YouTube Facebook Twitter RSS
17 Jul 2019, 0

Nusantara

Jakarta Digenangi Air, Katulampa Siaga 3

Friday, 19 December 2014 | View : 479

siarjustisia.com-JAKARTA.

Akibat derasnya hujan pada hari Jumat (19/12/2014) sejumlah ruas jalan di Jakarta mulai digenangi air. Ketinggian air berkisar 20-40 cm menyebar disejumlah ruas jalan seperti kawasan Mangga Besar, Hayam Wuruk, Sawah Besar serta seputaran Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

Hujan yang mengguyur kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sejak sore tadi membuat debit air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan. Hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari mengakibatkan debit air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat kembali naik. Ketinggian debit air saat ini mencapai ketinggian 100 centimeter (cm) atau status Siaga III.

Bendung Katulampa adalah bangunan yang terdapat di Kelurahan Katulampa, Kota Bogor, provinsi Jawa Barat. Bangunan ini dibangun pada tahun 1911 dengan tujuan sebagai peringatan dini atas air yang sedang mengalir ke Jakarta serta sarana irigasi lahan seluas 5.000 hektare yang terdapat pada sisi kanan dan kiri Bendung.

Kepala Posko Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan di angka 30 centimeter pada hari ini pukul 17.00 WIB. Namun, sekitar pukul 18.00 WIB ketinggian debit air naik kembali. Kepala Posko Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan debit air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan pada pukul 18.00 WIB.

Menurut Andi Sudirman, tinggi muka air atau TMA Bendung Katulampa akhirnya terus meningkat pada pukul 19.00 WIB di angka 100 centimeter. "Awalnya sempat bertahan 30 cm hingga pukul 17.00 WIB dan pada pukul 19.00 WIB, meningkat menjadi 100 cm dengan status siaga III," beber Andi Sudirman saat dihubungi awak media, Jumat (19/12/2014).

Jika di angka 100 centimeter atau di level Siaga III, diperkirakan volume air yang melewati Bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik. “Ini disebabkan karena wilayah Puncak (Bogor) diguyur hujan sejak sore hari,” jelas dia, Jumat (19/12/2014).

Pihaknya terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Andi Sudirman juga masih terus memantau ketinggian di mercu Bendung Katulampa karena kondisi cuaca di wilayah Bogor masih diguyur hujan.

“Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini,” imbau Andi Sudirman.

Banjir kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor biasanya akan tiba di Jakarta melalui Sungai Ciliwung antara 9 hingga 12 jam kemudian. Biasanya, banjir kiriman ini akan menggenangi rumah warga di bantaran Ciliwung.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa curah hujan tinggi di Jakarta dan sekitarnya diprediksi akan terjadi dari bulan November 2014 hingga Maret 2015.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Mulyono Rahadi Prabowo, menyebutkan, curah hujan yang tinggi diperkirakan akan melanda daerah Barat dan Selatan Jabodetabek. Curah hujan tertinggi pun diprediksi akan melanda DKI Jakarta pada akhir Desember 2014 hingga awal Januari 2015.

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.097.490 Since: 07.04.14 | 0.5512 sec