YouTube Facebook Twitter RSS
16 Aug 2018, 0

Nusantara

Kapolri: 9 Titik Rawan May Day

Thursday, 01 May 2014 | View : 417

siarjustisia.com-JAKARTA.

Hari Buruh Internasional akan berlangsung pada hari ini Kamis (1/5/2014). Untuk mengantisipasi kericuhan, Polri melakukan pengamanan dan pelayanan kepada buruh yang berdemonstrasi terutama pada 9 titik rawan di Jakarta. “Ada 9 (titik rawan), contonya di HI, Istana, DPR, Kemenakertrans, Tugu Tani dan lain-lain," ungkap Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-22, petahana yang mulai menjabat sejak 25 Oktober 2013, Jenderal Polisi Drs. Sutarman di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Selain itu, Polri juga mengamankan bandara-bandara di Indonesia yang kerap menjadi titik aksi buruh. "Di bandara termasuk kita amankan. Kita sudah imbau komunitas buruh di sana untuk tidak menutup fasilitas umum seperti jalan tol, bandara, dan sebagainya, karena mengganggu aktivitas masyarakat dan mereka sepakat. Kalau mengganggu aktivitas masyarakat kan justru tidak mendapat simpati masyarakat," paparnya.

Menurut mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri (2011-2012), Jenderal Polisi Drs. Sutarman, pihaknya telah berkoordinasi juga dengan seluruh tokoh buruh agar melakukan aksi damai. Polri akan memberikan pelayan kepada buruh yang berdemonstasi mulai dari titik kumpul hingga tempat aksi. "2/3 personel kita kerahkan dari jumlah personel di masing-masing daerah. Jakarta itu jumlah polisi 36 ribu, kalau 2/3-nya kira-kira 18 ribu sampai 20 ribu personel. Nanti back up dari Mabes Polri juga kita stand by kan semua," tegas mantan Kapolda Jabar (2010) dan mantan Kapolda Metro Jaya (2010-2011), Jenderal Polisi Drs. Sutarman.

Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) yang jatuh hari ini biasa sekaligus tidak biasa. Biasa karena May Day selalu diwarnai aksi demonstrasi para buruh, tidak biasa lantaran untuk tahun ini atau pertama kalinya 1 Mei menjadi hari libur nasional.

Hari ini, Kamis (1/5/2014), ratusan ribu buruh akan turun ke jalan-jalan ibu kota untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka rata-rata akan longmarch ke jalan-jalan protokol, untuk kemudian menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Istana Kepresidenan.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada siang harinya juga akan menjadi salah satu titik berkumpulnya masa buruh. “Di GBK, kegiatan May Day akan diisi dengan berbagai orasi dari pimpinan federasi serikat pekerja, salah satu calon presiden 2014 serta pagelaran musik buruh," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam rilis yang diterima wartawan. Namun, Presiden KSPI, Said Iqbal tidak merinci siapa capres yang akan berorasi.

Selain dari KSPI, sejumlah elemen buruh juga siap beraksi di Jakarta. Seperti Sekber Buruh-Komite Politik Alternatif dan Mahasiswa Bersatu yang akan longmarch dan HI menuju Istana. Sekitar 14 ribu anggota mereka akan mengangkat isu kapitalisme telah gagal, lawan pemerintahan pemenang pemilu borjuasi 201 dan bangun alat politik alternatif.

Di patung kuda depan Indosat, Jakarta, sebanyak 5.000 orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Nasional (FSPN) akan menyampaikan tuntutan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui aksi demonstrasi. (mer/tri/jos)

See Also

Lombok Diguncang Gempa Lagi 6,2 Skala Richter
Peduli Gempa Lombok, Siswa MA NU TBS Gelar Istighasah
TNI-Polri Kirim Bantuan Ke Daerah Gempa Di Lombok
Gempa Susulan Kembali Terjadi Di Lombok
PT. PLN (Persero) Upayakan Listrik Menyala Di Kepulauan Gili Lombok
Dandim 0716/Demak Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018
Bhabinkamtibmas Dan Babinsa 03/Wonosalam Bersinergi Amankan Apitan
Terasa Kompak, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Mijen Ramaikan Lomba 17-An
Dialog Interaktif Dandim 0716/Demak Bersama Forkopimda Menyambut HUT RI Ke-73
Babinsa 06/Wedung Rela Bagikan Air Bersih Dari Rumah Ke Rumah
Mahasiswa UMK Ikuti Agri-Relationship ASEAN Universities Network
Partai Hanura Ajukan Sengketa Pendaftaran Bacaleg Ke Bawaslu
Guna Matangkan Penutupan TMMD Kodim 0716/Demak Gelar Rakor
Jelang HUT RI Ke-73, Babinsa Latih Paskibraka
Acungan Tangan Mungil Rizki Ajukan Pertanyaan Bagaimana Cara Menjadi TNI Pak Babinsa?
Babinsa Kodim 0716/Demak Bersama Bhabinkamtibmas Turut Serta Pelatihan Ketrampilan
Untuk Pecahkan Rekor MURI, Kodim 0716/Demak Latihan Senam Gemu Famire
UMK Didorong Buka Korean Corner
Al-Jalsah Ula Ma Had Aly TBS
Peran Aktif Babinsa 06/Wedung Terhadap Generasi Penerus
Dandim 0716/Demak Hadiri Pembukaan Manasik Haji II Dan Pelepasan Calon Jemaah Haji Demak
30 Peserta Diklat Pim IV Dapat Materi Wasbang
Kunjungan Tim Wasev Sterad Bidang Komsos Ke Kodim 0716/Demak
Sosok Anak Pedagang Gorengan Yang Ingin Jadi Jenderal
Babinsa Koramil 09/Karangtengah Seleksi Calon Paskibra
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.433.142 Since: 07.04.14 | 0.6409 sec