YouTube Facebook Twitter RSS
17 Nov 2018, 0

Nusantara

SBY, ARB, Dan PS Bertemu Di Rumah SBY, KMP Solid Dukung Perppu Pilkada

siarjustisia.com-JAKARTA.

Polemik soal tarik ulur Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai mengarah titik terang setelah petinggi Koalisi Merah Putih (KMP) berkumpul di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Diantaranya dari Partai Demokrat hadir Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI ke-9, Dr. H. Syariefuddin Hasan, M.B.A., M.M., Agus Hermanto, dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2010-2015, Edhy Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Wakil dari Partai Golkar hadir Ketua Umum hasil Munas versi Bali, Aburizal Bakrie (ARB) alias Ical dan Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham. Dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) hadir Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Fadli Zon, S.S., M.Sc.

Wakil dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hadir mantan Ketua Umum dan mantan Menteri Agama RI, Drs. H. Suryadharma Ali, M.Si. dan Ketua Umum H. Djan Faridz. Sementara itu, PAN diwakili Ketua Umum Ir. M. Hatta Rajasa. Sedangkan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diwakili oleh Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.

Dalam pertemuan pimpinan partai politik (parpol) tersebut, disepakati bahwa Koalisi Merah Putih (KMP) akan menyetujui Perppu Nomor 1 dan 2 Tahun 2014.

Adapun partai politik (parpol) di Koalisi Merah Putih (KMP) yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dipastikan mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1/2014.

Perppu tersebut mengatur tentang pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung dan mencabut Undang-Undang (UU) Nomor 22/2014. Sebab, UU No.22/2014 mengatur pilkada lewat DPRD.

Dukungan Partai Golkar dan Partai Gerindra disampaikan Ketua Harian DPP Partai Demokrat (PD) Syariefuddin Hasan. Pasalnya, Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar versi Munas Bali, Aburizal Bakrie alias Ical dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menemui Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua Harian Demokrat Syarief Hassan membeberkan pertemuan tersebut membahas Perppu pilkada. "Iya tadi ada pertemuan Pak SBY dengan Pak ARB dan Pak Prabowo. Mereka (ARB dan Prabowo) mengatakan akan mendukung Perppu," beber Syarief Hasan ketika dikonfirmasi di Kantor DPP Partai Demokrat (PD), Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Ketua Harian Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan mengungkapkan, pertemuan SBY dengan ARB dan Prabowo Subianto berlangsung di kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Kamis (11/12/2014) siang. "Sekitar 2 jam pertemuannya. Suasana santai, ketawa-ketawa," ungkap Syarief Hasan.

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) alias Ical telah menyampaikan langsung dukungan partainya terhadap Perppu Pilkada ke Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hal tersebut disampaikan Ical dalam pertemuan di kediaman pribadi SBY Kamis (11/12/2014) kemarin.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri para Ketua Umum Partai anggota Koalisi Merah Putih (KMP) itu, Ical mengklaim bahwa Partai Golkar tidak pernah menolak Perppu Pilkada. Aburizal Bakrie alias Ical, kata Syarief Hasan, juga menjelaskan mengenai rekomendasi Munas ke-IX Golkar di Bali. Dimana rekomendasi penolakan Perppu pilkada hanyalah aspirasi dari daerah. “Kemarin dia (Ical) menjelaskan bahwa itu (penolakan) hanya aspirasi dari daerah dan itu menjadi rekomendasi hasil Munas," papar Ketua Harian Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan saat dihubungi, Jumat (12/12/2014).

"DPD 1 dan DPD2 dan itu menjadi rekomendasi hasil Munas. Namun, Pak Ical menjelaskan bahwa kemudian berdasarkan kesepakatan akhirnya Pak Ical mendukung Perppu. Karena rakyat menghendaki," tambah dia.

Meski jadi aspirasi Munas ke-IX Partai Golkar di Nusa Dua, Bali, sambung Syarief Hasan, Ical tidak akan menolak Perppu Pilkada. Pasalnya, sudah ada kesepakatan sebelumnya antara Partai Demokrat (PD) dengan KMP untuk mendukung Perppu tersebut.

Mantan Menko Perekonomian itu juga mengklaim bahwa dukungan Partai Golkar beserta partai-partai KMP lainnya bukan hasil politik transaksional.

Syarief Hasan menandaskan, KMP mendukung Perppu karena melihat adanya keinginan masyarakat agar pemilihan kepala daerah (pilkada) dilakukan secara langsung.

Syarief  Hasan pun membantah adanya deal politik dengan Aburizal Bakrie alias Ical dan Prabowo Subianto dalam pertemuan di Cikeas. "Nggak ada deal, mereka mendukung Perppu karena mereka juga melihat rakyat menghendaki pilkada langsung," pungkasnya.

Menurut Ketua Harian Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan, seluruh partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) solid mendukung Perppu. "KMP solid dukung Perppu," tegas anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) ini.

Ketua Harian Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan berharap 10 fraksi di DPR RI dapat secara aklamasi mendukung Perppu. “Aklamasi juga boleh, lebih bagus. Harapannya begitu. Karena itu yang ditunggu rakyat,” pungkas Syarief Hasan yang juga penasihat Fraksi Partai Demokrat (PD). (jos)

See Also

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI
Batuud Koramil 13/Karangawen Hadiri Mujahadah Al Aurodul Jamiah Di Desa Bumirejo
Babinsa 09/Karangtengah Pererat Sinergitas Dengan Perangkat Desa
Kepedulian Babinsa 12/Mranggen Terhadap Generasi Penerus Bangsa
Ratusan Saka Wira Kartika Dikukuhkan Dandim 0716/Demak
Bupati Demak Buka Secara Resmi Apel Akbar Pengukuhan Saka Wira Kartika
Babinsa 05/Mijen Ajak Warga Binaannya Laksanakan Jumat Bersih
Babinsa 06/Wedung Ajak Para Santri Untuk Berdisiplin Dan Berjiwa Nasionalisme
Sasaran Non Fisik TMMD Tingkatkan Rasa Nasionalisme
Tim Kopaska AL Temukan Benda Diduga Mesin Lion Air JT 610
Danramil 07/Gajah Sambangi Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air JT 610
Kegiatan Rutin Apel Pagi Kodim 0716/Demak Dilanjutkan Pemeliharaan Pangkalan
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Sertijab Danramil 02/Bonang
Babinsa Kodim 0716/Demak Peringati Hari Sumpah Pemuda Berikan Wawasan Kebangsaan
Presiden Joko Widodo Resmi Gratiskan Tarif Tol Suramadu
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.962.636 Since: 07.04.14 | 0.6947 sec