YouTube Facebook Twitter RSS
19 Oct 2018, 0

Nusantara

Kapolri: 9 Titik Rawan May Day

Thursday, 01 May 2014 | View : 433

siarjustisia.com-JAKARTA.

Hari Buruh Internasional akan berlangsung pada hari ini Kamis (1/5/2014). Untuk mengantisipasi kericuhan, Polri melakukan pengamanan dan pelayanan kepada buruh yang berdemonstrasi terutama pada 9 titik rawan di Jakarta. “Ada 9 (titik rawan), contonya di HI, Istana, DPR, Kemenakertrans, Tugu Tani dan lain-lain," ungkap Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-22, petahana yang mulai menjabat sejak 25 Oktober 2013, Jenderal Polisi Drs. Sutarman di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Selain itu, Polri juga mengamankan bandara-bandara di Indonesia yang kerap menjadi titik aksi buruh. "Di bandara termasuk kita amankan. Kita sudah imbau komunitas buruh di sana untuk tidak menutup fasilitas umum seperti jalan tol, bandara, dan sebagainya, karena mengganggu aktivitas masyarakat dan mereka sepakat. Kalau mengganggu aktivitas masyarakat kan justru tidak mendapat simpati masyarakat," paparnya.

Menurut mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri (2011-2012), Jenderal Polisi Drs. Sutarman, pihaknya telah berkoordinasi juga dengan seluruh tokoh buruh agar melakukan aksi damai. Polri akan memberikan pelayan kepada buruh yang berdemonstasi mulai dari titik kumpul hingga tempat aksi. "2/3 personel kita kerahkan dari jumlah personel di masing-masing daerah. Jakarta itu jumlah polisi 36 ribu, kalau 2/3-nya kira-kira 18 ribu sampai 20 ribu personel. Nanti back up dari Mabes Polri juga kita stand by kan semua," tegas mantan Kapolda Jabar (2010) dan mantan Kapolda Metro Jaya (2010-2011), Jenderal Polisi Drs. Sutarman.

Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) yang jatuh hari ini biasa sekaligus tidak biasa. Biasa karena May Day selalu diwarnai aksi demonstrasi para buruh, tidak biasa lantaran untuk tahun ini atau pertama kalinya 1 Mei menjadi hari libur nasional.

Hari ini, Kamis (1/5/2014), ratusan ribu buruh akan turun ke jalan-jalan ibu kota untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka rata-rata akan longmarch ke jalan-jalan protokol, untuk kemudian menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Istana Kepresidenan.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada siang harinya juga akan menjadi salah satu titik berkumpulnya masa buruh. “Di GBK, kegiatan May Day akan diisi dengan berbagai orasi dari pimpinan federasi serikat pekerja, salah satu calon presiden 2014 serta pagelaran musik buruh," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam rilis yang diterima wartawan. Namun, Presiden KSPI, Said Iqbal tidak merinci siapa capres yang akan berorasi.

Selain dari KSPI, sejumlah elemen buruh juga siap beraksi di Jakarta. Seperti Sekber Buruh-Komite Politik Alternatif dan Mahasiswa Bersatu yang akan longmarch dan HI menuju Istana. Sekitar 14 ribu anggota mereka akan mengangkat isu kapitalisme telah gagal, lawan pemerintahan pemenang pemilu borjuasi 201 dan bangun alat politik alternatif.

Di patung kuda depan Indosat, Jakarta, sebanyak 5.000 orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Nasional (FSPN) akan menyampaikan tuntutan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui aksi demonstrasi. (mer/tri/jos)

See Also

Gerbang Tol Pejompongan Terbakar
Isi Lengkap Deklarasi Dukungan Jaringan Gusdurian Kepada Joko Widodo-Maruf Amin
Anies Baswedan Resmi Cabut Izin Prinsip Pembangunan Pulau Reklamasi
Polisi Sebut Mobilnya Berhenti Mendadak Soal Al Ghazali Pingsan
TNI AL Bentuk Tim Selidiki Kebakaran KRI Rencong 622
Kronologi Terbakar Dan Tenggelamnya KRI Rencong 622
TNI AL Sebut Seluruh Awak KRI Rencong 622 Selamat
Mahasiswa Diminta Tumbuhkan Budaya Menulis
Tim Mahad Aly TBS Lakukan Pengukuran Arah Kiblat
MA. TBS Salurkan Donasi Melalui LAZISNU Dan BPDB
MA AL Ahrom Dapat Wasbang Dari Danramil 09/Karangtengah
Dandim 0716/Demak Hadiri Apel Kehormatan Dan Malam Renungan Suci Di TMP Cahaya Ratna Bintarum
Babinsa Jungpasir Bersama Warga Binaannya Lakukan Doa Bersama Menjelang HUT RI Ke-73
Upacara Detik-Detik Proklamasi Peringatan HUT RI Ke-73 Di Demak
Upacara Penurunan Bendera HUT RI Ke-73 Di Alun-Alun Simpang Enam Demak
Dandim 0716/Demak Berikan Penghargaan Kepada 4 Babinsa Teladan
Kodim 0716/Demak Cek Kesediaan Pangan Di Wilayah Binaan
Babinsa Koramil 01/Demak Kota Bantu Pembuatan Gapura
Peringatan HUT Pramuka Ke-57
Pengukuhan Paskibraka Demak
Kodim 0716/Demak Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Dengan Berbagai Lomba Tradisional
Kodim 0716/Demak Dan Polres Kirim Bantuan Ke Lombok
Batuud Koramil 10/Guntur Hadiri Lokakarya Mini Kesehatan
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Kodim 0716/Demak Lakukan Perbaikan Lapangan Tembak
Apel Akbar HUT Ke-73 Dan Peringatan Hari Pramuka Ke-57 Kwartir Cabang Demak Digelar
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.782.551 Since: 07.04.14 | 0.6121 sec