pasar Masih Relatif Stabil
Percepat Masa Tanam, Babinsa 09/Karangtengah Giat Dampingi Petani
Babinsa 05/Mijen Tunjukkan Peran Aktif Babinsa Terhadap Swasembada Pangan
Tak Kenal Lelah, Babinsa Koramil 07/Gajah Bantu Petani Siangi Rumput
Ciptakan Hubungan Yang Harmonis, Babinsa 01/Rembang Terjun Langsung Ke Lahan Pertanian
Babinsa Pos Koramil Kebonagung Memotivasi Petani Dalam Menggarap Sawah
Babinsa 12/Mranggen Ikuti Sosialisasi Budidaya Sapi Potong
Babinsa 01/Demak Kota Bantu Percepatan Pertumbuhan Padi
Babinsa 02/Bonang Bersama Petani Bantu Persemaian Bibit Padi
Cegah Terjadinya Kelangkaan Pupuk, Babinsa Koramil 09/Karangtengah Cek Langsung Ke Pengecer
Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa 13/Karangawen Dampingi Petani Jagung Siangi Gulma
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Laksanakan Upsus Bersama Petani Menanam Jagung
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 7.247.819 Since: 07.04.14 | 0.6295 sec