YouTube Facebook Twitter RSS
21 Jul 2019, 0

Nusantara

Gunung Sinabung Meletus Lagi

Saturday, 03 January 2015 | View : 788

siarjustisia.com-MEDAN.

Sejak September 2013 silam, gunung Sinabung di Tanah Karo sudah entah berapa kali meletus. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, kembali meletus Sabtu (3/1/2014) pukul 8.33-9.19 WIB.

Kali ini letusan ini mencapai tinggi kolom tiga kilometer yang disertai awan panas empat kilometer ke selatan. Sejumlah desa diguyur hujan abu.

Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, sejak Sabtu (3/1/2015) pagi, aktivitas gunung Sinabung kembali memuncak.

"Pada pukul 08.33 s/d 09.19 WIB, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut kembali meletus dengan tinggi kolom mencapai 3 Km yang disertai awan panas 4 Km ke arah Selatan. Letusan pagi ini lebih besar dari biasanya yang hampir setiap hari meletus," kata Sutopo Purwo Nugroho via broadcast BlackBerry Messanger (BBM), Sabtu (3/1/2015) petang.

"Letusan pagi ini lebih besar dari biasanya yang hampir setiap hari meletus," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (3/1/2015).

Kendati demikian, warga sekitar Sinabung tetap tenang. Tidak ada penambahan pengungsi akibat letusan kali ini.

Ia menjelaskan, meskipun Sinabung kembali meletus, warga sekitar gunung tetap tenang. Tidak ada penambahan pengungsi. Berdasarkan laporan PVMBG, pada siang tadi tercatat 24 kali awan panas guguran dari puncak ke arah selatan sejauh 2-4 km dan tinggi abu 500-3.000 meter.

"Warga sudah terbiasa dengan letusan sejak September 2013 yang berlangsung hingga saat ini. Berdasarkan laporan PVMBG, pada siang tadi tercatat 24 kali awan panas guguran dari puncak ke arah Selatan sejauh 2 sampai 4 Km dan tinggi abu 500-3.000 M," terangnya.

Terjadi 56 kali guguran dan tremor menerus. Status tetap Siaga. Hujan abu terjadi di desa Payung, Tiganderket, Selandi, Juhar, dan Laubaleng yang cukup jauh jaraknya karena terbawa angin.

Sampai saat ini tercatat sebanyak 2.443 jiwa (795 KK) jiwa mengungsi di tujuh titik pengungsian.

Sampai saat ini, lanjut Sutopo, jumlah pengungsi ada 2.443 jiwa (795 KK) di 7 titik pengungsian.

"Semua kebutuhan pengungsi tercukupi. Petugas dari BPBD dan TNI melakukan patroli sepanjang jalur sungai Lau Borus untuk antisipasi ancaman banjir lahar dingin," ungkapnya.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, pembangunan 50 unit rumah di kawasan Siosar untuk relokasi bagi warga Desa Sukameriah, Bekerah dan Simacem telah berhasil diselesaikan. Begitu pula pembangunan jalan menuju lokasi hunian tetap telah selesai.

"Semua instruksi Presiden Jokowi terkait pembangunan jalan dan rumah tahap pertama, saat kunjungan ke Sinabung pada Oktober 2014 lalu telah diselesaikan semua. Selanjutnya pada 2015, akan dilanjutkan 320 unit rumah lagi dan fasilitas umum lainnya," imbuh Sutopo Purwo Nugroho.

Bupati Karo, lanjut Sutopo Purwo Nugroho, selaku penanggung jawab pelaksanaan relokasi warga Sinabung perlu melakukan perencanaan dan implementasi relokasi warga dengan baik.

"Semua kebutuhan perumahan, matapencaharian, pendidikan, dan lainnya harus disiapkan dengan baik. Prinsipnya build back better and safer. Jangan sampai nantinya warga kembali lagi ke tempat asal setelah gunung Sinabung normal. Sehingga perlu ada jaminan bahwa warga akan memperoleh kehidupan yang lebih baik di tempat baru," tutupnya.

Petugas dari BPBD dan TNI melakukan patroli sepanjang jalur sungai Lau Borus untuk antisipasi ancaman banjir lahar dingin.

See Also

Ritme Pekerjaan TMMD Terus Meningkat
Dandim 0716/Demak Matangkan Acara Pembukaan TMMD
Lestarikan Tradisi Leluhur Di TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Senyum Bahagia Bapak Nur Rochman Yang Rumahnya Akan Dibedah Di TMMD
Rumahnya Akan Dirobohkan, Mbah Warsini Bahagia
Danramil 01/Demak Kota Terjun Langsung Pasang Patok
Satgas TMMD Beri Motivasi Anak Atlet Sepak Bola
Tentara Akan Ciptakan Bangunan Berkualitas
Jelang Pembukaan TMMD, Bersama Warga TNI Kodim 0716/Demak Gelar Kerja Bhakti Bersama
Datangkan Bego Untuk Permak Lokasi Upacara Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Terus Dimatangkan, Persiapan Pembukaan TMMD Kodim 0716/Demak
Penentuan Warga Penerima Rehab RTLH Dijamin Selektif
Dansatgas TMMD Yang Dekat Dengan Warga
Berharap Ada Over Prestasi Di TMMD Kalikondang
Ternyata Pak Tentara Orangnya Ramah
Keakraban Warga Dan Satgas TMMD Terus Meningkat
Jaga Semangat TMMD Masih Panjang
TNI Wartawan Diminta Jaga Kesehatan Saat Handle Berita TMMD
TNI Dan Warga Adu Ilmu Operasional Molen
Demi Sukses TMMD, Ketua RW Rela Jadi Distributor Snack
Rakitan Besi Untuk Jalan TMMD Terus Dipersiapkan
Di Lokasi TMMD, Berat Sama Dipikul TNI Dan Warga
Santri Akan Total Bantu TMMD Hingga Tuntas
Dagangan Bakso Saya Laris Manis Sejak Ada TMMD
Bina Anak-Anak Desa TMMD Saat Berkesenian
jQuery Slider

Comments

Archives :201920182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 8.114.805 Since: 07.04.14 | 0.5684 sec