YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Hukum

Polda Bali Siap Kawal Pemindahan Terpidana Mati Bali Nine

Saturday, 14 February 2015 | View : 554

siarjustisia.com-DENPASAR.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Momock Bambang Samiarso memberikan isyarat jika eksekusi terpidana mati Bali Nine akan dilakukan di luar Pulau Bali. Momock Bambang Samiarso memberi sinyal eksekusi akan dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Narkotika Nusakambangan, Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Terpidana mati kasus Narkoba asal Negeri Kanguru Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran segera dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Narkotika Nusakambangan, Cilacap.

Surat pemindahan duo 'Bali Nine' asal Australia itu sudah turun. Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Samiarso juga menambahkan, surat pemindahan yang dikeluarkan dari Kemenkumham sudah ada sejak tanggal 11 Februari 2015 sehingga petugas di Bali melakukan rapat koordinasi untuk waktu pelaksanaannya saja. "Surat pemindahan untuk dua terpidana mati asal Australia (Myuran dan Andrew) turun kemarin (11/2/2015). Mereka akan dipindahkan secepatnya dari LP Kerobokan, Badung ke LP Nusakambangan," beber‎ Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Momock Bambang Samiarso, di ‎Ruang Wiswashaba Pratama, Pemprov Bali, Denpasar, Kamis (12/2/2015).

Humas Kejaksaan Tinggi Bali, Ashari Kurniawan mengatakan pihaknya sangat berhati-hati dalam memberikan informasi seputar pelaksanaan eksekusi mati untuk anggota komplotan Bali Nine ini. Hal itu dilakukan karena menyangkut dampak psikologis baik kedua terpidana maupun pihak keluarganya. "Kami harap media juga menahan diri untuk tidak mem-blow-up kasus ini guna menghormati perasaan pihak keluarga dan terpidana," lanjutnya.

Kendati begitu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Momock Bambang Samiarso belum tahu persis kapan waktu pemindahan duo 'Bali Nine' asal Australia itu, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dari Lapas terbesar di Bali tersebut. "Kami besok rapat lagi untuk menentukan waktunya," ungkap Momock Bambang Samiarso, Kamis (12/2/2015).

Pihak Kejaksaan Bali membantah penundaan eksekusi mati ini. Momock Bambang Samiarso menampik jika eksekusi keduanya akan ditunda. "Tidak ada. Tidak ada penundaan. Kami belum ada agenda untuk menunda. Terpidana dan keluarganya akan diberitahu sebelum dipindahkan," tandas Momock Bambang Samiarso.

Dia berkilah, eksekusi tersebut belum terjadwal. Namun, berhubung eksekusi tidak di Bali, maka harus dilakukan pemindahan terlebih dahulu.

Pemindahan kemungkinan besar melalui jalur udara. Koordinasi sudah tuntas dilakukan baik dengan pihak maskapai, PT. Angkasa Pura dan Polda Bali. Untuk memindahkan duo 'Bali Nine' asal Australia itu, Momock Bambang Samiarso mengaku sudah berkoordinasi dengan PT. Angkasa Pura dan Polda Bali.

Polda Bali sendiri bertindak untuk mengamankan. Dari mulai ‎pemindahan hingga tiba di lokasi nantinya.‎‎

"Secepatnya akan segera dipindah," tegas Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Momock Bambang Samiarso.‎‎

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bali akan menggunakan jalur udara saat memindahkan dua terpidana mati kelompok "Bali Nine" yang saat ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Denpasar.

Sebagai bagian dari persiapan tersebut, Forkopimda melakukan koordinasi dengan pihak PT. Angkasa Pura, Bandara Ngurah Rai. “Rencananya akan menggunakan pesawat komersial. Makanya, tadi saat rapat semua elemen dilibatkan, pihak dari Angkasa Pura, Garuda Indonesia, BNN, semua dilibatkan,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Samiarso, Denpasar, Bali, Kamis (12/2/2015).

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali, Momock Bambang Samiarso menegaskan kepastian pemindahan duo 'Bali Nine' disampaikan dalam koordinasi dengan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta. Turut pula hadir, Wakapolda, Bali I Nyoman Suryasta, pihak Angkasa Pura, Badan Narkotika Nasional (BNN), Kesbangpolinmas, serta instansi terkait.‎

Myuran dan Andrew, kata Momock Bambang Samiarso, akan diterbangkan menggunakan pesawat komersial. "Rencananya seperti itu (menggunakan pesawat komersial), makanya tadi semua elemen dilibatkan, seperti Garuda Indonesia dan Angkasa Pura," jelas Momock Bambang Samiarso.

