YouTube Facebook Twitter RSS
16 Nov 2018, 0

Nusantara

Presiden Berkantor Di Istana Bogor

Thursday, 12 February 2015 | View : 475

siarjustisia.com-BOGOR.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika ingin memaksimalkan pemanfaatan Istana Bogor untuk urusan kenegaraan. Pemkot Bogor juga berencana untuk menata ulang sekeliling Istana Bogor.

Hal itu dikatakan Wali Kota Bima Arya Sugiato kepada wartawan, Rabu (11/2/2015) malam. Kata Bima, hari ini dirinya bersama bebeapa kepala daerah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi bertemu presiden untuk membahas penanganan bajir Ibu Kota dan migitasi yang melibatkan kawasan Jabodetabek.

Bima mengatakan, usai rapat dirinya bertemu presiden untuk menayakan rencana Istana Bogor untuk dimanfaatkan menjadi kantor kenegaraan.

“Ketika saya tanya, apakah presiden akan pindah ke Bogor? ia menjawab insya Allah akan berpindah,” kata Bima menirukan.

Dari pernyantaan tersebut, Bima menangkap bila Presiden Jokowi ingin memanfaatkan enam Istana Kepresidenan yang ada, termasuk Istana Bogor. “Yang saya tangkap, ia (presiden) juga ingin memanfaatkan enam istana di Indonesia untuk urusan kenegaraan,’ paparnya.

Bima sendiri menyambut baik, bila Istana Bogor akan dijadikan tempat berkantor Presiden Jokowi. Lebih lanjut ia menerangkan, bila kepindahan tersebut terealisasi, Pemkot Bogor berupaya untuk melakukan penataan sekeliling Istana Bogor. Salah satunya, mengusulkan kepada pihak istana untuk memundurkan pagar Istana Bogor untuk pelebaran jalan dan trotoar.

Bima mengatakan, mempersiapkan program lalu lintas searah mengikuti jarum jam di ruas sekeliling Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Arus lalu lintas akan diberlakukan dari arah Jalan Jalak Harupat, Jalan Pajajaran, Jalan Otto Iskandar Dinata, dan Jalan Juanda yang selama ini dua arah dan kerap mengundang kemacetan.

Dalam satu bulan terakhir, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering kali menggunakan Istana Bogor untuk melakukan aktivitasnya, termasuk saat menerima Prabowo Subianto pada akhir Januari lalu. Pada Jumat (13/2/2015), Presiden Jokowi juga berencana akan melakukan rapat terbatas di Istana Bogor.

Setelah sempat membenarkan adanya wacana kepindahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Bogor, Sekretaris Kabinet (Seskab), Andi Widjajanto, kini mengatakan bahwasanya presiden belum berencana menetap di istana tersebut.

Andi Widjajanto membenarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang telah berencana untuk lebih sering menggunakan Istana Bogor. Sehingga, tidak hanya tempat pertemuan ruang Garuda, wisma dan paviliun pun telah disiapkan. "Belum ada rencana ke sana (menetap)," kata Andi Widjajanto di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Andi Widjajanto mengatakan selama tiga bulan memegang kendali Pemerintahan, dapat dilihat bahwa di Istana Bogor, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap melakukan pertemuan dengan pejabat Negara, Kepala Lembaga, hingga Kepala Daerah.

"Sampai sekarang, Presiden belum pernah menginap. Kami siapkan kemungkinan kalau Presiden memutuskan bermalam di sana. Untuk protokol kepresidenan, kebutuhan Presiden untuk menginap satu hari atau satu minggu, sama saja," katanya.

Andi Widjajanto menambahkan, Istana Bogor juga dapat dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan rapat dengan para Menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja, sementara fasilitas penginapan dapat disiapkan di paviliun Istana.

See Also

Dandim 0716/Demak Ajak Peserta Sarasehan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI
Batuud Koramil 13/Karangawen Hadiri Mujahadah Al Aurodul Jamiah Di Desa Bumirejo
Babinsa 09/Karangtengah Pererat Sinergitas Dengan Perangkat Desa
Kepedulian Babinsa 12/Mranggen Terhadap Generasi Penerus Bangsa
Ratusan Saka Wira Kartika Dikukuhkan Dandim 0716/Demak
Bupati Demak Buka Secara Resmi Apel Akbar Pengukuhan Saka Wira Kartika
Babinsa 05/Mijen Ajak Warga Binaannya Laksanakan Jumat Bersih
Babinsa 06/Wedung Ajak Para Santri Untuk Berdisiplin Dan Berjiwa Nasionalisme
Sasaran Non Fisik TMMD Tingkatkan Rasa Nasionalisme
Tim Kopaska AL Temukan Benda Diduga Mesin Lion Air JT 610
Danramil 07/Gajah Sambangi Keluarga Korban Kecelakaan Lion Air JT 610
Kegiatan Rutin Apel Pagi Kodim 0716/Demak Dilanjutkan Pemeliharaan Pangkalan
Dandim 0716/Demak Pimpin Upacara Sertijab Danramil 02/Bonang
Babinsa Kodim 0716/Demak Peringati Hari Sumpah Pemuda Berikan Wawasan Kebangsaan
Presiden Joko Widodo Resmi Gratiskan Tarif Tol Suramadu
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.960.183 Since: 07.04.14 | 0.6365 sec