YouTube Facebook Twitter RSS
25 Jun 2018, 0

Nusantara

Kapolri: 9 Titik Rawan May Day

Thursday, 01 May 2014 | View : 402

siarjustisia.com-JAKARTA.

Hari Buruh Internasional akan berlangsung pada hari ini Kamis (1/5/2014). Untuk mengantisipasi kericuhan, Polri melakukan pengamanan dan pelayanan kepada buruh yang berdemonstrasi terutama pada 9 titik rawan di Jakarta. “Ada 9 (titik rawan), contonya di HI, Istana, DPR, Kemenakertrans, Tugu Tani dan lain-lain," ungkap Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ke-22, petahana yang mulai menjabat sejak 25 Oktober 2013, Jenderal Polisi Drs. Sutarman di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Selain itu, Polri juga mengamankan bandara-bandara di Indonesia yang kerap menjadi titik aksi buruh. "Di bandara termasuk kita amankan. Kita sudah imbau komunitas buruh di sana untuk tidak menutup fasilitas umum seperti jalan tol, bandara, dan sebagainya, karena mengganggu aktivitas masyarakat dan mereka sepakat. Kalau mengganggu aktivitas masyarakat kan justru tidak mendapat simpati masyarakat," paparnya.

Menurut mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri (2011-2012), Jenderal Polisi Drs. Sutarman, pihaknya telah berkoordinasi juga dengan seluruh tokoh buruh agar melakukan aksi damai. Polri akan memberikan pelayan kepada buruh yang berdemonstasi mulai dari titik kumpul hingga tempat aksi. "2/3 personel kita kerahkan dari jumlah personel di masing-masing daerah. Jakarta itu jumlah polisi 36 ribu, kalau 2/3-nya kira-kira 18 ribu sampai 20 ribu personel. Nanti back up dari Mabes Polri juga kita stand by kan semua," tegas mantan Kapolda Jabar (2010) dan mantan Kapolda Metro Jaya (2010-2011), Jenderal Polisi Drs. Sutarman.

Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) yang jatuh hari ini biasa sekaligus tidak biasa. Biasa karena May Day selalu diwarnai aksi demonstrasi para buruh, tidak biasa lantaran untuk tahun ini atau pertama kalinya 1 Mei menjadi hari libur nasional.

Hari ini, Kamis (1/5/2014), ratusan ribu buruh akan turun ke jalan-jalan ibu kota untuk menyampaikan aspirasinya. Mereka rata-rata akan longmarch ke jalan-jalan protokol, untuk kemudian menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Istana Kepresidenan.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada siang harinya juga akan menjadi salah satu titik berkumpulnya masa buruh. “Di GBK, kegiatan May Day akan diisi dengan berbagai orasi dari pimpinan federasi serikat pekerja, salah satu calon presiden 2014 serta pagelaran musik buruh," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam rilis yang diterima wartawan. Namun, Presiden KSPI, Said Iqbal tidak merinci siapa capres yang akan berorasi.

Selain dari KSPI, sejumlah elemen buruh juga siap beraksi di Jakarta. Seperti Sekber Buruh-Komite Politik Alternatif dan Mahasiswa Bersatu yang akan longmarch dan HI menuju Istana. Sekitar 14 ribu anggota mereka akan mengangkat isu kapitalisme telah gagal, lawan pemerintahan pemenang pemilu borjuasi 201 dan bangun alat politik alternatif.

Di patung kuda depan Indosat, Jakarta, sebanyak 5.000 orang buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Nasional (FSPN) akan menyampaikan tuntutan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui aksi demonstrasi. (mer/tri/jos)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Radius Pencarian Korban KM Sinar Bangun Diperluas
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Ringankan Beban Warga Kurang Mampu, Koramil 01/Demak Buat Jamban Sehat
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Koramil 02/Bonang Bersama FKU Dan Umaroh Bersinergi Ciptakan Kebaikan Dan Kedamaian
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Tausiyah Gus Ghofur Dalam Peringatan Nuzulul Quran Di UMK
Danramil 05/Mijen Tekankan Pentingnya Membaca Dan Mengamalkan Al-Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
jQuery Slider

Comments

Archives :20182017201620152014
  •    •    •    •    •    •    •    •    •  
Copyright © 2014 Siar Justisia. All rights reserved. Visit: 6.176.236 Since: 07.04.14 | 0.5801 sec