Soal pengamanan, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Samiarso juga sudah berkoordinasi dengan Polda Bali dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Dari hasil koordinasinya, Polda Bali dan BNN mendukung langkah yang diambil oleh Lapas Kerobokan Badung. Pengamanan ketat akan diberlakukan saat pemindahan duo terpidana mati kasus narkoba asal Aussie tersebut. "Iya, polisi akan ikut mengamankan sampai ke lokasi pemindahan. Surat pemindahan dari Kementerian Hukum dan HAM sudah ada. Kemarin suratnya keluar," terang Momock Bambang Samiarso.

Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Momock Bambang Samiarso mengatakan, aparat Polda Bali dan Kodam IX/Udayana membantu pengamanan penerbangan hingga tiba di tujuan. “Polda dan Kodam Udayana mendukung dari mulai mengambil dari lapas hingga sampai tujuan eksekusi. Dimungkinkan jalur udara. Kita sudah koordinasi dengan Garuda Indonesia. Surat pemindahan dari Kemenkumham sudah ada, tinggal melaksanakan saja, secepatnya,” tegas dia.

Kepolisian Daerah (Polda) Bali sudah menerima permintaan pengamanan pemindahan terpidana mati "Bali Nine", Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, yang akan dilangsungkan tidak lama lagi.

Petugas dari Polda Bali sudah siap, mulai dari pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kerobokan Denpasar, jalan yang dilalui dan pengawalan hingga di tempat eksekusi.

“Yang terpenting, dua orang ini dari Bali Nine, tiba di tempat yang dituju untuk pelaksanaan eksekusi, dengan aman. Saya (Polda Bali) kapasitasnya hanya pengamanan saja,” ungkap Kapolda Bali, Irjen Pol. Albertus Julius Benny Mokalu, Denpasar, Bali, Sabtu (14/2/2015).

Kapolda Bali Irjen Pol. Benny Mokalu mengatakan, mengenai kapan pelaksanaan eksekusi mati keduanya, pihaknya belum mendapatkan pemberituhan dari Kejaksaan Tinggi Bali. Namun, pihaknya sudah siap dengan melakukan latihan-latihan.

“Kita akan melaksanakan yang terbaik. Untuk teknisnya kan dari sana (pihak/wilayah yang ditunjuk menjadi tempat eksekutor). Masih belum tahu, apakah personel di Polda, di mana mereka pertama kali ditangkap atau dari Polda wilayah eksekusi, masih belum tahu,” tambahnya.

Kapolda Bali juga menyampaikan kepada semua masyarakat Bali dan pendatang bahwa pemindahan duo Bali Nine yang sudah mendapat porsi pemberitaan yang banyak oleh media ini tidak akan ditutup-tutupi.

“Yang paling penting dalam pemindahannya aman. Aman pemberangkatannya, aman diperjalanan dan aman di tempat tujuan,” pungkas Kapolda Bali Irjen Pol. Benny Mokalu.

See Also

Densus 88 Antiteror Sergap Terduga Teroris JAD Di Cirebon
Densus 88 Antiteror Lumpuhkan Dua Terduga Teroris Di Depok
Anggota DPRD Kota Bogor Diamankan Polresta Bogor Kota
Polisi Siaga Jaga Sidang Vonis Aman Abdurrahman
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati
Polres Manggarai Barat Bekuk Pemerkosa 2 Turis Mancanegara
Babinsa Kodim 0716/Demak Evakuasi Sosok Mayat Berhelm Yang Gantung Diri
Kapolres Bogor Larang Anggotanya Ambil Jatah Libur
Dana BOS Malah Dipakai Beli Buku Yang Jauh Lebih Mahal Daripada Buku Resmi
6 Saksi Penting Kasus BLBI Kembali Dicekal
Buku Penerbit Yang Di Black List Pemerintah Malah Dibagikan Ke Sekolah-sekolah Di Jombang
Dua Bos First Travel Dituntut 20 Tahun Penjara
Mabes Polri Sebut Operasi Keselamatan Lalulintas Berhasil
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
Dokter Bimanesh Sutarjo Bantah Kesaksian Kepala IGD RS Permata Hijau
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Ketua RT Yang Telanjangi Dua Sejoli Dituntut 7 Tahun Penjara
KPK Geledah Rumah Wali Kota Malang
Peran Pelaku Skimming ATM Bank
Cara Sindikat Skimming ATM Bank Jalankan Aksinya
Pembobol Skimming ATM Bank Sudah Bobol 64 Bank Di Dunia
Polda Metro Jaya Bekuk 5 Pembobol Skimming ATM Bank
BNN Sita Sabu 51.4 Kg Dari Bandar Narkoba Di Ancol
BNN Telusuri TPPU Bandar Sabu 51,4 Kg
JD Resmi Jadi Penghuni Rutan
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.176.232 Since: 07.04.14 | 0.6793 sec